5 Ragam Jenis Konsep Konsep Pemasaran

Konsep Konsep Pemasaran berbasis inovasiKonsep konsep pemasaran memiliki banyak ragam, kali ini kita akan kupas 5 konsep pemasaran yang dapat Anda aplikasikan pada bisnis Anda. Konsep pemasaran adalah bagaimana sebuah rencana pemasaran detil dengan segala strateginya dibuat. Dan untuk membuat konsep pemasaran, sebuah perusahaan harus menyesuaikan antara produk, karakter dari produk, manfaat dengan pasar yang akan menjadi target.

Sebagai dasar, mungkin Anda perlu membaca artikel berjudul Apa Itu Marketing Modern? Sehingga aplikasi konsep konsep pemasaran dalam artikel kali ini dapat Anda jalankan dengan lebih optimal. Selain itu Anda juga harus melihat Contoh Strategi Pemasaran Yang Sudah Tidak Kekinian agar strategi pemasaran yang Anda rancang tidak ketinggalan jaman.

Kalau strategi Anda ketinggalan jaman, itu artinya bisnis Anda juga akan berada dibelakang para kompetitor yang telah menerapkan strategi yang telah disesuaikan dengan kondisi kekinian.

Selanjutnya perkuat konsep konsep pemasaran Anda dengan mempertajam pemahaman Anda mengenai marketing konten dan cara membuatnya efektif. Sekali lagi efektifitas adalah satu hal penting lain yang tidak bisa Anda hindarkan. Sebuah strategi yang bagus haruslah efektif, baik dari segi budget, maupun dari segi capaian target, dan ujungnya juga efektif terhadap pembangunan brand dan peningkatan penjualan.

Dan berikut ini adalah 5 konsep pemasaran yang bisa menjadi ilustrasi nyata untuk Anda memahami dengan lebih bagaimana seharusnya menyusun konsep konsep pemasaran untuk perusahaan Anda.

Baca juga: Pahami Kesalahan Penentuan Harga Dalam Contoh Konsep Pemasaran

5 Ragam Jenis Konsep Konsep Pemasaran

 

  1. Konsep pemasaran berbasis produk

Konsep Konsep Pemasaran berbasis produk

sumber gambar: samsung.com

Konsep pemasaran jenis ini mengedepankan keunggulan dari produk itu sendiri. Kekuatan produk sebenarnya bisa menjadi sangat beragam, jadi tak selamanya keunggulan produk akan selalu berkisar pada urusan kualitas. Kadang kualitas boleh saja pada skala rata-rata, tetapi dijual dengan harga yang lebih miring.

Produk otomotif tertentu lebih digemari justru bukan karena produknya yang unggul soal kualitas, tetapi karena ketika produk mengalami kerusakan, konsumen dengan sangat mudah mendapatkan onderdil karena onderdilnya tidak mutlak menggunakan jenis onderdil tertentu dari merek original.

Sedang sebuah produk kerajinan unik dari satu daerah memiliki keunggulan produk karena keunikan dan originalitasnya. Konsep pemasaran dari produk menjadi kuat berkat produk ini sulit digantikan dengan produk lain.

Baca juga: Beberapa Cara Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Rumahan

  1. Konsep pemasaran berbasis inovasi

Konsep Konsep Pemasaran berbasis inovasi

sumber gambar: fronesys.com

Sebenarnya, ide dari konsep pemasaran ini bisa jadi adalah bentuk pengembangan dari konsep pemasaran berbasis produk. Di sini bukan produk yang menjad fokus, tetapi kelebihan inovasi dan keberanian akan ide yang membuatnya berbeda dan mudah menguasai pasar.

Masih ingat dengan ide brilian ojek online? Ketika pertama kali muncul ide ini terbilang unik, berani dan berbeda. Tak semua orang memiliki ide untuk menggunakan layanan online berbasis aplikasi mobile untuk sebuah jasa ojek. Tetap keberanian dalam inovasi inilah yang membuatnya dengan demikian cepat menjadi kuat di pasar.

Inovasi tak selamanya bergantung pada ranah teknologi. Inovasi bisa muncul dari kreativitas produk, kreativitas pengemasan, sampai kreativitas promosi dan kreativitas kerjasama. Bahkan juga keberanian menjajal cara yang belum pernah diambil orang lain sebelumnya.

