6 Cara Menarik Pelanggan Untuk Meningkatkan Penjualan

Cara Menarik Pelanggan Agar Membeli Produk KitaBagaimana cara menarik pelanggan? Persaingan bisnis ritel sungguh sangat makin ketat, ditambah dengan kehadiran situs eCommerce. Kehadiran toko-toko online memungkinkan pembeli untuk berbelanja tanpa beranjak dari tempat duduk. Berbelanja kapanpun mereka mau dengan perangkat mobile. Berbagai hal tersebut membuat tantangan bisnis ritel semakin berat.

Karena itu, pengusaha ritel harus memiliki cara menarik pelanggan. Cara-cara yang kreatif dan inovatif akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam menarik perhatian pelanggan. Setelah berhasil mendapatkan perhatian pelanggan, Anda tinggal merubahnya menjadi penjualan.

Berikut Ini 6 Ide Kreatif Cara Menarik Pelanggan:

  1. Buka Toko Didalam Toko
    Beberapa hari yang lalu saya mengunjungi sebuah coffe shop yang didalamnya terdapat space khusus untuk toko buku. Saya juga pernah mendengar hal serupa, yakni sebuah coffe shop yang didalamnya juga ada butik yang menjual aneka pakaian wanita. Sehingga pelanggan bisa sambil santai menikmati kopi sambil berbelanja buku atau pakaian.
    Anda dapat menyewakan toko di dalam toko Anda, sehingga mendapatkan keuntungan dari uang sewa. Atau Anda dapat juga membuat toko di dalam toko Anda sehingga mendapatkan keuntungan ganda dari penjualan.
    Toko didalam toko tidak hanya mendatangkan keuntungan tambahan, namun juga akan berpengaruh terhadap pengalaman belanja konsumen. Dan hal ini tentu saja dapat menjadi salah satu cara menarik pelanggan.
  2. Jual Makanan atau Minuman
    Untuk cara yang kedua ini , Anda harus berhati-hati. Karena makanan maupun minuman yang dijual bisa tumpah mengotori barang dagangan Anda. Pilih makanan dan minuman yang minim resiko.
    Contoh, Jika Anda memiliki toko mainan anak-anak, sementara anak-anak bermain dan memilih mainan. Para orangtua akan bisa sambil bersantai menikmati teh, kopi, dan makanan ringan yang Anda jual. Dalam kasus ini es krim memiliki resiko yang besar, karena anak yang memegang es krim bisa jadi berlarian ke sana kemari dan es krimnya akan memiliki potensi besar tumpah dan mengotori barang dagangan Anda.
  3. Mesin Penjualan
    Sekarang banyak sekali mesin penjualan, tidak hanya menjual permen dan minuman kaleng. Anda dapat membeli satu mesin penjual dan ini dapat meningkatkan penjualan Anda. Tempatkan mesin penjual ini di tempat yang tepat agar dapat menarik perhatian orang, dan membuat penasaran.
  4. Lengkapi Toko Dengan Charging Station
    Sebagaimana kita tahu, orang jaman sekarang tidak bisa lepas dari gadget. Sehingga bila gadget mereka mati karena kehabisan batteray, mereka pasti tidak akan betah berada di suatu tempat dan rasanya ingin segera pulang untuk nge-charge gadget. Sediakan fasilitas untuk nge-charge gadget di toko Anda, agar pelanggan lebih betah. Kelihatannya sepele tapi hal ini terbukti ampuh menjadi cara menarik pelanggan.
  5. Sediakan Hiburan
    Banyak ragam jenis hiburan yang dapat Anda pilih untuk membuat pelanggan terhibur. Tentu saja jika pelanggan terhibur, mereka akan betah berlama-lama di toko Anda, dan meningkatkan penjualan. Menyediakan televisi merupakan cara paling murah untuk menyediakan hiburan bagi pelanggan. Disamping itu Anda dapat secara periodik menyelanggarakan acara hiburan langsung, seperti musik akustik, pertunjukkan boneka, peragaan busana, dan lain sebagainya.
    Sesuaikan jenis hiburan dengan kerakter bisnis Anda, juga sesuaikan dengan target market yang Anda bidik. Dan yang pasti sesuaikan dengan budget.
  6. Membuka Toko Pop-Up
    Apa itu toko Pop-Up? Sebuah toko sementara yang dibuka dalam kurun waktu tertentu di lokasi lain. Tujuannya macam-macam, bisa untuk promosi, menarik perhatian pelanggan, mendatangkan penjualan. Bisa juga pembukaan toko po-up ini dimaksudkan untuk menguji pasar. Toko pop-up adalah cara menarik pelanggan yang paling efektif. Gerai pameran merupakan salah satu contoh toko pop-up.
    Saya lihat yang paling sering membuka toko pop-up ini adalah dealer motor dan mobil. Dealer motor terkadang membuka toko pop-up di tempat tertentu yang dianggap strategis dan belum terjangkau oleh toko mereka.
    Anda juga bisa membuka toko pop-up di mall, pusat perbelanjaan, atau di pinggir jalan utama di kota Anda. Pastikan toko pop-up Anda berhasil dengan memilih karyawan yang tepat untuk ditempatkan di sana, yaitu karyawan yang berpengalaman dan terpercaya.

Banyak cara menarik pelanggan, keenam ide tersebut dapat Anda terapkan untuk dapat menarik perhatian pelanggan, sehingga bisnis Anda dapat menggait lebih banyak pelanggan dan menciptakan penjualan.

sumber gambar: kzero.co.uk

Artikel Bisnis Pilihan

6 Cara Menarik Pelanggan Untuk Meningkatkan Penjualan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Cara Menarik Pelanggan Untuk Meningkatkan Penjualan