Ini Dia 6 Tujuan Pemasaran

Pahami Tujuan Pemasaran AndaSetiap aktivitas manusia selalu memiliki tujuan dan target yang menjadi standar pencapaian, maka demikian aktivitas bisnis dan setiap lini bagian di dalamnya. Dalam bidang pemasaran, juga terdapat beberapa tujuan pemasaran yang menjadi target yang harus dicapai bagian ini untuk mendukung keberhasilan perusahaan. Pencapaian tujuan dari fungsi pemasaran jelas terkait erat dengan fungsi pemasaran yang juga telah kami ulas dalam kesempatan sebelumnya.

Dunia pemasaran memang sudah berkembang menjadi demikian rupa, seiring perkembangan dunia digital, perubahan pola pikir dan kemampuan kritis pasar terhadap produk dan segala aktivitas pemasaran yang terkait dengannya. Namun meski demikian tak lantas menggeser tujuan dan pengertian marketing yang sebenarnya.

Tujuan pemasaran tetap terfokus pada 6 hal yang harus diimplementasikan dalam beberapa fungsi dan teknik pemasaran. Adapun 6 tujuan pemasaran tersebut adalah sebagai berikut :

1. Memahami pasar dan konsumen
Tujuan utama pertama yang perlu dicapai oleh bagian pemasaran adalah memiliki pemahaman yang dalam mengenai pasar dan konsumen yang menjadi target potensial. Memahami peta persaingan, memahami kebutuhan, selera dan keinginan pasar, memahami trend-trend yang muncul serta memahami kondisi dari pasar termasuk di dalamnya daya beli, keterbatasan dan ketertarikan yang dapat mempengaruhi keputusan dalam membeli.

2. Membentuk produk yang sesuai dengan pasar
Penting bagi sebuah perusahaan untuk bisa menciptakan produk yang memang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Seolah produk memang diciptakan untuk konsumen itu sendiri. Tentu saja ini adalah hasil kesinambungan dari tujuan pemasaran pertama yakni memahami pasar. Dari pemahaman pasar inilah, kemudian pemasaran perlu membantu perusahaan dan bagian perancangan produk serta bagian produksi untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan hasil riset yang di dapat.

3. Membangun popularitas positif untuk produk
Tujuan utama dari promosi adalah mendorong produk untuk dikenal dan populer di pasar. Bila produk sudah populer, maka akan dengan sendirinya mendorong pasar untuk tergerak membeli. Cara mendongkrak popularitas bisa dengan berbagai cara, meski cara terklasik adalah dengan pemasangan iklan. Tetapi metod pembuatan konten, mengadakan event khusus yang bisa mendekatkan produk dengan pasar yang menjadi bidikan utama bisa pula menjadi pilihan.

4. Mencapai citra yang ingin dibentuk
Pencitraan adalah satu lagi tujuan pemasaran yang penting dilakukan. Produk perawatan wajah harus mencitrakan kecantikan, produk susu harus mencitrakan kesehatan tumbuh kembang anak, produk elektronik perlu mencitrakan kesan teknologi tercanggih dan tahan lama. Pencitraan bisa dibentuk dengan menggunakan tokoh idola sebagai brand image, bisa pula dengan mengadakan propaganda melalui event, iklan dan konten. Kadang pencitraan juga bisa dimaksimalkan dengan pelayanan pasca penjualan yang optimal.

5. Penjualan itu sendiri
Tidak dapat dipungkiri bahwa penjualan adalah target utama dari tujuan pemasaran. Setiap bagian dari pasukan pemasaran bergerak bersama demi bisa meningkatkan tingkat penjualan perusahaan. Jadi jelas penjualan adalah satu tujuan utama dalam prose pemasaran. Biasanya perusahaan sendiri akan menentukan target penjualan untuk tahun berjalan, target pemasukan kas dari penjualan dan total permintaan yang diharapkan dari total pasar yang ada atau biasa disebut market share. Target-target ini yang kemudian menjadi satu rujukan dalam pencapaian bagian pemasaran sepanjang tahun.

6. Kepuasan konsumen
Tujuan pemasaran yang terakhir adalah kepuasan. Penjualan yang terjadi hanya akan menjadi keuntungan sesaat bila tidak terjadi kepuasan. Artinya untuk tiap penjualan yang terjadi, diharapkan ada feedback yang bisa menjadi nilai lebih dari penjualan. Baik itu trstimoni yang bisa berimbas mendorong penjualan lain dari konsumen yang lain atau setidaknya pembelian kembali dari konsumen yang sama. Pencapain tertinggi dari pemasaran adalah ketika konsumen sepenuhnya terpuaskan, menjadi setia terhadap produk dan perusahaan dan memilih untuk tidak berpindah dari produk perusahaan.Bahkan ketika satu atau dua kali mereka mengalami masalah terkait produk yang mereka beli, mereka bukan berhenti menggunakan produk perusahaan tetapi memberi kritik dan saran membangun untuk perusahaan. Dan dari kesetiaan inilah perusahaan bisa mendapatkan mesin pemasar otomatis yang sukarela mendorong munculnya konsumen baru.

Demikian tadi 6 tujuan pemasaran yang perlu menjadi target setiap tenaga pemasar dalam perusahaan. Pencapaian terbaik dari bagian pemasaran akan berperan besar dalam meningkatnya perkembangan perusahaan menuju titik yang lebih baik.

sumber gambar: boundless.com

Artikel Bisnis Pilihan

Ini Dia 6 Tujuan Pemasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ini Dia 6 Tujuan Pemasaran