Contoh Strategi Pemasaran Yang Sudah Tidak Kekinian

Contoh Strategi Pemasaran Online Yang Sudah Tidak UpdateDunia pemasaran memang harus selalu berkembang. Sejalan dengan perkembangan dari dunia teknologi dan dunia internet yang semakin mengglobal. Tetapi bukan hanya itu yang relevan dengan bagaimana menentukan strategi pemasaran yang terbaik dan tepat dengan perkembangan masa kini atau kalau boleh menculik sedikit bahasa anak sekarang, kekinian.

Ada banyak contoh strategi pemasaran yang bukannya tidak cocok dengan perkembangan globalisasi. Tetapi tidak lagi sesuai dengan perkembangan pola pikir kekinian. Maksudnya terkait dengan pemahaman dan cara berpkir masyarakat sekarang.

Bahkan ketika Anda menggunakan internet sebagai media promosi online, Anda tetap harus waspada terhadap strategi pemasaran yang tidak update.

Karena seiring dengan perkembangan akses internet dan bagaimana cepatnya segala sesuatu berkembang menjadi konsumsi viral, maka masyarakat juga turut berkembang menjadi lebih kritis, lebih berani bersuara dan lebih sensitif untuk membuktikan sendiri fakta yang Anda ajukan. Akses untuk mndapatkan informasi juga menjadi demikian mudah, termasuk dengan mudahnya pasar mendapat akses rekomendasi sekaligus akses informasi negatif mengenai produk Anda.

Jadi beberapa contoh strategi pemasaran yang mungkin 5 -10 tahun lalu masih dipandang relevan dan mampu menggiring pasar tak lagi mampu bekerja dengan efektifitas yang sama. Di masa itu, internet baru saja dikenal masyarakat, konsumsi penggunaa internet baru sekitar 20 – 30 % saja dari total pasar. Dan kesadaran bahwa dunia internet juga memberi kemudahan untuk manipulasi informasi belum tinggi sebagaimana sekarang.

Di era kekinian, kebanyakan orang sadar mereka merupakan objek yang dengan mudah untuk dimanipulasi. Mereka juga sudah memahami dengan baik adanya gerakan bawah tanah yang bertujuan menggiring pasar pada kecenderungan tertentu melalui informasi viral. Dan yang lebih hebat, pasar juga membalas dengan memberikan informasi “benar” untuk membentuk opini baru yang kadang sukses membanting produk sampai ke dasar.

Itu sebabnya coba kembali lirik strategi pemasaran Anda, bisa jadi memang ada yang perlu Anda ubah dan modifikasi seperti beberapa contoh strategi pemasaran berikut.

Contoh Strategi Pemasaran Online Yang Sudah Tidak Update

  1. Pemasaran bayaran
    Di awal dunia internet merajalela, di dunia bawah tanah atau dalam pergaulan internal pebisnis online, muncul pasar rekomendasi bayaran. Bahkan muncul pasar pay perclick untuk memutar iklan dan merekomendasikan ke pasar dengan bayaran. Juga muncul pasar follower bayaran. Kini pasar general sudah mengenal trik-trik yang mungin 5 – 10 tahun lalu masih sangat relevan. Kini pasar lebih mencari rekomendasi tulus, hingga referensi dari blogger independen akan suatu produk berdasar pengalaman mereka, referensi dari real customer selalu lebih dipercaya dari pada berbayar macam ini. Ketimbang mengeluarkan biaya lebih untuk mendapat rekomendasi bayaran, lebih baik siapkan budget besar untuk customer service yang maksimal via online, hidupkan page Facebook dan instagram Anda, dan tampung tiap keluhan dan permintaan konsumen dengan komunikasi dua arah secara personal. Ini akan mendatangkan rekomendasi yang lebih tulus dari sekedar berbayar.
  2. Perlakuan massal
    Di masa lalu, beberapa produsen menggunakan sistem email massal untuk melemparkan penawaran via email. Atau ide yang kerap dianggap sebagai spammer lain seperti tagging foto pada facebook. Alih-alih mendapatkan pasar, bisa jadi Anda malah menumpuk haters. Jadi alihkan cara lama ini dengan menggunakan layanan yang sifatnya lebih personal. Misalkan dengan membuka grup khusus pada facebook. Untuk tiap konsumen yang sudah membeli produk Anda, tawarkan untuk join dengan grup Anda. Lemparkan penawaran khusus untuk member grup supaya mereka tertarik. Manfaatkan akun social media lain yang memang lebih mewadahi kebutuhan share promo seperti instagram atau path. Kadang ide penawaran personal yang dilempar via message masih bisa Anda gunaka dengan syarat jangan lupa sebut nama atau apapun yang mensinyalkan Anda mengenali konsumen Anda secara personal.
  3. Fokus pada promosi
    Jangan berasumsi bahwa pasar akan selalu mencari Anda. Karena itu, konsep lama dengan menggunakan page, akun atau blog Anda sebagai wadah promosi belaka tak akan relevan lagi. Kebanyakan orang mulai jengah dengan promosi yang selalu saja muncul di page one. Orang bukan butuh iklan tetapi informasi, jadi singkirkan pemikiran cari gampang dan mulai dengan itikad baik berbagi informasi. Informasi ini akan menggiring orang datang dan membaca. Dari sanalah mereka mengenal, memahami dan mulai menyadari membutuhkan produk Anda. Kalau Anda hanya ingin cara mudah untuk berjualan, lebih baik gunakan saja portal jual beli. Karena sekarang mereka yang membuka internet untuk berbelanja sudah pasti memilih pergi ke sana ketimbang mencari via google.

Ingat dengan satu peribahasa lama “satu hal yang pasti adalah perubahan”? Maka setiap perkembangan jaman di saat itulah muncul perubahan lain yang menyusul. Sebagaimana beberapa contoh strategi pemasaran yang dulu dianggap relevan namun kini dinilai tak lagi kekinian.

sumber gambar: blog.baffaro.com

Artikel Bisnis Pilihan

Contoh Strategi Pemasaran Yang Sudah Tidak Kekinian

Contoh Strategi Pemasaran Yang Sudah Tidak Kekinian