Peluang Usaha Butik Baju Rumahan Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Usaha Butik Baju RumahanPeluang usaha butik baju biasanya dijalani oleh kaum perempuan meskipun tak sedikit juga kaum pria yang terjun dalam bisnis ini. Bagi kamu hawa, menekuni bisnis butik bisa diibaratkan sebagai menekuni hobby yang dibayar. Coba saja perhatikan, wanita mana yang tidak gemar dengan fashion. Pengin bukti? Coba ajak ke mall, pasti betah berjam-jam berkeliling mall untuk melihat bermacam model fashion. Meskipun endingnya yang dibeli hanya satu, itupun baju yang dilihatnya pertama tadi.

So, kalau ada wanita yang ingin terjun mengembangkan peluang usaha butik, itu adalah hal yang tepat. Karena salah satu pertimbangan dalam memilih jenis bisnis adalah sesuatu yang menjadi minat atau hobby, atau keahlian. Jadi kalau di bidang fashion ini kaum hawa sudah memiliki semacam “instink”.

Seperti kisah Hesti Djatmiko yang sukses menekuni bisnis baju anak berawal dari hobby tembus ekspor. Jika belum membaca silakan klik tautannya. Anda dapat belajar banyak hal dari kisah perjalanan bisnis Hesti yang ditulis dalam artikel tersebut. Dia bercerita panjang lebar mulai transaksi pertama yang diterimanya, hingga resiko-resiko dan kejadian tidak menyenangkan yang harus dialaminya juga. Itulah namanya bisnis, ada suka ada duka.

Sebelum lebih jauh mengarungi peluang usaha butik baju rumahan, Anda harus menentukan terlebih dahulu jenis butik seperti apa yang Anda inginkan. Berikut ini beberapa jenis butik yang dapat Anda jadikan referensi:

  1. Usaha Butik Online. Dapat dimulai dengan modal kecil, nyaris nol rupiah seperti yang pernah dimuat dalam tulisan berjudul Cara Memulai Bisnis Online Baju Tanpa Modal. Langsung saja klik, dalam tulisan tersebut dijelaskan 5 poin penting yang harus Anda perhatikan sebagai cara memulai bisnis baju online.
  2. Usaha Butik Rumahan. Dikerjakan di rumah dengan memanfaatkan salah satu space di rumah Anda. Tips sukses peluang usaha rumahan, langsung saja klik, di sana ada 6 tips berguna agar Anda sukses dalam menekuni bisnis rumahan. Selain itu tulisan itu juga dilengkapi dengan 20 pilihan peluang usaha rumahan yang menjanjikan untuk dijalani di tahun ini.
  3. Usaha Butik Muslimah. Untuk butik yang satu ini, pangsa pasarnya sudah pasti tertarget dan sangat potensial. Pojok Bisnis sudah pernah mengulasnya sebagai Peluang Usaha Jilbab Dan baju Muslim Lengkap Dengan Analisa Usahanya. Silakan klik dan dapatkan informasi lengkap, diawali dari cara memulai usaha butik muslimah hingga perhitungan analisa usahanya.
  4. Usaha Butik Batik. Batik merupakan salah satu warisan tradisional Indonesia yang diakui UNICEF. Baju batik semakin populer sejak ada peraturan seragam batik seminggu sekali di instansi pemerintah, dan diikuti beberapa perusahaan swasta. Jika ingin menggeluti bisnis batik terpercaya dengan modal kecil, silakan klik disini.
  5. Dan masih banyak lagi jenis usaha butik rumahan yang dapat Anda kembangkan sesuai kreatifitas.

Seperti tadi sempat disinggung, bahwa dalam bisnis ada suka ada duka. Salah satunya adalah hambatan. Dan yang menjadi hambatan utama dalam peluang usaha butik baju rumahan adalah: banyaknya butik atau gerai fashion yang sudah terkenal. Mereka para pelaku bisnis butik yang memiliki modal besar, mampu mendapatkan supply dengan harga yang lebih murah, melakukan promosi dengan gencar, terkadang menyewa model yang sudah terkenal, lokasi usaha di tempat strategis. Pendek kata, kita yang modalnya pas-pasan sangat mustahil bisa mengalahkan dominasinya.

