6 Tujuan Manajemen Pemasaran Yang Harus Anda Ketahui

Tujuan Manajemen Pemasaran Yang Harus Anda KetahuiApa sajakah tujuan manajemen pemasaran? Secara umum dapat dikatakan bahwa manajemen pemasaran adalah bagian dari sistem manajemen yang menjalankan operasional pemasaran, termasuk perencanaan dan segala implementasi pemasaran dengan mengadaptasi beberapa teknik pemasaran dengan konsep usaha dan produk.

Dari gambaran di atas, terdapat setidaknya 5 tujuan manajemen pemasaran yang diarah sebagai titik akhir pencapaian. Dan pada kesempatan kali ini kami akan menggambarkan mengenai apa saja yang dimaksud dengan tujuan-tujuan dari manajemen pemasaran tersebut. Dengan memahami lebih baik apa saja tujuan manajemen pemasaran Anda akan lebih memahami apa saja target serta standar keberhasilan dari manajemen pemasaran.

Sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai tujuan manajemen pemasaran, kita coba ulas terlebih dulu pemahaman mengenai manajemen pemasaran. Manajemen pemasaran adalah bagian dari usaha yang bertanggung jawab dalam pengelolaan beragam fungsi dari pemasaran.

Fungsi pemasaran itu sendiri melibatkan masalah perencanaan, pengorganisasian, mengarahkan, memotivasi, mengkoordinasi dan mengendalikan hingga mengevaluasi dan perbaikan segala hal terkait langkah pemasaran yang dilakukan untuk mencapai beberapa target pemasaran.

Kalau masih bingung baca juga ini: Penjelasan Mengenai Pengertian Manajemen Pemasaran

Secara umum target pemasaran dalam konsep modern akan berkaitan dengan penyampaian informasi dua arah mengenai kemampuan produk dalam memberikan kepuasan bagi konsumen dan segala itikad baik perusahaan dalam memberikan pelayanan.

6 Tujuan Manajemen Pemasaran

Berikut ini adalah 6 tujuan manajemen pemasaran tersebut.

  • Membangun permintaan
    Sebuah produk bisa dibeli di pasaran hanya bila terjadi permintaan. Penawaran baru bisa berwujud sebagai penjualan hanya bila terjadi permintaan. Untuk itu diperlukan upaya untuk mendorong pasar memiliki ketertarikan pada produk. Rasa tertarik dan penasaran akan memicu pasar menjajal produk dan inilah yang akan mendatangkan penjualan.
  • Membangun kepuasan konsumen
    Mendapatka permintaan tak akan cukup bagi perusahaan untuk mencapai target-targetnya. Manajemen harus pula mencari tau bagaimana caranya produk yang sudah terjual akan mampu memuaskan konsumen. Ini artinya manajemen juga harus mampu memahami kebutuhan, keinginan dan bagaimana cara produk mampu memuaskannya. Juga memahami bagaiana estimasi pasar terhadap produk dan bagaimana cara memenuhi estimasi tersebut.
  • Mendapatkan market share
    Pasar selalu dianalogikan dengan bentuk sebuah kue. Dan setiap bagian potongan dari kue adalah satu bentuk dari gambaran market share. Dan salah satu tujuan manajemen pemasaran adalah bagaimana mendapatkan progress positif dari market share produk. Tentu saja harapannya dari tahun ke tahun produk mendapatkan perluasan ukuran dari market share atau peningkatan penjualan dari total pasar potensial yang tersedia. Meski kadang manajemen hanya mentargetkan dapat mempertahankan market share yang sudah mereka peroleh dari periode berikutnya. Ini artinya, penjualan tidak boleh hanya berlangsung sekali dari pembentukan permintaan pertama, tetapi juga terjadi permintaan berulang dan penjualan berulang.
  • Mendapatkan profit
    Tak dapat dimunafikan bahwa target akhir dari sebuah perusahaan adalah keuntungan nominal. Setiap usaha menjadikan standar kesuksesan dari besaran keuntungan nominal yang berhasil mereka peroleh di periode berjalan. Dan inilah yang juga menjadi salah satu tujuan manajemen pemasaran. Bagaimana perusahaan bisa menjual dengan nilai margin optimal dan menghasilkan tingkat penjualan maksimal.
  • Mendapatkan pencitraan sesuai harapan
    Citra adalah bagian penting dari tujuan manajemen pemasaran. Sebagaimana telah kami sampaikan dalam beberapa bahasan mengenai pemasaran. Citra produk dan citra perusahaan perlu menjadi perhatian khusus pemasaran. Karena citra akan memberi efek positif bagi perusahaan baik dari sisi pandangan masyarakat umum sebagai konsumen, dari sisi kalangan pengusaha sebagai mitra, penyedia dana sebagai pihak investor dan kreditur sampai ke tenaga kerja.
    Untuk bisa memuaskan konsumen, perusahaan harus memiliki modal cukup rekanan dan mitra yang mendukung sampai tenaga kerja dengan kemampuan terbaik. Dan yang terbaik hanya akan bekerja pada yang terbaik, karenanya penting mendapat citra terbaik tak hanya sekedar untuk mencapai target penjualan tetapi juga untuk membangun perusahaan secara utuh.
  • Menjaga kelangsungan usaha
    Mempertahankan kelestarian usaha adalah satu bentuk tanggung jawab perusahaan dalam hal ini manajemen dan sudah tentu termasuk pula manajemen pemasaran. Karena pemasaran adalah ujung tanduk dari pencapaian target penjualan, kepuasan dan pencapaia target profit, maka pemasaran sangat berperan dalam urusan pendapatan dan pemasukan. Sedang tanpa pemasukan sebuah usaha tak akan mampu menggerakan roda usaha.

Inilah 6 buah tujuan manajemen pemasaran yang perlu Anda pahami. Dengan mengenali keenam tujuan tersebut, Anda akan memahami apa saja yang menjadi objektif dari bagian pemasaran dan apa pencapaian yang harus dikejar.

sumber gambar: selasar.com

Artikel Bisnis Pilihan

6 Tujuan Manajemen Pemasaran Yang Harus Anda Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 Tujuan Manajemen Pemasaran Yang Harus Anda Ketahui