Strategi Penetapan Harga: Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk (Bag.1)

Strategi Harga - Faktor Yang Menentukan Harga Jual ProdukDalam strategi marketing, strategi penetapan harga jual produk memiliki peran yang besar dalam mempengaruhi proses penjualan. Harga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam keputusan pembelian konsumen. Apalagi bagi segmen pasar tertentu, harga memiliki sensitifitas tersendiri.

Menentukan harga jual produk yang tepat akan turut mempengaruhi roda kesinambungan usaha Anda. Jika salah dalam menentukan harga jual, maka Anda akan menghadapi salah satu dari dua hal berikut:

  • Produk tidak laku karena terlalu mahal, atau
  • Perusahaan merugi, karena harga terlalu murah sehingga tidak mampu menutup biaya-biaya.

Tentu Anda tidak ingin salah satu dari kedua hal tersebut menimpa Anda, bukan? So, Anda harus teliti dan jeli dalam menentukan harga jual produk.

Karena itu pertimbangkan setiap faktor yang berpengaruh terhadap penentuan harga tersebut dengan seksama. Apa saja faktor yang menentukan harga jual produk?

Baca juga: Jurus Jitu Untuk Menang Dalam Persaingan Harga

Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk

1. Konsumen.
Anda harus konsumen oriented, pelanggan merupakan prioritas dalam bisnis Anda. Karena itu faktor pertama yang harus diperhatikan dalam menentukan harga jual produk adalah konsumen. Anda harus menentukan harga jual sesuai dengan daya beli konsumen yang menjadi target market Anda. Bila Anda menyasar pangsa pasar kelas bawah, maka Anda harus bisa memberi harga murah. Lain halnya jika Anda menyasar pangsa pasar menengah ke atas, mereka lebih berorientasi terhadap nilai dan kualitas, soal harga seringkali tidak menjadi prioritas.

2. Biaya.
Jelas, bahwa biaya merupakan faktor utama dalam menentukan harga jual produk. Hitung semua biaya yang Anda keluarkan untuk menghasilkan produk tersebut, jangan sampai ada yang ketinggalan. Jangan sampai Anda menjual produk terlalu murah sehingga tidak mampu menutup semua biaya yang telah Anda keluarkan. Jika demikian usaha Anda bisa dipastikan akan cepat gulung tikar.

3. Kompetitor.
Tidak jarang kompetitor dijadikan alat hitung harga yang paling praktis. Anda harus tahu harga pasaran untuk produk yang sejenis yang ditawarkan oleh kompetitor. Pastikan untuk harga dengan kualitas yang sama, Anda memiliki harga yang dapat bersaing dengan kompetitor. Jika Anda memiliki produk yang lebih baik, maka tak ada salahnya Anda mematok harga lebih tinggi dibanding dengan kompetitor, karena untuk kualitas Anda yang lebih baik tersebut pasti ada biaya yang Anda keluarkan.

4. Keuntungan Usaha.
Dalam menentukan harga jual produk Anda harus menetapkan besarnya laba yang ingin diperoleh. Harga jual produk bisa dikatakan pantas apabila dapat memberikan laba sesuai dengan yang diharapkan. Jika laba terlalu kecil, Anda akan terengah-engah sejak awal usaha.

Itu tadi Sahabat PoBis empat faktor yang harus Anda perhatikan dalam menentukan harga jual produk. Berhati-hatilah dalam menentukan harga jual produk, karena harga bisa jadi hal yang sensitif bagi keputusan membeli konsumen.

sumber gambar: acumen.sg

Artikel Bisnis Pilihan

Strategi Penetapan Harga: Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk (Bag.1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Strategi Penetapan Harga: Faktor Yang Menentukan Harga Jual Produk (Bag.1)