Cara Meningkatkan Omset Penjualan Mitra Franchise JNE

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Mitra Franchise JNEUsaha jasa pengiriman paket, termasuk franchise JNE berkembang sangat pesat seiring dengan meledaknya bisnis online. Mulai dari marketplace besar seperti lazada, tokopedia, bukapaka, olx, mataharimall, dan masih banyak lagi. Belum lagi toko online kecil-kecilan. Semua transaksi online tersebut membutuhkan jasa kurir untuk mengirimkan barang ke alamat konsumen.

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang terbaik di Indonesia. Tak heran bila JNE yang telah berdiri sejak tahun 1990 tersebut kini telah memiliki lebih dari 2000 agen di seluruh penjuru Indonesia. Selain itu usaha ini juga terbilang mudah untuk dijalankan.

Selain memiliki peluang usaha yang menjanjikan, franchise JNE tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya.  Berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha franchise JNE? Modal awal yang dibutuhkan adalah sebesar Rp 3,5 juta, dimana jumlah tersebut akan dikembalikan kepada mitra dalam bentuk perijinan dan fasilitas. Disamping itu mitra juga diwajibkan menyetorkan uang jaminan kemitraan sebesar Rp 5 juta, yang akan dikembalikan kepada mitra setelah masa kontrak berakhir.

Selain dengan menyediakan sejumlah dana, cara menjadi agen JNE adalah dengan memenuhi dua persyaratan lain, yaitu syarat administrasi dan syarat lokasi & sumber daya. Lebih lanjut mengenai persyaratan dan cara menjadi agen JNE, sudah banyak web yang membahas mengenai hal itu, atau Anda dapat langsung mendapatkan informasi dari pihak resmi JNE disini.

Jangan lupa baca ini: Kumpulan Franchise Murah Dibawah 5 Juta Terbaru

Pada kesempatan kali ini saya akan lebih membahas dari segi strategi pemasaran dan promosi agar franchise JNE dapat meningkatkan omset penjualannya. Karena mitra franchise akan mendapatkan komisi atas penjualan secara progresif. Semakin tinggi omset, prosentase yang diperoleh juga akan semakin besar.

Berikut ini komisi penjualan yang akan diperoleh agen JNE:

  • Omset Rp 0,- s/d Rp 5.000.000,- memperoleh komisi 22% dari omset
  • Omset Rp 5.000.001 s/d Rp 10.000.000,- memperoleh komisi 25% dari omset
  • Omset Rp 10.000.001,- keatas memperoleh komisi 27% dari omset

Tarif progresif tersebut berlaku untuk layanan Regular, YES, SS dan International. Sedang untuk produk OKE komisi yang diperoleh agen sebesar 15%, dan komisi penjualan produk trucking adalah sebesar 10%.

Strategi Pemasaran Dan Promosi Mitra Franchise JNE

Jika Anda berencana untuk menjadi mitra agen/franchise JNE, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilihan lokasi seringkali jadi penentu sukses sebuah usaha. Lokasi yang ramai, di daerah pusat bisnis atau perkantoran, di daerah sentra UKM, daerah dekat kampus adalah bidikan yang tepat. Apalagi jika di daerah tersebut belum ada jasa kurir. Pilihlah lokasi dengan cermat, jika Anda tidak bisa menemukan lokasi ideal, pertimbangkan faktor kekurangan tersebut, dan siapkan satu strategi untuk mengatasi kekurangan tersebut.
  2. Anda harus membuat gerai Anda terasa nyaman bagi konsumen. Jasa pengiriman barang biasanya identik dengan tumpukan barang. Biasakan untuk merapikan tumpukan barang, atau taruh tumpukan barang di tempat yang tidak terlalu mencolok, sehingga tidak langsung terlihat oleh konsumen. Tata letak interior gerai juga harus bisa memberikan rasa nyaman, karena terkadang konsumen harus menunggu. Mereka harus merasa nyaman dalam waktu menunggu tersebut.
  3. Karyawan harus dilatih untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Konsumen yang puas adalah agen pemasaran gratis bagi usaha Anda.
  4. Pada awal usaha sebarkan brosur dan poster di sekitar lokasi usaha agar orang-orang tahu bahwa ada agen JNE di dekat mereka.
  5. Service Tambahan. Anda dapat memberikan layanan tambahan, misalnya pick up order. Namun layanan tambahan tersebut harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pihak JNE supaya tidak melanggar ketentuan franchise JNE.
  6. Jalin Kerjasama. Anda harus jemput bola dengan menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang sering menggunakan jasa kurir, seperti pelaku usaha online shop, pelaku UKM, perusahaan dan kantor, baik kantor pemerintah maupun swasta. Menjalin kerjasama dengan mereka akan menjadikan Anda memiliki pelanggan dengan repeat order yang tinggi, sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar bagi Anda.

Selain itu tentu saja masih ada beberapa strategi lain yang dapat Anda terapkan, tergantung pada karakteristik lokasi dan demografis. Namun secara garis besar, JNE sudah memiliki nama besar, sehingga dengan brand tersebut tidak akan sulit bagi mitra franchise JNE untuk mendapatkan konsumen.

sumber gambar: jnejakarta.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Mitra Franchise JNE

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Mitra Franchise JNE