Ini dia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran

Desain Sistem Pemasaran Untuk Mendapatkan Konsumen LoyalTahukah Anda apa sebenarnya target dari sebuah sistem pemasaran? Bila selama ini Anda menduga jawabannya adalah penjualan, Anda jelas sudah salah kira. Karena ternyata justru pencapaian terbaik dari sebuah sistem pemasaran terletak pada bagaimana mereka dapat memperoleh sebanyak mungkin konsumen setia.

Bingung? Kalau masih bingung berarti Anda masih harus menelaah kembali perbedaan antara pemasaran dan penjualan. Dalam tulisan saya sebelumnya sudah jelas sekali uraian mengenai perbedaan antara penjualan dan pemasaran. Meskipun serupa namun kedua hal tersebut sangat berbeda.

Untuk sekedar menjual, sistem pemasaran sederhana seperti promosi, pembuatan iklan atau agen penjualan di lapangan dengan mudah akan melakukannya. Tetapi untuk bisa mendapatkan kosumen loyal, pekerjaan dari pemasaran jelas lebih rumit dari itu.

Membangun brand jangka panjang dan mendapatkan konsumen loyal merupakan goal/tujuan dari pemasaran. Hal ini tentu saja lebih kompleks dibandingkan dengan penjualan. Membangun brand meliputi banyak hal mulai dari promosi, produk, target market, penentuan harga jual produk, hingga detail pada desain logo yang memiliki ciri khas dan kekuatan.

Karena karakter konsumen loyal lebih dari sekedar konsumen yang memiliki ketertarikan lebih pada produk Anda. Lebih dari sekedar berminat untuk membeli kembali produk Anda. Konsumen loyal merupakan bagian yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan. Konsumen loyal adalah konsumen yang setia yang sangat puas dengan produk atau layanan Anda, sehingga mereka memiliki antusiasme untuk memperkenalkan produk Anda pada orang lain.

Baca juga: 10 Langkah Penting Agar Logo Bisnis Yang Sedang Anda Bangun Punya Kekuatan Brain Washing

Kriteria Konsumen Loyal Dalam Sistem Pemasaran

sumber gambar: prestashop.com

Kriteria Konsumen Loyal Dalam Sistem Pemasaran

Konsumen loyal memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

  1. Sukarela memberikan umpan balik
    Konsumen loyal bersedia memberikan input positif bagi perusahaan. Bilapun ada koreksi yang perlu mereka sampaikan, akan mereka sampaikan dengan cara baik tanpa maksud merusak nama baik. Justru setiap keluhan yang mereka sampaikan merupakan harapan mereka Anda akan memberikan layanan lebih baik.
  2. Sukarela melakukan rekomendasi
    Konsumen loyal akan memberikan rekomendasi kepada keluarga, kolega dan rekan mereka untuk menggunakan produk dan layanan Anda. Mereka tak akan canggung membagikan kepuasan mereka akan layanan Anda, menceritakannya pada laman sosial media mereka dan memberi review positif untuk produk Anda.
  3. Bersedia memberi bantuan
    Konsumen loyal akan bersedia turut serta membantu perkembangan usaha Anda,membantu mendorong kemajuan usaha bahkan berani turut berperan mengatasi masalah dalam usaha Anda. Mereka bisa jadi akan dengan sukarela membantu konsumen yang kesulitan dengan produk Anda, kesulitan untuk mendapatkan layanan pasca jual, atau justru lebih dari itu, membantu Anda menemukan investor baru untuk usaha Anda.
  4. Mempunyai toleransi
    Konsumen loyal memiliki kemampuan bersabar yang tinggi. Ini adalah tahapan tertinggi keberhasilan sistem pemasaran dalam mendapatkan konsumen loyal, ketika mereka bisa mendapatkan konsumen yang memiliki toleransi terhadap kekurangan produk dan layanan Anda. Mereka masih bersedia menunggu untuk keterlambatan yang Anda lakukan, bahkan ketika satu waktu Anda tidak bisa melayani mereka dengan optimal.

Baca juga: 6 Tujuan Manajemen Pemasaran Yang Harus Anda Ketahui

Desain Sistem Pemasaran Untuk Mendapatkan Konsumen Loyal

sumber gambar: erply.com

Desain Sistem Pemasaran Untuk Mendapatkan Konsumen Loyal

Lalu bagaimana seharusnya sebuah sistem pemasaran dibuat untuk dapat memperoleh sebanyak mungkin konsumen loyal? Beberapa panduan berikut ini bisa membantu Anda.

  • Utamakan pelayanan pasca jual
    Kebanyakan perusahaan memaksimalkan pelayanan sebelum penjualan dengan memasang SPG paling ramah, kemudahan pembelian dan lain sebagainya. Tetapi untuk bisa mendapatkan konsumen loyal, Anda harus membuat mereka terpuaskan dalam jangka panjang. Dan hanya dengan layanan pasca jual yang baiklah Anda bisa memperoleh ini.
    Sediakan jalur untuk bisa setiap konsumen berkomunikasi dengan nyaman pada customer service, seperti membuka channel pelayanan via facebook. Aktifkan akun page facebook dan pastikan ada admin yang selalu siap bertugas untuk menjawab dan segera mengambil tindakan untuk setiap masalah yang diajukan.
  • Pelayanan personal
    Beberapa perusahaan melihat fakta bahwa pendekatan personal adalah cara efektif merebut hati konsumen dengan kuat. Bisa dengan selalu menjawab kritik melalui facebook dengan jawaban personal, menyebut nama dan kadang disertai klarifikasi beberapa hari setelahnya untuk memastikan masalah telah terpecahkan.
    Beberapa perusahaan susu anak menggunakan pendekatan personal dengan mendata konsumen dan menghubungi mereka setiap beberapa periode. Bilamana konsumen masih setia dengan produk tersebut perusahaan akan memberikan reward khusus. Di sini konsumen juga akan dilibatkan untuk membantu merumuskan produk.
  • Layanan previlege
    Previlege adalah konsep pemberian layanan istimewa untuk konsumen dengan kelas tertentu. Beberapa perusahaan memberikan cara ini untuk mencuri perhatian konsumen dan mengembangkan mereka menjadi konsumen loyal.
    Misalkan dengan memberikan diskon khusus bagi konsumen setia ketika mereka akan membeli produk baru keluaran perusahaan. Atau memberikan tawaran bonus untuk konsumen setia berupa potongan harga di beberapa lokasi merchant.
  • Memaksimalkan manfaat
    Satu yang tidak akan terbantahkan adalah ketika produk atau layanan Anda memberikan manfaat yang original. Konsumen hanya bisa mendapatkan manfaat tersebut dari produk atau layanan Anda. Ketika Anda berhasil merumuskan sebuah manfaat yang original seperti ini, maka konsumen akan beranggapan menjadi bagian dari perusahaan Anda adalah sebuah kesempatan baik.

Itulah beberapa sistem pemasaran yang akan memudahkan Anda untuk mencapai target terbesar dari sebuah pemasaran, yakni mendapatkan sebanyak mungkin konsumen loyal untuk perusahaan Anda.

Artikel Bisnis Pilihan

Ini dia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ini dia Pencapaian Terbaik Dari Sistem Pemasaran