Mengenal Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

Mengenal Definisi Pemasaran Menurut Para AhliSahabat PoBis, mari kita kenali lebih dalam definisi pemasaran menurut para ahli, sebelum mengimplementasikannya ke dunia usaha yang kita geluti. Masyakarat modern tak lagi asing dengan kata pemasaran. Kata ini sudah demikian melekat dengan aktivitas masyarakat dan kerap identik dengan dunia bisnis dan usaha. Namun tak banyak sebenarnya yang cukup memahami apa itu definisi pemasaran dan akhirnya terjebak dalam asumsi yang keliru.

Untuk itu pada kesempatan ini kami akan mencoba memberi Anda beberapa informasi terkait definisi pemasaran menurut para ahli. Meski harus diakui berkesan teoritis, namun kami harap akan membantu Anda lebih memahami pengertian pemasaran dari dasar dan bakunya sebelum Anda implementasikan dalam dunia nyata.

Definisi pemasaran menurut para ahli akan kami awali dengan pengertian pemasaran yang tercantum dalam laman resmi AMA atau American Marketing Association. Menurut AMA pemasaran adalah Segala aktivitas, kelompok institusi dan segala proses dalam mengkreasikan, mengkomunikasikan, menghantarkan dan pertukaran yang memberi sebuah input nilai keuntungan bagi konsumen, pelanggan, rekan usaha, usaha dan lingkungan masyarakat.

Pandangan lain kami sajikan dari salah satu ahli yang merupakan bapak dunia ilmu baku manajemen dan pemasaran DR Philiph Kottler. Sebagai ahli pemasaran, namanya selalu menjadi salah satu rujukan dalam literatur meja perkuliahan dari masa ke masa.

Pengin tahu Apakah Pengertian Pemasaran Online Dan Mengapa Lebih Baik Dari Pemasaran Offline?

Menurut DR Philiph Kottler, pemasaran merupakan ilmu dan seni dalam bereksplorasi, berkreasi dan menyampaikan nilai dari kepuasan atas kebutuhan dan keinginan dari target pasar dengan tetap terfokus pada keuntungan nominal.

Dalam pandangan Kottler, pemasaran selalu berkaitan dengan urusan kebutuhan dan keinginan. Bagaimana sebuah produk mampu memberikan kepuasan bagi konsumen dan bagaimana informasi mengenai kemampuan ini tersampaikan pada konsumen potensial untuk kemudian menjadi bentuk gambaran atau estimasi keuntungan potensial.

Kembali kami mencoba menemukan pakar pemasaran lain yang bisa menjadi rujukan dalam mencari definisi pemasaran menurut para ahli. Kali ini adalah Vice President dari eCommerce,  Fairway Market, Jullie Barlie.

Definisi pemasaran menurut Barlie, pemasaran adalah bentuk dari segala aktivitas untuk mengkomunikasikan, menyambungkan dan mengikat diri dengan konsumen terkait dengan nilai dari produk dan jasa serta nilai itikad baik dari perusahaan dalam memberi kepuasan.

Masih menurut Barlie, dengan perkembangan dunia maya yang demikian pesat, maka konsep pemasaran memang sudah tak lagi dijalankan dengan cara konvensional. Itu sebabnya perlu disematkan konsep mengikat diri dengan konsumen karena di sini, perusahaan harus menggali lebih dalam bagaimana mendorong konsumen membeli dan terpuaskan dan kemudian membeli kembali dengan menjalin hubungan yang kuat dengan konsumen mereka.

Caranya dengan membuka jalur komunikasi dua arah yang sehat dan memadai antara perusahaan, pelayanan dan konsumen. Ikatan ini akan bersifat panjang dan kadang memberi dorongan kuat kepada konsumen untuk setia.

Pandangan yang mungkin cukup senada datang dari seorang yang kerap dijuluki sebagi Diva Marketing di dunia Barat, Toby Bloomberg. Menurutnya, perkembangan dunia maya sudah memberi banyak input yang akibatnya menggeser makna pemasaran tak lagi sekedar mengkomunikasikan dan menyebarkan informasi mengenai nilai produk dan perusahaan.

Pemasaran modern harus bekerja dengan cara yang berbeda dari 20 tahun lalu dengan kehadiran internet. Karena di sini terbuka sarana komunikasi dua arah untuk membantu konsumen menyampaikan suara mereka dengan merdeka.

Suara negatif dan suara postif mereka akan menggerakan pasar dan ini perlu menjadi perhatian.  Bagaimana mendorong pencitraan yang datang dari pasar itu sendiri dengan mendorong konsumen memberikan pencitraan yang tulus untuk produk dan usaha Anda. Karena pencitraan yang semacam inilah yang kemudian akan menjadi mesin pendorong laju penjualan dan keuntungan.

Pandangan lain yang bisa menjadi referensi dalam definisi pemasaran menurut para ahli datang dari Vice President dari Vitals.com, salah satu laman pemasaran besar dunia. Menurut sang Vice President, Jeff Cuttler, pemasaran tak lagi soal kepuasan akan kebutuhan dan keinginan konsumen. Tetapi bagaimana membangun perusahaan dengan total membangun citra baik dari perusahaan.

Artinya di sini Anda tak hanya bicara soal konsumen, tetapi juga rekan kerja, suplier, investor, distributor dan karyawan. Bagaimanapun tujuan setiap perusahaan adalah keuntungan, dan keuntungan hanya bisa didapat dari pencapaian target penjualan. Untuk itu harus dipastikan adalah “repeat order” di pasaran dengan mendatangkan kepuasan bagi konsumen sehingga mendorong mereka membeli kembali.

Hanya saja untuk mencapai penjualan kembali serta masalah kepuasan, Anda membutuhkan modal cukup, suplier dan rekanan yang mampu mendukung usaha dan tenaga kerja yang mumpuni. Karenanya penting mencitrakan itikad baik perusahaan demi menarik minat sumber daya terbaik untuk terikat pada perusahaan.

Itulah beberapa penggal definisi pemasaran menurut para ahli yang dapat kami jabarkan di sini untuk memberi Anda pemahaman memadai mengenai makna pemasaran dan beberapa pendekatan modern di dalamnya.

sumber gambar: nationmultimedia.com

Artikel Bisnis Pilihan

Mengenal Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mengenal Definisi Pemasaran Menurut Para Ahli