Pahami Kesalahan Penentuan Harga Dalam Contoh Konsep Pemasaran

Pahami Kesalahan Penentuan Harga Dalam Contoh Konsep PemasaranContoh konsep pemasaran yang sering dipahami dengan salah adalah soal penentuan harga. Bagian terpenting dalam konsep pemasaran adalah penentuan produk itu sendiri dan apapun yang melekat dengan produk, termasuk soal penentuan kemasan dan harga. Karena produk itu adalah bagian dari daya tarik dalam memikat pasar, dan karenanya segal aspek yang menjadi titik penilaian pasar terhadap produk adalah jelas bagian dari konsep pemasaran.

Dan pada kesempatan ini kami akan mencoba melihat aspek penting dari produk yang merupakan satu contoh konsep pemasaran, yakni penentuan nilai jual atau harga. Anda dapat menghitung harga pokok penjualan dengan akuntansi biaya. Selanjutnya persenjatai diri Anda dengan jurus jitu untuk menang dalam persaingan harga. Pada kenyataannya di lapangan banyak contoh konsep pemasaran dalam penentuan harga produk justru menjadi strategi yang menjerumuskan.

Tak sedikit kasus kegagalan produk justru bukan berasal dari strategi promosi atau iklan yang kurang tepat, bukan pula karena produknya kurang menjual, tetapi karena kesalahan dlam menentukan harga.Karenanya, sebelum Anda menentukan harga untuk sebuah produk, sebaiknya Anda menjalankan beberapa prosedur untuk dapat menemukan harga terbaik untuk produk Anda.

Dan untuk itu, penting untuk Anda memahami contoh konsep pemasaran dalam penentuan harga produk yang seperti apa yang pada akhirnya malah menjadi pintu menuju kegagalan produk Anda di pasaran?

Menarik untuk disimak: Praktek Unik Dari Pengertian Strategi Pemasaran Online

Cermati Kesalahan Dalam Contoh Konsep Pemasaran Berikut:

  1. Konsep pemasaran dengan memasang tarif margin sama besar untuk tiap produk
    Tiap produk memiliki nilai “effort” berbeda satu dengan yang lain, demikian juga memiliki potensi dan nilai guna berbeda satu dengan yang lain. Terlepas dari harga pokok yang harus Anda keluarkan. Ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda dalam menentukan harga. Beberapa produk bisa saja sangat laku di pasaran, sedang yang lain hanya sebagai produk substitusi dan dan sisanya malah menjadi produk lux. Untuk tiap karakter ini penting Ada bandrol dengan harga yang sesuai dengan citra yang ingin Anda bangun, target yang ingin Anda capai, pasar yang menjadi bidikan Anda dan banyak pertimbangan lain.
  2. Konsep pemasaran yang mengabaikan perhitungan biaya kecil
    Sebuah produk sudah pasti memiliki harga pokok penjualannya masing-masing. Hanya saja kadang dalam menghitug harga pokok Anda tidak cukup cermat melihat setiap aspek biaya dan mengabaikan faktor biaya dalam nilai yang kecil. Padahal dari angka kecil ini tanpa Anda sadari akan terakumulasi dan membentuk bilangan yang besar bila Anda kalikan dengan banyak produk dan banyak hari produksi.
  3. Konsep pemasaran dengan harga super miring
    Anda bisa saja memilih untuk menjual produk dengan harga serendah mungkin demi menarik minat pasar. Tetapi bila posii margin menjadi terlalu kecil, maka bisa jadi keuntungan Anda hanya akan terpotong oleh biaya overhead yang tidak Anda sadari.
  4. Konsep pemasaran dengan pencitraan produk mahal
    Karena ingin mencitrakan produk Anda berkelas, Anda kemudian memasang harga mahal untuk produk Anda. Itu bukan ide buruk, namun bila kemudian membuat Anda memasang margin terlalu tinggi, bisa jadi kebijakan ini malah menjadi boomerang bagi produk Anda. Tidak akan ada yang mau membeli produk mahal yang tidak setara dengan kualitas dan nilai gunanya.
  5. Konsep pemasaran super diskon
    Diawal Anda kenakan margin 20 % lalu kala mendadak Anda menentukan acara super diskon dengan tariff potongan 50%. Ini jelas salah hitung dan menariknya kekonyolan macam ini sudah sering terjadi. Anda bukan untung 20% malah merugi 30%.
  6. Konsep pemasaran yang tidak menghargai nilai non fisik
    Produk Anda memang bisa diproduksi dengan harga pokok yang super miring. Kadang hanya berkisar beberapa belas ribu saja perproduknya. Tetapi dalam memproduksi, Anda perlu menggunakan daya kreatifitas yang tidak mudah dan kadang memakan waktu. Dan banyak Anda temukan konsep pemasaran yang mengabaikan faktor kreatifitas ini sehingga memasang harga murah tanpa menetapkan nilai goodwill dari kreatifitas ini.Jangan lupa sebuah kreatifitas dan kemampuan memiliki nilai ekonomis yang harus Anda hitung.
  7. Konsep pemasaran superpelit
    Anda tampak terlalu kencang mencari keuntungan semata sampai abaikan kebutuhan pasar akan diskon dan privilege khusus untuk pelanggan lama. Sekilas keuntungan Anda memang optimal, tetapi konsumen akan kecewa pada Anda dan tanpa Anda sadari sudah lari ke penjual lain.

Demikian tadi 7 kesalahan fatal dalam beberapa contoh konsep pemasaran dalam penentuan harga produk. Rupanya masalah harga bisa menjadi demikian krusial hingga dapat berimbas demikian dalam terhadap pandangan pasar terhada produk dan kondisi keuangan usaha.

sumber gambar: tmemarketing.com

Artikel Bisnis Pilihan

Pahami Kesalahan Penentuan Harga Dalam Contoh Konsep Pemasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pahami Kesalahan Penentuan Harga Dalam Contoh Konsep Pemasaran