Pengertian Marketing Konten Dan Cara Membuatnya Efektif

Pengertian Marketing Konten Dan Cara Membuatnya Menjadi EfektifPada kesempatan sebelumnya saya sudah mengulas mengenai bagaimana beda antara pengertian marketing dengan iklan dan marketing konten. Bila selama ini Anda mungkin sudah terbiasa disuguhi dengan beragam model iklan dengan segala bahasa bujuk rayunya, kini kita coba memahami lebih baik pengertian marketing konten, berikut cara-cara efektif yang diterapkan dalam memahami metode ini.

Sebagaimana sudah dijelaskan, marketing konten memiliki pendekatan, objek dan target yang berbeda dari sekedar iklan biasa. Secara umum marketing konten merupakan sebuah metode pemasaran modern yang fokus pada pembangunan citra baik konsumen terhadap produk dan membangun jembatan kepercayaan konsumen terhadap produk dan perusahaan.

Jadi marketing konten harus bersifat halus, mendekati dengan memahami dan tidak frontal mengarah pada produk. Menurut contentwithoutborders.com ada 3 aspek penting yang perlu menjadi catatan dalam menerapkan marketing konten dengan tepat.

  • Consumer centric
    Jadikan konsumen, kepentingan mereka dan kebutuhan mereka sebagai sentral dari pemasaran Anda. Pahami dengan baik apa yang dicari konsumen, informasi apa yang mereka cari, apa kebutuhan mereka dan apa masalah mereka. Coba lihat dari sudut pandang mereka, bagaimana caranya untuk membuat mereka bisa melihat produk Anda sebagai solusi. Tak perlu mengunggulkan produk berlebihan, tetapi tanamkan logika dan fakta yang menguatkan alasan konsumen membutuhkan produk Anda.
  • Bangun ikatan
    Pencapain tertinggi dari pemasaran konten adalah kesetiaan konsumen terhadap produk dan perusahaan. Ini akan membuat mereka tidak berpaling sekalipun mereka menemukan beragam bujuk rayu. Untuk itu, konten harus menanamkan ikatan antara perusahaan dengan konsumen. Jadi marketing konten harus bisa membangun kepercayaan, kenyamanan, memberi kesan Anda peduli. Dan ini semua tidak akan terbangun hanya dengan pencitraan produk, tetapi juga proses panjang untuk menunjukan citra baik perusahaan sebagai produsen yang peduli dengan konsumennya.
  • Pahami teknologi digital
    Menjalankan marketing modern dan marketing konten jelas tak bisa lepas dari teknologi digital. Anda harus benar-benar memahami SEO, memahami sistem kode dan memahami manfaat sistem social media dengan baik. Manfaatkan sistem teknologi yang ada dan aplikasikan sebagai metode pemasaran. Temukan bagaimana pasar memanfaatkan setiap sarana dalam dunia maya dan pahami celahnya sebagai sarana pemasaran konten.

Ketika Anda gagal dalam memahami ketiga hal tersebut, maka pengertian marketing konten Anda bisa jadi juga akan gagal. Bahkan dalam beberapa survey dikatakan bahwa dari 10 marketing konten yang dilempar ke pasar, hanya 1 yang sepenuhnya sukses membangun jembatan antara konsumen dengan produk dan perusahaan.

Bahkan sebenarnya mencapai kesuksesan dalam pemasaran dewasa ini tak hanya soal memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen. Tetapi bagaimana membangun sinergi jangka panjang dari tiap bagian perusahaan untuk memberikan pelayanan optimal terhadap konsumen, ini menjadi pendekatan terbaik dalam marketing konten. Bagaimana membangun jembatan antara konsumen dengan produk dan perusahaan.

Di sini ada banyak kemampuan dibutuhkan, mulai dari kemampuan memahami orang lain, kemampuan membangun dan membina hubungan dengan orang lain,kemampuan dalam berteknoloi digital, kemampuan dalam berkomunikasi secara dua arah, kemampuan kepemimpinan untuk menggiring tim kerja terfokus pada pelayanan dan kepuasan.

Lalu bagaimana mengetahui bahwa pendekatan kita dengan marketing konten sudah berhasil? Adakah parameter kesuksesannya? Adakah titik efisiensi dan efektifitasnya?

Sebagaimana disampaikan sebelumnya 9 pendekatan marketing konten dari total 10 yang dilancarkan cenderung mengalami kegagalan. Bukankah itu artinya Anda sudah buang waktu? Tetapi tau darimana bahwa cara ini sudah gagal? Dapatkan sebuah marketing konten dilihat efektifinya secara nominal?

Secara umum membuat sebuah marketing konten juga tak ubahnya dengan aktivitas perusahaan lain, membutuhkan biaya. Artinya Anda bisa mengukur berapa biaya yang Anda keluarkan untuk sebuah metode pemasaran konten, bagaimana hasil penjualan yang muncul dari konten dan perkembangan penjualan yang muncul setelah konten muncul.

Hanya saja penjualan tak bisa sepenuhnya menjadi parameter, karena kebanyakan nilai yang didapat dari marketing konten bersifat non nominal. Kadang demi memahami sejauh mana efektifitas sebuah konten dilancarkan, Anda perlu melakukan survey, manfaatkan social media untuk mendapatkan informasi mengenai pandangan konsumen soal produk dan perusahaan. Dari sana Anda tau apakah jembatan dan koneksi itu sudah terbangun atau malah gagal Anda bangun.

Memahami pengertian marketing konten memang tidak sederhana. Bahkan banyak orang menyebutnya sebagai pendekatan pemasaran hybrid karena ada begitu banyak adaptasi yang sifatnya personal untuk mendapatkan hasil efektif.

sumber gambar: marketing.com.au

Artikel Bisnis Pilihan

Pengertian Marketing Konten Dan Cara Membuatnya Efektif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pengertian Marketing Konten Dan Cara Membuatnya Efektif