Lantas, bagaimana cara menghadapinya? Pojok Bisnis pernah memuat tulisan Cara Menarik Pelanggan Untuk Meningkatkan Pelanggan.Silakan klik dan baca. Dalam artikel tersebut dijelaskan 6 ide kreatif yang dapat Anda terapkan untuk menarik pelanggan.

Selain keenam cara tersebut, Anda harus jeli dalam melihat celah. Temukan celah,  apa yang tidak dimiliki kompetitor, di bagian mana mereka lemah… Nah di sanalah Anda bisa masuk. Saya sudah sering melihat yang seperti ini. Salah satunya, toko kelontong yang terus bertahan, padahal di samping kanan dan kirinya bertengger Indomaret dan Alfamaret. Tapi toko kelontong tersebut tak pernah sepi dari pembeli. Pelajari lebih lanjut hal ini di Strategi Pemasaran yang pernah dikupas mendalam mengenai 6 pilar strategi pemasaran versi Pojok Bisnis.

Kedua, kembangkan konsep yang unik. Unik bisa dari segi produk, tempat, atau target market. Bidik target market yang segmented dan menangkan hatinya. Bermain di ceruk market ini akan memudahkan Anda dalam emnyusun strategi pemasaran yang jitu. Dari segi tempat misalnya, Anda dapat membuat sebuah gabungan usaha antara peluang usaha butik baju dengan usaha kedai kopi atau coffee shop.

Cara Memulai Usaha Butik Baju

Berikut ini langkah-langkah cara memulai usaha butik:

  1. Tentukan Jenis Butik. Tadi diuraikan beberapa jenis usaha butik yang dapat Anda lakoni. Meskipun Anda sudah menentukan usaha butik baju, namun Anda harus lebih spesifik lagi, misalnya baju wanita, baju pria, atau baju anak. Bahkan jika Anda memilih baju wanita, pilihan tersebut masih bisa lebih mengerucut lagi, misalnya butik baju dalam atau lingerie, butik baju kebaya, dan lain-lain. Anda harus menentukan jenis butik yang akan Anda jalani secara lebih spesifik. Karena ini nanti akan berhubungan dengan target market dan strategi promosi dan pemasaran yang harus Anda lancarkan.
  2. Supplier atau Desain Sendiri. Bagaimana Anda akan mendapatkan produk baju? Apakah dari supplier atau dengan desain baju sendiri. Jika memiliki kemampuan membuat desain pakaian, maka pilihan kedua merupakan alternatif yang terbaik. Karena dengan desain sendiri, maka sudah bisa dipastikan bahwa produk Anda akan unik. Dan dengan demikian bisa bermain lebih leluasa diantara para kompetitor besar. Tapi jika harus mencari supplier, maka selain mencari supplier dengan harga yang murah, juga pertimbangkan dengan fasilitas retur. Apakah supplier tersebut terbuka bagi Anda untuk retur produk yang tidak laku. Silakan pelajari Cara Mencari Supplier Untuk Bisnis Modal 500 Ribu.
  3. Buat Bisnis Plan. Sekali lagi saya tekankan, apapun bisnis Anda, bisnis plan adalah keharusan yang tidak bisa ditawar. Semakin detail bisnis plan yang Anda buat akan semakin bagus bagi bisnis Anda. Namun jika tidak bisa detail, paling tidak buatlah Bisnis Plan Sederhana seperti yang dicontohkan Pojok Bisnis.
  4. Persiapan Modal. Ingin berbisnis tapi modal cekak? Coba cek Cara Bisnis Yang Sukses Untuk Pemula. Disitu dibahas cara mendapatkan aliran dana tunai dengan cepat, cara untuk menekan biaya, cara untuk meningkatkan keuntungan, dan tujuh cara lain untuk mendukung kesuksesan usaha Anda. Dan jika usaha sudah berjalan dua tahun atau lebih dan ingin mendapatkan pembiayaan, maka Anda harus mulai menyusun strategi mendapatkan pinjaman modal usaha bagi usaha Anda. Ada tiga strategi yang dapat diterapkan, silakan klik tautan dan siapkan alat tulis untuk mencatat poin-poin penting dari strategi tersebut.
  5. Sekali Lagi Mantabkan Strategi Pemasaran dan Promosi. Bila tadi pada poin tiga Anda telah membuat bisnis plan dengan benar, maka didalamnya pasti sudah ada Bab Strategi Marketing. Jika belum ada, maka Anda harus membuat Strategi Pemasaran. Selain itu tambahkan juga strategi promosi. Apa bedanya strategi pemasaran dan strategi promosi? Strategi pemasaran sifatnya lebih ke arah strategi, sedangkan strategi promosi lebih ke arah taktik. Masih bingung? Penjelesan lengkap strategi pemasaran silakan klik disini. Untuk poin-poin yang menjadi strategi promosi, silakan klik disini.

