Memahami 7 Fungsi Pemasaran

Memahami Fungsi PemasaranBerdasar Business Dictionary dikatakan bahwa fungsi pemasaran adalah bentuk penugasan untuk membantu perusahaan mengidentifikasi produk yang memiliki potensi terbaik untuk target pasar yang sudah ditentukan. Kemudian juga melakukan promosi dengan memberi sentuhan diferensiasi dari produk sejenis.

Fungsi dari pemasaran secara umum memiliki dua target yakni membentuk citra baik atas produk sesuai dengan harapan perusahaan dan mencapai tingkat penjualan yang sesuai pula dengan angka yang ditentukan perusahaan.

Untuk bisa mencapai target tersebut, fungsi marketing kemudian dijabarkan dalam beberapa detail fungsi. Fungsi pemasaran secara detail bekerja dari hulu ke hilir, dari proses penentuan pasar, penentuan produk, proses produksi, sampai promosi, sampainya produk di tangan konsumen dan pelayanan pasca penjualan. Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah 7 fungsi pemasaran yang kami rangkum dari beberapa sumber.

  1. Fungsi riset pasar
    Pada tahap ini, pekerjaan pemasar adalah melakukan survey, riset dan pencarian informasi lengkap terkait dengan pasar. Pada proses ini pihak pemasaran harus dapat menemukan informasi terkait pasar terbaik untuk suatu jenis produk, produk macam apa yang diharapkan dan dibutuhkan pasar, bagaimana pasar menanggapi produk sejenis yang sudah beredar, daya beli pasar, kapan produk dibutuhkan, bagaimana keinginan pasar akan citra produk, sampai iklan macam apa yang sekiranya dapat mengena pada pasar.
  2. Fungsi penentuan produk
    Beberapa perusahaan sebelumnya sudah menentukan di awal produk apa yang akan dibuat dan dilemparkan ke pasar, tetapi belum sepenuhnya membuat bentuk detail dari produk dan kualitas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Di sini pemasaran berperan membantu perusahaan mendapatkan formula produk terbaik sesuai dengan selera pasar, bahkan termasuk dalam menentukan proses pemilihan bahan baku, proses penentuan produksi, pengemasan dan penyimpanan. Dengan kata lain pemasaran berfungsi memastikan produk bisa sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar dengan turut berperan mengawasi dalam proses produksi.
  3. Fungsi promosi
    Bisa dikatakan ini adalah satu bagian terpenting dari pemasaran dan kerap kali menjadikan kesan inilah tugas utama dari pemasaran. Tidak dipungkiri memang sudah menajdi fungsi pemasaran untuk mempromosikan produk. Proses promosi harus sesuai dengan hasil riset yang sebelumnya sudah dilakukan sehingga proses promosi bisa tepat sasaran mengenai pasar yang di arah. Beberapa perusahaan menerapkan sistem promosi berlapis dengan beberapa metode sekaligus untuk bisa lebih maksimal. Karena pada dasarnya promosi berfungsi untuk membuat produk mendapat perhatian dari pasar, menimbulkan dorongan ingin menggunakan, menciptakan citra dan membangun ketertarikan yang berjangka panjang.
  4. Fungsi kualitas
    Fungsi pemasaran yang satu ini terkait dengan proses untuk memastikan kualitas produk tetap prima ketika produk sampai di tangan konsumen. Proses ini tidak hanya melibatkan bagian produksi dan quality control, tetapi juga bagian pergudangan, bagian pengiriman barang sampai ke bagian penjualan. Memastikan setiap proses menjamin produk tetap dalam kualitas baik, meminimalisir faktor resiko kerusakan produk dan meminimalisir faktor eror seperti keterlambatan dan jaminan kadaluarsa.
  5. Fungsi pencitraan dan penyegaran
    Dalam proses promosi, pencitraan memang sudah dilakukan terkait dengan bagaimana promosi baik melalui program iklan maupun event dan konten otomatis juga memuat pencitraan atas produk. Tetapi pencitraan harus terus dibangun dalam jangka panjang. Kadang beberapa kali pihak pemasaran perlu melakukan langkah survey untuk mengetahui tingkat jenuh pasar, reaksi pasar setelah produk dilepas dalam beberapa waktu. Dan ini menentukan perlukah produk mengalami pembaruan seperti perubahan kemasan, penyegaran dengan formula baru atau malah membuat penyegaran pencitraan.
  6. Fungsi penjualan
    Fungsi yang satu ini bisa dikatakan bagian kunci dari bagian pemasaran. Bahkan dalam beberapa aspek, hasil dari fungsi pemasaran ini menjadi satu parameter dalam menilai keberhasilan pemasaran. Di sini pemasaran berfungsi memastikan produk terjual dan produk mudah dijangkau konsumen. Kadang untuk bisa memaksimalkan penjualan, pemasaran harus membuka sistem pembayaran kredit atau menjalin kerjasama dengan pihak pembiayaan untu membantu kelancaran sistem pembayaran kredit. Di sisi lain pemasaran juga menjadi lini penting yang memastikan lancarnya uang masuk ke perusahaan melalui penjualan.
  7. Fungsi layanan
    Terakhir fungsi pemasaran juga berkaitan dengan masalah pelayanan, baik itu pelayanan informasi akan produk, pelayanan metode pembelian sampai pelayanan pasca penjualan seperti layanan kerusakan dan layanan gangguan. Semakin baik layanan yang Anda berikan akan semakin baik pula kepercayaan yang terbangun antara konsumen dengan perusahaan.

Kini Anda paham bagaimana sebenarnya fungsi pemasaran dalam perusahaan dan peran besarnya dalam perjalanan sukses perusahaan. Jadi jelas sebuah perusahaan tidak bisa mengecilkan peran dari pemasaran dalam memaksimalkan perkembangan perusahaan.

sumber gambar: corcom-inc.com

Artikel Bisnis Pilihan

Memahami 7 Fungsi Pemasaran

1 COMMENT

  1. terimakasih atas artikelnya yang bermanfaat..
    ijinkan saya bertanya, saya akan tinggal di wilayah terpencil yang belum terjangkau sinyal internet. mohon sarannya, strategi pemasaran seperti apa yang sesuai di wilayah yang demikian? karena belum terjangkau sinyal internet, jadi saya pikir susah untuk memperkenalkan produk saya secara lebih luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Memahami 7 Fungsi Pemasaran