Memahami Lebih Baik Perencanaan Pemasaran

Pahami Lebih Baik Perencanaan PemasaranPerencanaan pemasaran atau marketing plan merupakan satu dokumen yang menggambarkan formula dari langkah pemasaran perusahaan. Dalam marketing plan Anda akan menemukan beberapa informasi terkait seluruh upaya dan teknik yang akan dijalankan perusahaan terkait fungsi pemasaran dan pencapaian tujuan pemasaran secara teknis mendetail.

Tujuan dari penyusunan perencanaan pemasaran adalah memberi kejelasan  atas langkah-langkah yang akan diambil secara mendetail untuk dapat mencapai target-target pemasaran yang sudah ditentukan untuk satu periode.

Biasanya memang perencanaan pemasaran dibuat dalam satu periode tertentu seperti tahunan, lima tahunan, triwunanan sampai bulanan. Tiap periode panjang akan dipecah dalam periode pendek supaya setiap perencanaan sesuai denga setiap situasi terkini yang terjadi. Karena bisa jadi dalam satu tahun saja, terjadi beberapa situasi yang berbeda yang menuntut pendekatan pemasaran yang berbeda.

Misalkan dalam periode satu tahun, ada masa dimana terjadi bulan ramadhan yang membutuhkan pendekatan khusus bertema agamis, kemudian tema liburan di pertengahan tahun atau tema pergantian tahun yang juga membutuhkan pendekatan berbeda.

Perencanaan pemasaran penting untuk disusun supaya perusahaan bisa menjalankan strategi pemasaran dengan lebih teratur, terencana dan sudah melalui riset yang memadai. Sehingga lebih tepat guna menyasar target yang sudah ditentukan. Selain perencanaan ini juga dapat menjadi parameter keberhasilan sebuah sistem pemasaran pada satu periode yang dapat menjadi cermin marketing plan pada periode berikutnya.

Lalu apa saja yang perlu Anda sertakan dalam sebuah perencanaan pemasaran?

  • Informasi produk
    Apa saja produk yang akan masuk dalam program pemasaran, informasi terkait fitur dari tiap produk termasuk kelebihan,kelemahan, peta persaingan serta permasalahan pemasaran dan penjualan yang dihadapi pada periode sebelumnya.
  • Situasi pasar terkini
    Apa saja kondisi terkini dari perusahaan yang bisa mempengaruhi kondisi penjualan dan pencapaian pemasaran. Kondisi terkini dari pasar dan hal-hal yang tengah muncul menjadi trend di pasaran. Misalkan munculnya pesaing baru, situasi menjelang suatu momen seperti lebaran atau akhir tahun, trend-trend yang muncul dan bisa mempengaruhi selera pasar, isu-isu tertentu yang bisa mempengaruhi daya beli dan minat beli seperti masalah krisis ekonomi bisa membuat konsumen mengurungkan niat untuk membeli.
  • Bugdet pemasaran
    Aspek pembiayaan dari aktivitas pemasaran jelas menjadi aspek terpenting dalam sebuah perencanaan pemasaran. Karena budget akan menjadi batasan standar dari seluruh perencanaan. Nilai budget akan menentukan sejauh apa langkah pemasaran akan dikembangkan, termasuk menentukan tingkat prioritas dari seluruh program.
  • Strategi pemasaran
    Apa saja langkah yang akan diambil sebagai upaya menghadapi kendala, permasalahan dan situasi pasar terkini yang muncul termasuk untuk mencapai target pemasaran yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya strategi pemasaran terdiri dari beberapa jenis tahapan, seperti strategi makro yang menggambarkan rencana garis besar dari pemasaran dan diikuti dengan perencanaan mikro yang menggambarkan setiap langkah strategi pemasaran seperti iklan, acara promo, penawaran, penentuan harga dan potongan, kebijakan termin, strategi pemasaran online, penyusunan pemasaran konten dan lain sebagainya.
  • Target pemasaran
    Ini adalah aspek akhir dari perencanaan pemasaran. Di sini ditentukan apa saja yang menjadi target dari marketing plan dalam periode bersangkutan. Gambaran target akan membantu pemasar melihat tujuan dari langkah strategi yang mereka lancarkan sekaligus membantu mereka melihat sejauh mana efektifitas upaya dan perencanaan strategi pemasara yang sudah dijalankan.

Dari gambaran di atas, Anda bisa melihat betapa pentingnya sebuah perencanaan pemasaran bagi sebuah perusahaan. Sama pentingnya dengan sebuah perencanaan bisnis, bahkan sebenarnya marketing plan merupakan salah satu bagian terpenting dari perencanaan bisnis.

Dan untuk bisa menyusun perencanaan pemasaran, Anda perlu mempersiapkan beberapa data , yakni hasil evaluasi hasil rencana pemasaran periode sebelumnya, analisa situasi pasar terupdate, masalah yang mungkin akan dihadapi pemasar dalam periode bersangkutan, dana pemasaran dan target penjualan berikut target pemasukan dari penjualan dalam periode bersangkutan, serta beberapa prioritas dalam fungsi pemasaran yang ingin diutamakan.

Inilah gambaran mengenai perencanaan pemasaran. Marketing plan ini bisa menjadi sangat kompleks pada perusahaan berskala besar dimana produk dipasarkan secara lebih luas dan kadang juga disertai jenis produk yang beragam.

sumber gambar: leadformix.com

Artikel Bisnis Pilihan

Memahami Lebih Baik Perencanaan Pemasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Memahami Lebih Baik Perencanaan Pemasaran