Teknik Pemasaran Jahe Merah Yang Jitu

Teknik Pemasaran Jahe MerahJahe merah merupakan komoditas agribisnis yang menjanjikan. Permintaan jenis rimpang yang dikenal dengan rasa padas dan hangat ini cukup tinggi baik di pasar lokal maupun internasional. Tetapi tentu saja bila Anda tahu dengan tepat bagaimana teknik pemasaran jahe merah ini. Sementara, selama ini strategi pemasaran merupakan kendala klasik dari dunia agribisnis.

Pasalnya, permintaan dari jahe merah kerap kali tidak terlihat di permukaan. Kebanyakan permintaan dari produsen minuman olahan jahe merah dan industri herbal berbahan jahe merah. Jahe merah memang dikenal sangat berkhasiat dan kerap dimanfaatkan sebagai minuman hangat dan untuk berbagai jenis obat tradisional.

Ini membuat Anda  sebagai pelaku usaha budidaya jahe merah disulitkan untuk menemukan pembeli dari panen jahe merah Anda. Tak mudah menemukan konsumen yang siap menampung produk jahe merah Anda, karena kebanyakan pemain bisnis dalam bidang jahe merah tak bisa dengan begitu saja Anda jumpai di pasar.

Lalu bagaimana cara terbaik melancarkan pemasaran jahe merah sehingga Anda dapat dengan lancar menjual setiap hasil panen usaha budidaya jahe merah Anda? Berikut beberapa jalur pemasaran jahe merah yang bisa Anda jajal.

  • Penjualan online
    Satu hal yang menguntungkan dengan melancarkan strategi pemasaran secara online adalah karena Anda bisa menyentuh pasar yang sangat luas. Internet memperluas jangkauan Anda dan bisa mempertemukan pembeli dari berbagai penjuru, bahkan mungkin dari luar negeri. Cukup dengan membuka sebuah blog sebagai toko online Anda atau bila tidak mau repot, manfaatkan beragam portal jual beli yang belakangan marak di Indonesia atau di internasional. Cara ini cukup efektif karena bisa menekan biaya pengelolaan toko online. Berhubung cara ini terbilang riskan soal pembayaran dan pengiriman, mengingat Anda tidak berjumpa langsung dengan pembeli dan kadang jarak tempuhnya relatif jauh, penting untuk Anda tetap hati-hati.
  • Menjalin kerjasama dengan produsen
    Sebagaimana kami jelaskan konsumen terbesar yang menyerap suplai jahe merah adalah para produsen dari produk minuman dan herbal berbahan baku jahe merah. Jadi ada baiknya Adna mencari produsen yang belum memiliki jalinan kerjasama dengan pemasok jahe merah. Anda bisa menjalin kerjasama dengan mereka untuk memastikan ketersediaan pasokan ahe merah bagi perusahaan sekaligus membantu Anda memastikan setiap panen Anda terjual. Kadang untuk memenuhi target, taka da salahnya juga menjalin kerjasama dengan rekan sesame pembudidaya jahe merah,sehingga Anda bisa memastikan pasokan Anda kepada pabrik tersebut tetap lancar.
  • Menjadi anggota koperasi
    Beberapa produsen olahan jahe merah memilih untuk mencari pasokan dengan menghubungi koperasi perhimpunan petani jahe merah di satu daerah. Mereka cenderung mencari cara mudah dan simpel ketimbang harus berburu pemasok yang kadang bermain dengan harga. Jadi sebaiknya Anda juga aktif dalam ikatan kelompok tani macam ini untuk memastikan suplai jahe merah Anda tersalurkan setiap saat ke produsen yang membutuhkan pasokan jahe merah.
  • Menggiatkan kelompok produksi olahan jahe
    Pemasaran jahe merah dapat dilakukan dengan memberi nilai tambah pada jahe merah itu sendiri, yaitu dengan menjualnya sebagai produk olahan. Manfaatkan kelompok tani tadi untuk membangun industri pengolahan jahe merah sendiri. Anda bisa menggiatkan kelompok tani ini menghasilkan minuman serbuk sendiri atau dengan membuat produk herbal sendiri. Ini akan membantu kelompok tani ini siap menampung produksi jahe merah berapapun jumlahnya, karena selain dijual ke para pelaku industri olahan jahe merah, juga memproduksi sendiri olahan dari jahe merah.
  • Manfaatkan forum
    Belakangan banyak berdir forum-forum petani yang diasuh oleh beberapa Pembina besar mulai dari forum petani di bawah asuhan perbankan, lembaga keuangan mikro sampai di bawah sebuah organisasi nirlaba. Beberapa perusahaan besar juga kerap mendirikan lembaga nirlaba khusus untuk membantu usaha mikro. Anda bisa manfaatkan forum-forum macam ini untuk menemukan pasar potensial untuk jahe merah yang Anda budidayakan. Kadang Anda tak hanya menemukan satu atau dua pelaku usaha budidaya dan juga banyak pelaku usaha produksi olahan jahe merah dalam sebuah forum usaha mikro macam ini.

Itu tadi beberapa ide untuk pemasaran jahe merah dengan cara yang jitu dan efektif. Pasar jahe merah sangat luas dan merupakan bisnis yang menjanjikan. Namun diperlukan beberapa langkah strategis demi bisa mendapat tempat dalam pasar tersebut. Sebagaimana beberapa tips yang telah saya sampaikan di atas.

sumber gambar: bennyrhamdani.com

Artikel Bisnis Pilihan

Teknik Pemasaran Jahe Merah Yang Jitu

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Teknik Pemasaran Jahe Merah Yang Jitu