Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal

Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan BawalIndonesia memang diberkahi peluang bisnis agro atau agribisnis yang sangat besar. Beragam jenis usaha tanaman, peternakan dan perikanan dapat berkembang dengan baik di Indonesia. Dan inilah alasan agribisnis akan selalu menjadi pilihan usaha dengan modal kecil  yang sangat potensial untuk Anda jalankan.

Salah satu yang menarik untuk Anda jalankan adalah usaha budidaya ikan bawal. Dari sisi investasi bisnis perikanan cenderung sangat memikat. Usaha ini tidak membutuhkan banyak usaha untuk proses produksinya. Namun demikian bisa memberi Anda hasil yang berkali lipat dari modal awalnya yang juga relatif ringan.

Meskipun sebagian besar usaha jenis agribisnis merupakan usaha yang cocok dijalankan di pedesaan, namun Anda di perkotaan tetap bisa menjalankannya. Anda dapat mempelajari usaha di pedesaan dengan menilik Contoh Dan Jenis  Usaha Yang Cocok Di Pedesaan. Dengan lahan yang tidak seluas di pedesaan, usaha budidaya ikan bawal bisa dijalankan dengan menggunakan kolam terpal.

Jenis usaha budidaya ikan bawal memang tidak sepopuler ikan lele, ikan mas atau ikan gurame. Pasarnya tidak seluas jenis ikan yang lain, tetapi belakangan mulai memiliki tempat di pasaran. Ikan ini dianggap memiliki rasa mendekati gurame dengan harga yang lebih miring. Ukuran ikan juga bisa lebih kecil sehingga cocok untuk sajian perporsi, berbeda dengan gurame yang cenderung lebih besar sehingga disajikan dalam menu kelompok.

Dengan ikan bawal menjadi jenis substitusi di pasar, membuat permintaan atas ikan jenis ini mulai perlahan menanjak. Apalagi ikan bawal ini juga memiliki sejumlah kelebihan bila dibandingkan dengan jenis ikan lain sehingga akan cukup menarik untuk Anda kembangkan sebagai usaha budidaya, kelebihan ikan bawal tersebut antara lain :

  • Lebih cepat tumbuh besar sehingga masa panen juga berlangsung dalam periode yang lebih pendek.
  • Jenis ikan yang lebih bandel dan tahan terhadap penyakit lebih baik, termasuk terhadap kondisi lingkungan yang kurang baik.
  • Merupakan jenis omnivora atau jenis pemakan segalanya. Memiliki nafsu makan yang hingga ikan bawal dapat mencapai berat yang tepat ketika dipanen nantinya.
  • Rasa daging gurih dengan tesktur cukup lembut, cenderung hampir setara dengan kualitas ikan gurame.

Cara Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal

Lalu bagaimana cara usaha dengan modal kecil  dalam budidaya ikan bawal? Mari kita mulai dari usaha 1 kolam untuk budidaya ikan bawal. 1 kolam ukuran besar bisa Anda tebarkan bibit sampai 1000 ekor. Dari proses penebaran benih ini Anda nantinya bisa panen sampai kisaran 120 kg kurang lebih.

Bibit sendiri biasanya dijual seharga Rp 20 ribuan per kilonya atau sama dengan kisaran 1000 ekor. Sedang nantinya pasca panen, 1 kilo ikan bawal bisa dibandrol sampai Rp 20 ribuan perkilo. Yang artinya bisa mencapai kisaran omset Rp 2,4 juta.

Untuk bisa melakukan panen dengan hasil sesuai harapan. Anda hanya harus memastikan kolam sudah siap untuk disebarkan benih. Untuk itu kolam sebaiknya dibersihkan dulu setelah panen sebelumnya. Dikeringkan setidaknya sekitar 5 hari untuk kemudian Anda isi air dan diamkan selama 5 hari. Masa 5 hari kedua ini akan emmbantu mengembalikan biota dalam air untuk membantu tumbuh kembang ikan kecil menjadi besar.

Biasanya para pelaku usaha perikanan nantinya akan memberikan pakan pada ikan bawal berupa limbah rumah tangga, teri rencah, udang kecil dan pelet ikan. Semakin baik asupan protein yang Anda berikan semakin baik kualitas dan bobot ikan nantinya.

Beberapa pelaku usaha perikanan juga menggunakan asupan dedaunan jenis tertentu seperti talas dan kangkung cincang untuk menambah bobot bawal di masa menjelang panen. Konon dedaunan ini membantu ikan membentuk lebih banyak massa otot. Masa pemeliharaan ini biasanya akan memakan waktu sekitar 3 bulanan.

Lalu bagaimana setelah masa panen? Adakah cara untuk memastikan ikan terjual dengan optimal?

Tentu saja ada, Anda hanya harus melakukan promosi atau kerjasama untuk membantu memastikan ikan siap tertampung begitu Anda panen. Misalkan dengan bekerja sama dengan pihak produsen makanan dengan bahan bawal. Anda bisa pilih restoran sampai kaki lima. Kadang ide mencari pengepul ikan juga bukan ide buruk. Atau Anda juga bisa bekerja sama dengan beberapa penjaja ikan tawar di pasar-pasar tradisional.

Anda dapat menerapkan Strategi Dan Cara Pemasaran Ikan Lele yang terbukti jitu. Silakan klik tautan tersebut untuk mempelajarinya.

Satu catatan penting ketika Anda mulai menjajal usaha modal kecil satu dengan budidaya ikan bawal ini. Jangan sampai ikan yang Anda panen belum siap tertampung oleh pasar. Karena ikan jenis yang mudah rusak dan membusuk, jadi kepastikan ikan sudah siap ditampung akan membantu Anda memastikan usaha dengan modal kecil Anda tidak jatuh merugi.

sumber gambar: ragambudidaya.blogspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Usaha Modal Kecil Dengan Budidaya Ikan Bawal