Memahami Perbedaan Pemasaran Dan Penjualan

Tabel Perbedaan Pemasaran Dan PenjualanKebanyakan orang melihat bahwa pemasaran dan penjualan adalah hal yang sama. Sahabat PoBis mungkin ada yang berpendapat demikian, itu hal yang wajar. Karena memang pemasaran dan penjualan adalah dua hal yang serupa tetapi tidak sama. Demikian filosofi untuk memahami perbedaan pemasaran dan penjualan. Karena sekilas keduanya memiliki target yang sama yakni produk terjual dan sampai di tangan konsumen sehingga produsen mendapatkan keuntungan dari produk yang terjual. Tetapi untuk memahami lebih baik perbedaan pemasaran dan penjualan jelas perlu pendalaman yang lebih baik.

Kita tak bisa menyamakan secara utuh pemahaman akan pemasaran dengan penjualan. Karena ada beberapa aspek yang menjadikan fokus dan target dari kedua aktivitas ini berbeda. Bahkan sebenarnya, muara dari keberhasilan sebuah sistem pemasaran berbeda dengan program penjualan dengan cakupan yang berbeda satu denga yang lain.

Namun sayangnya, kebanyakan orang menyamaratakan keduanya begitu saja. Penyamarataan ini dikarenakan banyaknya salah tafsir dari banyak pelaku usaha terhadap pemasaran dan penjualan. Sehingga membuat kerancuan dalam prakteknya.

Pemasaran Penjualan
 Jangka Panjang

Goal: Membangun hubungan positif dengan konsumen, membangun brand dan positioning.

Fokus pada produk, apakah produk menjangkau konsumen.

Jangka Pendek

Goal: Terjadinya penjualan

Fokus pada orang (Sales Person), apakah sales dapat menjangkau konsumen.

Pemasaran adalah sebuah aktivitas besar dalam perusahaan yang menjalankan program jangka panjang untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan kepuasan dan menjalin hubungan positif dengan konsumen dalam jangka panjang.

Artinya dari gambaran di atas, penjualan adalah satu bagian kecil dari keseluruhan aktivitas pemasaran. Dalam penjualan target utama adalah produk terjual dengan parameter utama adalah tingkat penjualan yang berhasil dicapai.

Tidak penting apakah penjualan ini akan berjalan untuk jangka panjang, akan berulang atau akhirnya berhenti sampai di situ. Karena dalam penjualan target yang ditentukan bersifat jangka pendek. Dimana tenaga penjual atau seller (sales) harus mencapai target penjualan pada angka tertentu.

Inilah salah satu aspek perbedaan pemasaran dan penjualan. Karena dalam pemasaran target yang harus dicapai cenderung lebih kompleks. Tenaga pemasar tidak hanya berkepentingan menjual produk, tetapi membuat konsumen terpuaskan dengan produk tersebut, mendapatkan input yang positif perihal produk dan akhirnya terjalin hubungan positif antara konsumen dengan produk dan perusahaan, dimana konsumen beralih menjadi pelanggan dan pelanggan setia.

Muara dari pemasaran bukan sekedar jurnal penjualan atau laporan laba rugi. Bukan pula grafik penjualan yang meningkat sebagaimana dalam aktivitas penjualan. Tetapi bagaimana mendapatkan estimasi positif bahwa di tahun berikutnya dan tahun-tahun selanjutnya akan ada progress dalam tingkat penjualab.

Mungkin kami akan coba analogikan dalam gambaran sederhana berikut. Pernahkah Anda didatangi SPG? Pada perusahaan rokok, kebanyakan SPG bersifat musiman, dimana mereka datang pada satu event, menawarkan produk dengan berbagai gaya sampai akhirnya pembeli tertarik dan membeli. Sampai di situ tugas mereka, sementara parameter evaluasi terhadap kinerja pasukan SPG rokok ini hanya berdasar tingkat penjualan yang mereka capai pada event bersangkutan.

Berbeda dengan SPG susu bayi yang biasa Anda jumpai ketika Anda berbelanja di supermarket. Mereka tidak hanya menjelaskan pada Anda secara ilmiah apa yang menjadi keunggulan susu bersangkutan, kenapa bayi Anda harus mengkonsumsi susu merek tersebut dan lain sebagainya. Mereka juga mencatat data pribadi Anda, yang setelah beberapa minggu dan bulan Anda akan dihubungi secara pribadi untuk memastikan adakah Anda masih menggunakan susu merek bersangkutan.

Bila beberapa kali Anda dihubungi dan Anda masih menggunakan merek susu tersebut, biasanya SPG bersangkutan akan menyambangi Anda secara pribadi, memastikan produk susu tersebut memang digunakan langsung di rumah Anda. Dan mereka siap dengan sebuah hadiah kecil sebagai ucapan terimakasih karena Anda setia dengan produk mereka. Di saat ini pula Anda akan diminta mengisi quisioner untuk memberi masukan soal produk.

Parameter keberhasilan dari pasukan SPG susu bukan berhenti sampai pada titik terjualnya susu yang mereka tawarkan. Tetapi sejauh mana kesanggupan mereka dalam membangun hubungan positif dengan konsumen dan menciptakan pelanggan setia.

Anda bisa lihat perbedaan pemasaran dan penjualan dari dua contoh di atas. Pada contoh pertama SPG rokok, itulah penjualan. Sedang pada SPG susu, inilah yang dimaksud dengan teknik pemasaran. Meski pada SPG susu penjualan juga menjadi titik parameter keberhasilan, tetapi target mereka tidak berhenti di situ, mereka masih harus menemukan sebanyak mungkin pelanggan setia untuk produk mereka.

Dengan gambaran di atas, kami harap  kini Anda menjadi lebih mudah untuk memahami perbedaan pemasaran da penjualan?

sumber gambar: vanillasoft.com

Artikel Bisnis Pilihan

Memahami Perbedaan Pemasaran Dan Penjualan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Memahami Perbedaan Pemasaran Dan Penjualan