Sebuah perusahaan channel video online membangun kerjasama dengan perusahaan televisi nasional untuk membuat sebuah channel online di dalam laman. Ini membuat mereka yang menggilai tayangan di televisi tersebut dengan mudah mengakses setiap tayangan tunda dari laman video. Dan menjadi cara praktis mendatangkan viewer bagi laman channel video mereka.

Baca juga: Mengapa Anda Harus Menggarap Peluang Bisnis Dengan Segmen Konsumen Wanita

  1. Konsep pemasaran berbasis konsumen

Konsep Konsep Pemasaran Berbasis Konsumen

sumber gambar: green-umbrella.biz

Beberapa perusahaan melihat ide menjadi yang terbaik dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen adalah konsep pemasaran termatang dan terbaik yang bisa dibuat. Ini berdasaran pandangan bahwa faktanya produk dibuat untuk konsumen, dan pemasaran dibuat untuk menjual produk seabadi mungkin. Jadi apa cara terbaik selain memuaskan konsumen?

Dan hasilnya adalah sebuah ide unik dan berani dari facebook untuk selalu menyiapkan layanan yang berkembang pada keleluasaan pengguna untuk mengekspresikan diri dalam setiap komentar mereka sepersonal mungkin. Membatasi viewer dari timeline dengan seleluasa mungkin dan memudahkan pengguna mengakses kebutuhan mereka dengan iklan serelevan mungkin bagi pengguna.

Baca juga: Pengertian Pemasaran Iklan Dan Pemasaran Konten

  1. Konsep pemasaran berbasis image

Konsep Konsep Pemasaran Berbasis Image Konten

sumber gambar: lynda.com

Rokok merek A diciptakan untuk membangun image sebagai rokok kalangan eksekutif sedang rokok B justru diciptakan untuk image kalangan muda. Dan demi ini, rokok A sengaja menjadi promotor sebuah acara musik jazz yang notabene adalah musik kalangan eksklusif, sedang rokok B akan menjadi promotor bagi acara festival band rock.

Image yang dibangun membentuk pola pikir alam bawah sadar pasar bahwa mereka yang berjiwa muda dan bebas akan keren dengan menghisap rokok B dan mereka yang kini tengah menjajaki bisnis atau meniti karier profesional mereka akan merasa lebih mantap dengan menghisap rokok A. Inilah konsep pemasaran berbasis image.

Baca juga: 10 Tips Untuk Kamu Yang Ingin Memulai Bisnis Dari Usia Muda

  1. Konsep pasar berbasis layanan

Konsep Konsep Pemasaran Berbasis Layanan

sumber gambar: customerthink.com

Layanan kadang justru menjadi kekuatan terbaik dari konsep pemasaran atas suatu produk. Produk sebenarnya sama saja dengan produk lain yang Anda temukan di tempat lain, tetapi ketika konsumen terpuaskan dengan pelayanan yang ramah, cepat dan efektif, siapa yang tidak akan terpikat.

Dan rupanya justru ide konsep pemasaran berbasis layanan ini kerap kali bisa menjadi lebih sukses dari konsep pemasaran lain, karena sifatnya menjadi lebih personal. Itulah yang kemudian membuka jalur pemasaran dengan sosial media, dimana admin akun bisa berkomunikasi dua arah secara postif dengan setiap konsumen, melayani setiap komplain dan menerima setiap masukan dengan efektif.

Juga muncul konsep layanan personal lain yang berbasis jaringan seperti MLM, keagenan, dropship, reseller yang mendekatkan produk dengan konsumen secara personal. Bagi kebanyakan konsumen, membeli via online dengan penjual yang tidak dikenal bisa menjadi meragukan dibanding membeli dengan tetangga sendiri kan?

Bagaimana pendapat Anda soal konsep konsep pemasaran di atas? Masih ada banyak ide dan konsep pemasaran lain yang bisa muncul di dunia bisnis. Setidaknya 5 ide di atas masih bisa menjadi inspirasi untuk Anda.

Artikel Bisnis Pilihan

5 Ragam Jenis Konsep Konsep Pemasaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 Ragam Jenis Konsep Konsep Pemasaran