Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online

Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online Menggunakan Social MediaKali ini akan saya sajikan studi kasus praktek unik strategi pemasaran online dengan menggunakan sosial media. Menjalankan bisnis di dunia serba digital dan perkembangan internet yang demikian pesat memang menjadi lebih menarik. Menarik karena nyatanya, Sahabat PoBis bisa memanfaatkan dunia internet ini sebagai sarana pemasaran yang demikian cepat dan lugas dengan lemparan yang tepat sasaran.

Selama ini pengertian strategi pemasaran klasik selalu berkutat soal teknik-teknik klasik dalam menarik pasar membeli produk Anda. Dan di era internet seperti sekarang, kebanyakan orang juga masih berputar dalam zona pemikiran yang sama soal bagaimana pengertian strategi pemasaran.

Dalam ilmu pemasaran klasik, pemasaran adalah satu lini yang memakan biaya besar, kadang lebih besar dari nilai produk itu sendiri. Mereka membangun sistem pemasaran yang berjenjang, kadang demikian tersistem dan kompleks sampai mampu menyentuh pasar akhir dengan jitu.

Pasalnya ada jarak demikian jauh antara produsen alias pengusaha dengan konsumen. Sehingga perlu sebuah sistem yang kadang memakan biaya besar untuk bisa mencapai pasar utama. Misalkan dengan membuat iklan dan memasangnya via televisi.

Belum cukup kuat dengan sekedar promosi via televisi maka dipasang iklan banner besar yang dipajang di jalan raya utama. Masih dianggap belum terlalu efektif, dibentuk pasukan SPG yang datang langsung mendekati konsumen secara lebih personal. Belum rampung sampai disana dibuat promosi besar lengkap dengan hadiah menggiurkan yang mahal dari sisi biaya promo dan nilai barangnya.

Berapa biaya untuk semua perangkat pemasaran tersebut? Bukankah itu semua nantinya akan dijadikan biaya tambahan untuk produk? Bukankah itu membuat banyak orang berpikir dua kali untuk memulai bisnis karena kelihatannya memang membutuhkan modal super besar?

Hal berbeda soal pengertian strategi pemasaran akan dijawab oleh seorang pemilik restoran Burger asal kota kecil di Amerika, Milwaukee. Joe Sorge dengan bisnis yang diberinya nama AJ Boomber Burger ini memiliki cara berbeda dalam menerjemahkan pengertian strategi pemasaran dan menghasilkan konsep yang jauh dari kata mahal. Dia membawa bisnisnya menjadi bisnis makanan online dengan strategi pemasaran yang lebih hemat.

Senjata utamanya hanya internet dan opimalisasi penggunaan social media. Apa saja yang sudah Joe Sorge lakukan dengan social media dan menjadikannya sebagai salah satu contoh terbaik optimalisasi interne untuk bisnis berdasar beberapa tulisan dari Wall Stree Journal sampai New York Times.

  • Membangun komunitas maya
    Ide ini dituangkan dengan membuat sebuah dinding dimana setiap pengunjung bisa menorehkan alamat twitter mereka dan akan segera di follow oleh AJ Boombers. Di sini AJ Boombers akan selalu mengupdate setiap informasi soal resto, even sampai promo. Tak berhenti sampai di sana, AJ Boombers perhatian pada setiap followersnya dengan memberikan promo khusus untuk mereka yang berulang tahun dan hari-hari khusus mereka. Joe Sorge juga membuat sebuah komunikasi unik yang dibangun via online dengan menggiatkan pengunjung terlibat langsung dengan aktivitas online dari akun AJ Boombers dan setiap retweet yang muncul.
  • Libatkan karyawan dalam promosi
    Setiap karyawan dari Joe Sorge adalah orang yang aktif dalam dunia maya dan selalu terjaring dalam aktivitas social media. Joe Sorge menjadikan mereka personal yang lebih dikenal pengunjung dengan membuka channel lebar-lebar bagi pengunjung untuk berteman dengan karyawan via online. Mereka akan membangun opini, promosi dan endorsing terhadap produk dari AJ Boombers.
  • Libatkan konsumen dalam usaha
    Ketika karyawan sudahdlibatkan dalam promosi, kini giliran konsumen yang ditarik untuk lebih banyak terlibat dalam usaha. Biarkan follower yang menentukan apa menu utama malam ini, beri kesempatan follower untuk turut memberi nama satu produk baru yang siap rilis, Libatkan mereka untuk menentukan event-event yang akan diselenggarakan dan masih banyak lagi. Bahkan ketika Joe Sorge berniat mengganti beberapa sentuhan interior dia turut membuka opini di akunnya untuk mendengar pendapat followers.
  • Datangkan konsumen dengan cara unik
    Foursquare adalah satu senjata andalan Joe Sorge dalam mendatangkan konsumen. Misalkan dengan mengadakan event swarm badge di Aj Boombers dan membuat lebih dari 160 orang pengguna Foursquare Mil Waukee mendapat swarm badge. Swarm badge adalah badge yang hanya bisa didapat bila 50 orang lebih datang dan melakukan check in di lokasi dan waktu yang sama.
  • Buat trademark
    Kadang sesuatu menjadi viral lebih karena adanya keunikan yang bisa diangkat. Ini yang dimanfaatkan Joe Sorge dengan memasang kursi raksasa di depan resto untuk membuat sebanyak mungkin twitpict dengan kursi besar itu. Atau dengan memasang kapal kecil di depan resto sampai terbentuk badge baru di Foursquare “I’m on a boat”. Sekilas tidak relevan ,tetapi ketika ini menjadi viral maka muncul rasa penasaran pasar terhadap kursi dan kapal yang akhirnya menggiring pengunjung membeli burger.

Mengapa masih terkunci dalam pola pemahaman lama akan pengertian strategi pemasaran kalau Anda bisa membuka lebih banyak ide dalam pemasaran di dunia maya. Karena rupanya semua itu bisa memotong anggaran pemasaran Anda bahkan berkali lipat.

sumber gambar: plannedparenthood.org

Artikel Bisnis Pilihan

Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online