Apa Itu Marketing Modern?

Penjelasan Apa Itu Marketing ModernDunia marketing memang bukan ilmu yang bersifat pasti dan paten seperti halnya dengan ilmu fisika atau kimia. Bahkan dunia marketing juga memiliki kompleksitas yang jauh lebih rumit dari pada ilmu keuangan yang mengandung lebih banyak unsur pastinya. Sehingga dalam memahami apa itu marketing, kita perlu juga memahami perkembangan jaman dan kemajuan pola pikir manusia yang terkait di dalamnya.

Karena marketing murni adalah sebuah ilmu dalam mempelajari manusia. Bagaimana pola manusia berpikir untuk menggiring mereka membeli sebuah produk. Dalam marketing, kita tidak bisa mentah-mentah menjadikan penjualan sebagai satu-satunya parameter, tetapi juga bagaimana pasar menindak lanjuti penjualan yang sudah terjadi serta bagaimana pasar melihat produk bersangkutan.

Hanya saja sebagaimana ilmu mengenai pola pikir manusia lainnya, selalu ada perkembangan dan perubahan yang harus diadaptasi setiap saat. Sehingga memahami apa itu marketing di masa lalu bisa menjadi sebuah konsep pemahaman berbeda dengan apa itu marketing di era modern seperti sekarang.

Bahkan lebih dari sekedar ranah konseptual, memahami apa itu marketing dalam era modern juga dijabarkan dalam praktek yang berbeda, pendekatan yang berbeda, target berbeda dan penanganan yang berbeda pula.

Dalam marketing tradisional kita mengenal marketing mix dengan 4P. Lantas apa yang membuat marketing di era modern menjadi berbeda? Situasi, fasilitas dan cara berpikir masyarakat modern yang berubah drastis dibandingkan 10 atau 20 tahun lalu menggiring para tenaga pemasar harus mengerahkan metode berbeda. Dan inilah yang membedakan marketing di era modern dari era sebelumnya.

  • Kemudahan akses informasi
    Di era modern, segala macam akses informasi demikian mudah didapat. Ini membuat setiap calon konsumen tak selamanya membutuhkan tenaga pemasar dan tenaga promosi untuk berceloteh soal produk Anda. Mereka bisa menemukan sederet informasi langsung dari berbagai blog, social media dan forum-forum komunitas yang secara gamblang berbagi pengalaman mereka dengan produk Anda. Jadi justru fokuskan pada kepuasan, minimalkan kesalahan dan upayakan mendapatkan testimony positif sebanyak dan setulus mungkin ketimbang berkutat dengan cara lama mengerahkan tenaga promosi yang menghabiskan biaya Anda.
  • Kemudahan akses pelayanan
    Beberapa tahun lalu banyak konsumen yang menyerah pada nasib ketika terbentur pada ketidak puasan atas suatu produk. Atau ketika mereka menemukan masalah dengan produk mereka, seperti kerusakan, ketidak mampuan dalam pengoperasian dan lain sebagainya. Kini Anda bisa membuat sistem customer service hanya dengan jalur page facebook. Konsumen bisa menyalurkan kekesalan mereka atas produk Anda sekaligus dapat menyampaikan keluhan mereka langsung via PM pada tenaga CS online Anda. Bagi konsumen cara ini lebih praktis, cepat dan memudahkan mereka.
  • Pola pikir lebih kritis
    Selama ini pemasaran konvensional terjebak dalam konsep iklan satu arah. Kini semua informasi via iklan hanya menjadi sebuah basa basi yang tidak selamanya mempan menarik minat konsumen. Pasar membutuhkan bukti nyata, fakta-fakta dan bukan sekedar informasi iklan belaka. Jadi jangan bangun sebuah pemasaran satu arah, karena pasar sudah cukup kritis memahami konsep iklan konvensional. Libatkan konsumen Anda untuk lebih mengenal produk Anda sehingga terbentuk image positif atas produk. Misalkan dengan sebuah page FB yang komunikatif, pameran yang mengajak pasar menjajal dan memberi masukan terhadap produk, demo produk yang akan memberi input positif untuk konsumen.
  • Persempit jarak dengan konsumen
    Pada pemahaman pemasaran konvensional, konsumen kerap dijadikan objek dan merasa memiliki jarak yang demikian jauh dengan pihak produsen dan pengusaha. Kini tidak lagi masanya menjalankan cara ini. Bahkan pejabat negara saja blusukan buat mendapatkan simpati rakyat, maka pelaku usaha juga harus masuk menyelami konsumenya untuk mendapatkan tempat di mata mereka. Bukan lantas Anda harus menjalankan blusukan, tetapi bangun komunikasi dua arah yang positif antara tenaga pemasar Anda dengan konsumen. Tenaga pemasar Anda bukan lagi sekedar SPG alias tenaga penjual, tetapi juga membangun relasi jangka panjang dengan konsumen. Termasuk pula dalam hal meningkatkan kemudahan dalam membeli. Kalau produk Anda mudah diakses oleh konsumen dengan cara termudah maka produk Anda akan semakin cepat pula terjual.

Sedikit kompleks memang ketika kita bicara soal apa itu pemasaran modern. Pemasaran  modern masih soal bagaimana menggiring pasar memberikan nilai positif terhadap produk Anda, bagaimana produk Anda bisa memuaskan kebutuhan pasar dan bagaimana membuat pasar terpikat dengan produk Anda dalam jangka panjang.

Tetapi dengan langkah-langkah yang berbeda, sesuai dengan perubahan situasi, pola pikir dan cara pandang masyarakat modern, dimana pendidikan rata-rata masyarakat semakin tinggi, fasilitas akses informasi yang sudah demikian berkembang dan cara penjualan yang sudah demikian mudah.

sumber gambar: blog.hubspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Apa Itu Marketing Modern?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Apa Itu Marketing Modern?