Tips Sukses Peluang Usaha Butik Baju Rumahan

Berikut ini beberapa tips sukses dalam menekuni usaha butik baju rumahan:

  1. Display Menarik. Cara memajang baju dagangan alias display memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan usaha butik. Buat display yang rapi dan menarik. Display harus:
    – membuat konsumen betah,
    – mudah menemukan barang,
    – menggoda, ada dua cara menggoda. Pertama dengan koleksi produk baru yang cantik. Kedua dengan harga promosi yang menggiurkan dan terlalu sayang untuk dilewatkan.
  2. Jaga Kebersihan. Kebersihan harus dijaga mulai dari tempat parkir, halaman, ruangan, hingga kebersihan produk. Jangan sampai ada debu yang hinggap di rak display, apalagi produk. Baju-baju harus selalu terjaga kebersihannya.
  3. Model Harus Selalu Up to Date. Dalam peluang usaha butik baju rumahan, ini tidak bisa ditawar-tawar lagi. Model baju harus selalu up to date! Selalu ikuti trend fashion tanah air maupun trend fashion internasional.
  4. Kelola Stock Dengan Baik. Masih berkaitan dengan model baju yang harus up to date. Jaga stock! Produk stock lama jangan biarkan terlalu lama bertahan di dalam butik. Stock lama segera keluarkan melalui program diskon atau program promo. Pelajari cara membangun sistem manajemen gudang yang benar.
  5. Go Online. Hari gini, bisnis fashion belum go online?!!! Gerai fashion sebesar Matahari saja sempat kebakaran jenggot, hingga akhirnya mereka dipaksa untuk go online. Apalgi kita pemain kecil! Fashion menduduki peringkat pertama dalam pangsa pasar online, sebagai salah satu produk paling laris dan paling banyak dicari. Jadi kalau Anda akan melewatkan peluang berharga itu jika tidak go online. Penting untuk memperhatikan cara bisnis baju online yang benar agar Anda terhindar dari beberapa kesalahan yang biasa dilakukan dalam pemain bisnis online pemula.

Analisa Usaha Butik Rumahan

Modal Awal

  • Renovasi eksterior dan interior: Rp 10.000.000,-
  • Rak dan perlengkapan Display: Rp 5.000.000,-
  • Belanja dagangan awal: Rp 10.000.000,-
  • JUMLAH Rp 25.000.000,-

Biaya Operasional

  • Gaji Pegawai 2 orang : Rp 2.000.000,-
  • Belanja barang: Rp 8.000.000,-
  • Kantong plastik dan lain-lain: Rp 500.000,-
  • Promosi: Rp 500.000,-
  • JUMLAH: Rp 11.000.000,-

Omset/Pendapatan

Aswumsi penjualan hari biasa Rp 500.000,- per hari, penjualan hari Sabtu-Minggu Rp 1.000.000,- per hari.

= (Rp 500.000 x 22 hari) + (Rp 1.000.000 x 8 hari)

= Rp 19.000.000,-

Laba Bersih/Keuntungan

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 19.000.000 – Rp 11.000.000

= Rp 8.000.000,-

BEP (Break Even Poin)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 25.000.000 / Rp 8.000.000

= 3.12 bulan = 94 hari

Perhitungan analisa usaha butik baju rumahan tersebut bertujuan untuk memberi gambaran mulai dari modal yang diperlukan hingga perkiraan profitnya. Angka dapat berbeda, tergantung pada konsep butik yang diinginkan. Keunggulannya jika menggarapnya sebagai peluang usaha butik rumahan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat.

sumber gambar usaha butik baju rumahan: talknesia

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Butik Baju Rumahan Lengkap Dengan Analisa Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Butik Baju Rumahan Lengkap Dengan Analisa Usaha