Contoh Riset Pemasaran Sukses Dengan Akun Kaskus

Contoh Riset Pemasaran Sukses Dengan Akun KaskusPastinya Sahabat PoBis mengenal Kaskus, salah satu forum online terbesar di Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas contoh riset pemasaran yang sukses dengan memanfaatkan akun Kaskus. Belakangan memang ada demikian banyak forum jual beli yang berfungsi tak ubahnya dengan portal. Tetapi salah satu portal forum komunikasi yang masih berjaya hingga kini meski harus berjuang ditengah gempuran itu adalah forum Kaskus. Dan menariknya hingga kini Kaskus masih bisa dijadikan sebagai media pemasaran yang menguntungkan.

Dan kali ini saya akan mencoba memaparkan satu contoh riset pemasaran yang difokuskan pada menemukan cara terbaik untuk meningkatkan hasil penjualan dengan melakukan riset pemasaran via Kaskus. Salah satu cara paling tepat membidik pasar dengan cara yang tak pernah usang adalah dengan memanfaatkan forum dalam strategi pemasaran. Contoh riset pemasaran ini akan membantu Anda menemukan trik terbaik menjalankan pemasaran via Kaskus.

Kaskus sendiri adalah salah satu forum terbesar di Indonesia. Lebih dari ratusan ribu akun sudah dibuat dalam forum ini dan saat ini diperkirakan masih ada ribuan akun yang aktif sepanjang harinya didalam portal ini. Jadi jelas memang Kaskus adalah sebuah pasar besar di dunia maya.

Wajib dibaca: Memahami Lebih Baik Perencanaan Pemasaran

Yang menarik dari Kaskus, jumlah anggota  yang demikian besar ini datang dari begitu banyak kalangan dan kelompok. Anda bisa bertemu dengan beragam komunitas penggemar beragam jenis aktivitas dan produk,  beragam pelaku usaha, pebisnis besar dan kecil, freelancer, karyawan, mahasiwa, pelajar, ibu rumah tangga dan lain sebagainya. Belum pula bila kita bicara ragam suku, gender, hobi, dan masih banyak variabel lain.

Jadi apapun bisnis Anda dan apapun yang ingin Anda tawarkan via Kaskus sebenarnya memiliki peluang yang menguntungkan yang sama baiknya di dalam Kaskus. Karena ada pasar yang cukup luas yang siap menampung penawaran Anda. Jadi berdasar contoh riset pemasaran ini, dari sisi potensi jelas Kaskus adalah sebuah ruang pemasaran yang sangat tepat, bahkan bisa dikatakan salah satu yang terbaik di dunia maya.

Hanya saja masih menurut contoh riset pemasaran ini, penting pula Anda melihat bahwa tak lantas dengan sembarang cara Anda bisa mengeruk hasil dari pasar ini. Anda harus mampu menjaring pasar dengan cara yang tepat, membidik dengan teknik yang tepat untuk bisa membuka peluang besar untuk Anda. Dan berikut ini beberapa cara tepat pemasaran dalam Kaskus.

  1. Pastikan thread Anda memikat
    WTS merupakan bahasa forum untuk Want To Sell, atau dengan kata lain Anda menjual sebuah produk baik itu barang atau jasa. Untuk membuatnya Anda harus memenuhi persyaratan tertentu dan memahami tekniknya dengan tepat. Dan beberapa teknik tersebut antara lain :

    • Perhatikan masalah judul
      Judul merupakan gerbang bagi calon klien memasuki thread milik Anda. Mereka tidak akan tertarik pada thread Anda tanpa headline yang memikat sementatar thread Anda akan bersaing dengan deretan thread serupa. Jadi jangan ragu membuka head line yang eksentrik tetapi menjual di bagian judul demi menarik minat.
    • Perhatikan isi thread
      Pembaca thread memang berkepentingan menemukan pelayanan terbaik, namun ada banyak pilihan lain yang siap mereka buka setelah Anda. Mereka tidak akan punya cukup waktu membaca isi thread yang bertele-tele dan sulit dipahami.Gunakan pembeda warna untuk menyampaikan pesan utama dalam thread untuk memudahkan ini tercerna oleh pembaca.
    • Sertakan bukti
      Anda hanya bisa memikat pasar dengan kepercayaan, dan karenanya penting untuk Anda menyertakan bukti hasil kerja Anda di halaman thread. Anda bisa muat beberapa testimoni, beberapa portofolio kerja Anda, blog pribadi Anda sebagai media promosi yang lebih lengkap dan lain sebagainya untuk menguatkan keyakinan pasar Anda bisa dipercaya menggarap proyek mereka atau menjadi penyedia produk yang mereka butuhkan.
    • Perhatikan masalah bumping
      Tidak semua forum mengijinkan sistem bumping, tetapi Kaskus termasuk yang memberi ijin. Justru penting untuk Anda melakukan bumping setidanya 3 kali sehari untuk thread WTS Anda untuk mendapatkan hasil optimal. Bumping yang paling bijak adalah dengan meminta konsumen memberikan testimony, menjawab komentar masuk dan berbagai informasi terkait produk. Bumping membantu Anda mempertahankan posisi thread pada halaman pertama pencarian di Kaskus.
  2. Menjaga keaktifan dalam forum
    Untuk meningkatkan kualitas pemasaran Anda, maksimalkan dengan menjadi lebih aktif dalam forum. Tidak hanya berkutat dalam thread WTS Anda, tetapi juga dalam beberapa thread lain. Anda bisa berkomentar, saling berkirim pesan, mengobrol dan lain sebagainya. Pasang signature yang memamerkn usaha Anda atau langsung terlink ke thread Anda. Maka dengan sendirinya semakin sering pasar melihat promosi Anda.

Dari gambaran di atas, Anda bisa melihat rupanya tak sulit menjalankan strategi pemasaran dalam Kaskus, cukup dengan bermodal ketekunan saja, walau harus diakui cara ini juga akan memakan cukup waktu. Bagaimana gambaran contoh riset pemasaran di Kaskus ini?

sumber gambar: kaskus.co.id

Artikel Bisnis Pilihan

Contoh Riset Pemasaran Sukses Dengan Akun Kaskus

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Contoh Riset Pemasaran Sukses Dengan Akun Kaskus