Pengertian Pemasaran Iklan Dan Pemasaran Konten

Pengertian Pemasaran Iklan dan Pemasaran KontenPengertian pemasaran kerap kali dipandang secara samar dan kerap pula disalah artikan.  Padahal pemahaman yang tepat terhadap konsep pemasaran akan membantu kita mengimplementasikan langkah pemasaran ini  secara tepat pula.

Lepas dari pemahaman yang salah antara perbedaan pemasaran dan penjualan, banyak orang juga kerap tidak benar-benar memahami beda antara pemasaran iklan dan pemasaran konten. Keduanya belakangan ini banyak Anda jumpai di dunia pemasaran, sadar atau tidak disadari.

Keduanya menjadi strategi perusahaan dalam mencapai target-target pemasaran dan penjualan, namun dengan pendekatan dan langkah yang berbeda. Kadang hasil akhir yang dicapai terlihat tidak sama, tetapi tetap saja fungsi pemasaran bermuara pada arah yang sama, yaitu penjualan.

Memahami beda pengertian pemasaran iklan dan pemasaran konten akan membantu Anda sebagai pelaku usaha untuk mendapatkan strategi pemasaran yang sesuai dengan Anda. Atau malah menentukan padu padan tepat antara kedua metode ini.

Lalu apa saja letak beda pengertian pemasaran iklan dan pemasaran konten?

  • Objek
    Pada pemasaran iklan, objek dari pemasaran adalah produk. Jadi dalam iklan disampaikan bagaimana gambaran dan pencitraan dari produk. Kadang juga disertakan gambaran dari apa kelebihan produk, bagaimana produk bekerja dengan bujuk rayu seperti memasang wajah tokoh populer yang menggunakan produk bersangkutan atau dengan efek dramatis dari kemampuan produk.
    Pada pemasaran konten, objek dari pemasaran adalah konsumen. Jadi tak ada materi yang mengunggulkan produk, melainkan informasi mengenai produk yang konsumen perlukan, informasi ini harus mendasar dan merupakan fakta sehingga konsumen juga dapat menelusuri kebenarannya. Pemasaran konten juga bisa menjadi sebuah informasi penting untuk konsumen mengenai manfaat yang konsumen dapat dari produk, cara konsumen dalam mengoperasikan produk atau masalah apa dari konsumen yang dapat produk atasi.
  • Komunikasi
    Dalam pemasaran iklan metode komunikasi lebih sebagai satu arah. Sebuah sarana menyampaikan informasi mengenai produk dengan memberikan dorongan kepada konsumen yang melihat iklan akan keunggulan produk. Di sini bahasa bujuk rayu, dramatis dan berlebihan kerap digunakan untuk meningkatkan kemampuan dalam mendorong minat beli.
    Dalam pemasaran konten, komunikasi harus berjalan dua arah. Bagaimana konsumen bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan bukan hanya informasi yang ingin kita sampaikan. Bagaimana pandangan dan kekhawatiran konsumen tersampaikan pada kita dan bagaimana kita menindak lanjuti. Disini pemasaran lebih mengarah pada tekanan untuk membuka wacana konsumen bahwa mereka membutuhkan produk Anda.
  • Pendekatan
    Pendekatan pada pemasaran iklan adalah bagaimana pasar secara umum dalam menerima sebuah gambaran akan produk. Apa itu produk tersebut, apa fungsinya, apa kelebihannya dan apa yang menjadi ciri khasnya. Pencitraan bersifat umum dan pendekatan bersifat makro.
    Sedang pada pemasaran konten, pendekatan lebih bersifat kompleks. Meski kadang tak selalu bersifat personal tetapi mengarah secara lebih mikro. Pendekatan tertuju pada apa yang dicari konsumen, apa yang diharapkan konsumen dan apa masalah yang dihadapi konsumen. Pencitraan dibangun dengan lebih personal sehingga seakan memang memberi jawaban kepada konsumen akan masalah mereka.
  • Target
    Target dari pemasaran iklan adalah pasar mengenai produk dan tau apa manfaat dan kelebihan produk dari produk sejenis lainnya. Membuat dorongan kuat pada konsumen untuk melakukan pembelian karena daya pikat dari penyampaian iklan.
    Sedang pada pemasaran konten, target utama adalah citra baik atas produk. Bahwa produk akan mampu mengatasi masalah konsumen. Bahwa konsumen membutuhkan produk tersebut dan bahwa produk memiliki nilai penting bagi konsumen
  • Bentuk
    Pemasaran iklan biasa Anda jumpai dengan metode klasik seperti iklan di televisi, radio, media cetak atau di dunia digital sebagai pop ads yang muncul pada media-media internet baik itu pada media social maupun pada website. Pemasaran iklan juga bisa offline dengan pemasangan baliho, penyebaran flyer sampai pasukan SPG.
    Pemasaran konten kerap berbentuk samar, sampai kerap tidak disadari konsumen. Bila Anda pernah menemukan artikel manfaat herbal tertentu untuk sebuah blog penjualan suplemen herbal, itu bisa jadi satu contoh metode pemasaran konten. Kadang pemasaran konten juga bisa offline seperti pengadaan lomba yang disponsori oleh sebuah brand. Biasanya dalam event ini kemudian dibuka booth resmi untuk menampung komunikasi konsumen dengan pihak perusahaan.

Kini Anda bisa membedakan pengertian pemasaran iklan dan pemasaran konten bukan? Keduanya berbeda dan memiliki cara berbeda dalam mencapai target akhir, yakni penjualan. Anda bisa manfaatkan satu satu cara atau justru memadukan keduanya.

sumber gambar: marketeers.com

Artikel Bisnis Pilihan

Pengertian Pemasaran Iklan Dan Pemasaran Konten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pengertian Pemasaran Iklan Dan Pemasaran Konten