Peluang Usaha Penitipan Anak Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Usaha Penitipan AnakUsaha penitipan anak kian hari tumbuh menjamur, tidak di kota besar maupun kota kecil. Pertumbuhan bisnis penitipan anak tentu saja dikarenakan permintaan pasar yang tinggi. Hampir semua orang yang berumah tangga tentu mempunyai anak.

Namun, tidak semua orang yang mempunyai anak memiliki waktu untuk menemani anaknya sepanjang hari penuh. Desakan kebutuhan ekonomi membuat banyak pasangan, baik suami maupun istri, keduanya bekerja seharian. Apalagi di kota besar, jam kerja ditambah kemacetan begitu menyita waktu, sehingga orang tua tidak memiliki kesempatan untuk mengasuh anaknya sendiri.

Oleh karena itu, usaha penitipan anak memiliki prospek yang cerah lantaran target pasarnya sudah jelas. Segmen pasar dari usaha ini tidak jauh beda dengan segmen usaha laundry kiloan, yaitu pasangan suami-istri yang bekerja, sementara di rumahnya tidak ada pengasuh atau anggota keluarga lain yang dapat dimintai tolong untuk menjaga anaknya.

Memulai usaha penitipan anak bukanlah hal yang sulit dan dapat Anda mulai dengan modal relatif kecil. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan berkaitan dengan kenyamanan anak dan kenyamanan orang tua yang menitipkan anaknya. Disamping itu Anda juga harus memperhatikan faktor keamanan.

Untuk memberi nilai tambah bagi usaha penitipan anak tersebut, Anda dapat menambahkan beberapa layanan jasa yang dapat memberi keunggulan bagi usaha Anda. Layanan jasa tambahan ini dapat menjadi senjata tambahan bagi Anda dalam menghadapi kompetisi yang makin ketat dalam usaha jasa penitipan anak.

Beberapa layanan jasa yang dapat Anda tambahkan, diantaranya:

  1. Layanan antar jemput ASI bagi ibu menyusui,
  2. Fasilitas webcam yang memungkinkan orang tua memantau si kecil,
  3. Laporan perkembangan anak setiap bulannya,
  4. Perbadingan jumlah anak dan jumlah pengasuh kalau bias sesedikit mungkin,
  5. Ruangan yang aman dan nyaman dengan desain interior yang cocok dan disukai anak-anak.

Teknik Usaha Penitipan Anak

Untuk memulai usaha tempat penitipan anak pertama-tama Anda harus menyiapkan tempat atau ruangan yang nyaman dan aman bagi anak-anak. Renovasi ruangan adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Pastikan ruangan bersih, tidak ada dinding yang lembab, sirkulasi udara dan cahaya cukup baik, jangan ada nyamuk dan serangga yang dapat mengganggu anak. Gunakan cat dinding dan perabotan yang non toxic, instalasi listrik yang aman, dan tidak ada perabotan yang bersudut tajam. Sediakan juga toilet untuk anak, wastafel yang mudah dijangkau, dan lantai tidak licin.

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam usaha penitipan anak, diantaranya:

  • Tempat tidur dan boks bayi
  • Perlengkapan tidur
  • Meja dan kursi anak
  • Rak buku atau loker
  • Rak tempat menyimpan mainan
  • Rak tempat menyimpan peralatan makan
  • Beberapa mainan anak, seperti: lego, puzzle, mainan angka dan huruf, mainan alat rumah tangga, buku cerita, kaset CD untuk anak, mainan edukatif dari balok kayu
  • Pengasuh yang terlatih dan sabar untuk mengasuh anak.

Memulai Usaha Penitipan Anak

Agar bisnis penitipan anak dapat berjalan dengan baik, maka sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa hal, semacam rencana bisnis. Syukur-syukur bila Anda dapat membuat sebuah bisnis plan yang lengkap. Ini merupakan kunci sukses dalam menjalankan usaha tempat penitipan anak.

Beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai usaha penitipan anak, diantaranya:

  1. Manajemen yang baik
    Sebuah usaha tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila tidak didukung dengan manajemen yang baik. Manajemen yang baik meliputi beberapa aspek, seperti pengelolaan keuangan, pengelolaan sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan lain-lain.
  2. Lengkapi tempat bermain
    Dunia anak adalah dunia bermain. Anak akan merasa betah dan senang jika tempat usaha Anda dilengkapi dengan banyak mainan. Akan lebih baik jika Anda menambahkan unsur edukasi dalam permainan tersebut.
  3. Izin usaha
    Banyak pengusaha yang memandang remeh legalitas usaha. Padahal legalitas usaha merupakan unsur penting karena tanggung jawab Anda sangat besar, yaitu menjaga anak orang. Semua orang tua pasti menginginkan anaknya dititipkan di tempat yang benar-benar dapat dipercaya.
  4. Keamanan
    Ini merupakan hal paling penting dalam menjalankan usaha penitipan anak. Segala hal harus selalu mempertimbangkan faktor keamanan. Ciptakan keamanan dengan baik melalui berbagai prosedur, seperti melarang orang lain masuk ke dalam ruangan penitipan anak kecuali karyawan. Kemanan yang ketat ini bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.
  5. Promosi
    Produk yang baik, keamanan dan kenyamanan yang Anda ciptakan tidak aka nada artinya jika tidak menghasilkan penjualan. Karena itu untuk menghasilkan penjualan, Anda harus melakukan promosi atas usaha penitipan anak yang Anda rintis tersebut. Promosi dapat dimulai dengan memanfaatkan relasi, teman, kenalan, keluarga, dan tetangga untuk menginformasikan usaha Anda dari mulut ke mulut.
    Akan semakin baik lagi bila Anda membuat penawaran kerja sama dengan kantor-kantor atau perusahaan tertentu. Beri layanan tambahan atau diskon khusus bagi karyawan kantor tersebut.

Analisa Usaha Penitipan Anak

Investasi Awal

  • Pembelian mainan dan tempat tidur: Rp 5.000.000,-
  • Renovasi: Rp 2.500.000-,
  • Total Modal Awal: Rp 7.500.000

Biaya Operasional

  • Gaji 2 orang Baby Sitter: Rp 1.800.000,-
  • Listrik: Rp 100.000,-
  • Total Pengeluaran: Rp 1.900.000,-

asumsi: 10 anak per bulan dengan biaya Rp 500.000,- per bulan

Omset

10 anak x Rp 500.000 = Rp 5.000.000,- per bulan

Keuntungan

Omset – Biaya Opersional = Rp 5.000.000 – Rp 1.900.000 = Rp 3.100.000,-

Break Even Point

Modal Awal / Keuntungan = 7.500.000 / 3.100.000 = 2,4 bulan atau 73 hari (pembulatan)

Catatan: analisa usaha penitipan anak tersebut diluar biaya sewa tempat dan hanya untuk jasa penitipan anak berskala kecil.

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Penitipan Anak Lengkap Dengan Analisa Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Penitipan Anak Lengkap Dengan Analisa Usaha