Penjelasan Mengenai Pengertian Manajemen Pemasaran

pengertian manajemen pemasaran menurut para ahliApa itu pengertian manajemen pemasaran? Secara umum bisa dimaknakan sebagai pengelolaan dari sistem pemasaran dalam perusahaan. Yang artinya juga sebuah lembaga dalam perusahaan yang mengatur urusan yang berkaitan dengan aktivitas dan fungsi pemasaran.

Menurut Phillip Kotler, salah satu pakar pemasaran dalam salah satu literature yang disusunnya, dikatakan Marketing management is the analysis, planning, implementation and control of programmes designed to bring about desired exchanges with target markets for the purpose of achieving organisational objectives”.

Atau dalam bahasa Indonesia dapat dimaknakan bahwa pengertian manajemen pemasaran adalah analisa, perencanaan, pelaksaaan dan kendali atas program yang sudah direncanakan untuk tujuan mencapai target pemasaran dan untuk mencapai target perusahaan, yakni tak lain dan tak bukan adalah penghasilan yang maksimal.

Dalam manajemen pemasaran terjadi semua fungsi dari pemasaran. Bagian ini bertugas melakukan riset pasar untuk mendapatkan informasi kuat terkait produk dan pasar. Juga melakukan pendampingan dalam penentuan desain produk, kemasan sampai proses produksi dan penyimpanan demi memastikan produk tetap dalam kualitas yang sesuai dengan harapan pasar.

Manajemen pemasaran juga terlibat dalam proses penentuan harga karena bagian inilah yang paling mengetahui bagaimana penilain pasar terhadap suatu jenis dan kualitas produk. Juga yang paling tau seauh apa daya beli dan kekuatan ekonomi dari pasar potensial.

Dalam manajemen pemasaran pula Anda temukan pengelolaan promosi. Mulai dari tahap perkenalan produk, opening usaha, masa promosi dengan beberapa paket perkenalan sampai konsep iklan, konsep event promosi, konsep konten dan konsep pemasaran online yang akan dikembangkan.

Ini artinya manajemen pemasaran juga termasuk pengelolaan langkah promosi regular seperti penayangan iklan pada televisi, radio, iklan social media, iklan ads, pengelolaan website dan customer serice online melalui media social dan website resmi, hingga penawaran khusus via email.

Promosi regular juga dalam hal ini termasuk pemberian bonus untuk agen, distributor dan penjual ecer yang sukses mencapai nilai penjualan tertentu, karena biasanya cara ini juga menjadi cara klasik untuk membantu manajemen pemasaran mencapai target penjualan.

Tetapi di sisi lain pengertian manajemen pemasaran juga bertugas mengelola berbagai event terkait promosi non regular. Beberapa perusahaan kerap menjadi sponsor sebuah event, menyelenggarakan event khusus untuk mendekatkan diri dengan konsumen dan berbagai acara pemasaran konten lain yang sifatnya offline dan online. Misalkan saja lomba mewarnai oleh perusahaan susu anak, lomba fashion show oleh perusahaan sabun atau lomba desain webite untuk perusahaan provider jaringan internet.

Manajemen pemasaran juga memiliki kewajiban untuk memastikan produk yang tersedia di pasar eceran dan yang sampai ke konsumen adalah produk dengan kualitas maksimal, termasuk dengan memniminalisir cacat dan kerusakan. Sehingga proses pengiriman barang juga menjadi bagian yang berada dalam pengawasan pemasaran.

Manajemen pemasaran kerapkali juga bertanggung jawab dalam program kerjasama terkait program pemasaran. Kami mencoba mengambil contoh ketika sebuah portal video lokal kemudian menjalin kerjasama dengan beberapa stasiun tv nasional untuk memuat semua penayangan acara mereka di dalam portal video tersebut.

Kerjasama ini meningkatkan kunjungan menuju portal video tersebut yang berasal dari penggemar beragam tayangan sinetron, infotainment sampai tayangan berita yang menjadi acara regular stasiun televisi tersebut. Juga memberi keuntungan tambahan bagi perusahaan stasiun TV karena pendapatakan iklan tambahan dari setiap penayangan video. Pengelolaan kerjasama ini biasanya berkaitan dengan dua manajemen pemasaran dari kedua pihak perusahaan.

Kemudian, manajemen pemasaran juga berurusan dengan masalah layanan konsumen, baik sebelum penjualan dan pasca penjualan. Layanan ini harus dioptimalkan untuk mendapatkan loyalitas dari pasar dan penjualan yang berjangka panjang.

Dan terakhir, tugas unik lain dari manajemen pemasaran adalah memastikan pengelolaan pengabdian masyarakat berjalan lancar. Bagi perusahaan pengabdian masyarakat bukan sekedar bagian dari kwajiban perusahaan sesuai dengan undang-undang, bukan juga sebagai bagian dari jiwa social perusahaan, tetapi membangun citra baik yang penting bagi keberlangsungan perusahaan.

Karena bagi perusahaan, manajemen pemasaran adalah tampuk dalam mencapai target terbesar perusahaan. Yakni mendapatkan keuntungan besar, penghasilan yang berkesinambungan dan pencitraan baik atas perusahaan.  Dan inilah gambaran jelas dari pengertian manajemen pemasaran dalam sebuah perusahaan.

sumber gambar: legalinkmagazine.com

Artikel Bisnis Pilihan

Penjelasan Mengenai Pengertian Manajemen Pemasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Penjelasan Mengenai Pengertian Manajemen Pemasaran