Apakah Pengertian Pemasaran Online dan Mengapa Lebih Lebih Baik dari Pemasaran Offline?

Pengertian Pemasaran Online VS Offline MarketingKalau kita perhatikan, makin hari pemasaran online makin mendominasi. Apakah pemasaran online akan “membunuh” pemasaran offline? Ini merupakan pembahasan yang menarik di dunia marketing. Untuk meramaikan khasanah dunia pemasaran, mari kita kupas tuntas pemasaran online vs pemasaran offline ini.

Bicara soal pengertian pemasaran online tak bisa lepas dari sejarah pemasaran itu sendiri. Pemasaran sebenarnya bukan barang baru dalam kehidupan dunia bisnis. Bahkan bisa kami katakan pemasarana adalah satu bagian dari sejarah manusia. Pemasaran sudah ada sejak pertama kali aktivitas perdagangan terjadi dalam kehidupan manusia. Pemasaran pada awal masanya adalah titik pemicu terjadinya perdagangan.

Sejak masa lalu, seseorang sudah melalukan aktivitas pemasaran. Mulai dari memahami kebutuhan dan keinginan pasar, menemukan formula produk yang sesuai untuk pasar sampai bagaimana membawa produk untuk dikenal dan menarik minat pasar sampai akhirnya perdagangan terjadi. Bukankah sampai sekarang pemasaran masih dalam esensi yang sama?

Dalam perkembangannya, pemasaran berkembang menjadi demikian kompleks. Ada banyak tujuan dari pemasaran yang melebar dari esensi awal tadi. Demikian pula dengan teknik pemasaran itu sendiri. Dan salah satu bentuk perkembangan yang terjadi di era serba digital seperti sekarang adalah berkembangnya model pemasaran online.

Secara umum pengertian pemasaran online adalah segala aktivitas pemasaran atas produk yang memanfaatkan media online, yakni dengan menggunakan segala media yang tersedia dalam dunia internet dan digital, termasuk  pula di dalamnya memanfaatkan jaringan telepon selular.

Memahami pengertian pemasaran online tak bisa lepas dari pemahaman mengenai E- marketing, atau pemasaran via elektronik media. Elektronik media secara umum sebenarnya tak berkutat hanya pada dunia internet. Bahkan televise dan radio juga bagian dari elektronik media. Tetapi media internet adalah salah satu perkembangan terbaik yang mampu melebarkan sayap pemasaran dengan sangat optimal namun dalam biaya yang jauh lebih ringan dan metode lain.

Karena satu kali satu data terupload dalam satu media internet, maka dengan mudah data dan informasi ini diakses oleh seluruh dunia. Yang berarti melibatkan lebih dari ratusan juta pengguna internet di seluruh dunia selama 24 jam.

Inilah kenapa kemudian sebagian besar pelaku bisnis tertarik melebarkan sayap pemasaran mereka ke dunia online. Beberapa pendapat bahkan mengatakan nilai ROI dari sistem pemasaran online bisa berkali lebih baik dari metode pemasaran konvensional apapun.

Pasalnya dengan membuka satu jendela untuk pemasaran online sudah membuat bisnis Anda, sekalipun dalam skala kecil, langsung dapat melebarkan sayap bisnis Anda secara mengglobal. Dengan jendela yang sama juga Anda langsung dapat membangun interaksi dua arah dengan konsumen dan pasar potensial bidikan Anda.

Anda bisa memuat informasi yang perlu Anda sampaikan pada konsumen, menemukan kebutuhan konsumen, menjalin komunikasi dengan konsumen secara langsung bahkan personal, sekaligus mendekatkan pemasaran lebih baik kepada pasar potensial Anda.

Ini jauh lebih efektif dari pemasaran konvensional dengan media TV, radio atau majalah. Karena ketika seseorang menemukan sebuah iklan pada media online, sebut saja ketika mereka sedang browsing ada satu website majalah. Mereka bisa saat itu juga mengklik iklan tersebut untuk mendapatkan informasi terkini perihal produk tanpa harus menunda. Sesuatu yang mustahil terjadi dalam media konvensional. Inilah yang dimaksud menjadikan pemasaran menjadi lebih dekat.

Anda bisa melempar pendekatan yang lebih personal dan menariknya meski Anda harus melayani lebih dari ribuan orang, semua tetap tidak mustahil dengan kecanggihan sistem IT dan digital. Sistem pengkodean dan segala pernak-pernik IT lain membuat semua itu menjadi mungkin.

Dengan cara ini, Anda bisa membangun layanan customer service yang cepat, cukup denga sebuah page facebook yang memberi ruang kosumen berkeluh kesah dan Anda tanggapi saat itu juga. Bahkan bisa dengan khusus memasang iklan yang hanya membidik pasar yang sekiraya potensial saja dengan sistem penyaringan pasar.

Ini karena dalam mengembangkan pemasaran online, terdapat beberapa cara yang bisa Anda kembangkan. Seperti penawaran via portal, iklan online dengan beberapa cara seperti pop ads, klik ads dan sebagainya, SEO dan blogging, pemasaran via email, pemasaran via social media, sistem endorsing online, hingga pemasaran konten online dan event promo online.

Pengertian pemasaran online menunjukan ada perkembangan positif dari dunia pemasaran dengan berkembangnya sistem “digital network”. Memberi Anda sebuah ruang lebih baik dalam melancarkan pemasaran Anda dengan lebih efektif dan tetap sasaran.

Namun demikian kehadiran marketing online tidak serta merta menyingkirkan dan “membunuh” pemasaran offline. Keduanya tetap harus disinergikan. Sehingga pernyataan ini merupakan pernyataan yang salah:

Pemasaran Online VS Pemasaran Offline

Pernyataan yang benar adalah:

Pemasaran Online + Pemasaran Offline = Sukses Berbisnis

sumber gambar: softqubes.com

Artikel Bisnis Pilihan

Apakah Pengertian Pemasaran Online dan Mengapa Lebih Lebih Baik dari Pemasaran Offline?

2 COMMENTS

  1. Bagaimana cara untuk bisa ikut setya dalam penjualan popo bayi lain tersebut,bagaimana cara mendapat contact person produced? Terimakasih

    • Popok Bayi Gee Gallery, alamat: Taman Kenari Jagorawi Blok. 4B/16, Puspasari, Citeureup, Kab Bogor, Jawa Barat. Telp: 0858-1011-1633

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Apakah Pengertian Pemasaran Online dan Mengapa Lebih Lebih Baik dari Pemasaran Offline?