Prospektif Peluang Usaha 2016

Prospektif Peluang Usaha 2016Bagaimana peluang usaha 2016? Bisnis apa saja yang memiliki prospek menjanjikan di tahun 2016? Sebagaimana Sahabat PoBis ketahui, dunia bisnis terus berjalan seiring dengan perkembangan waktu. Tren-tren bisnis terus berkembang mengikuti permintaan pasar.

Banyak orang mencoba peruntungan dengan memulai bisnis atas dasar permintaan dan peluang tersebut. Sebagian diantara mereka ada yang sukses, sementara sebagian yang lainnya menemukan kegagalan. Kesuksesan dan kegagalan tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah bagaimana menangkap dan memahami kebutuhan pasar, dan mengimplementasikannya ke dalam ide bisnis yang terencana dengan baik.

Di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang tengah lesu, ada beberapa peluang usaha yang akan membawa keuntungan di tahun 2016 ini. Ditambah dengan kenyataan bahwa tahun ini ASEAN akan memulai Free Trade Area. Tentu saja hal ini akan menambah peluang usaha dan tantangan bisnis di tahun 2016.

Peluang usaha 2016 masih tetap memiliki prospek bagus, terutama dengan adanya CAFTA dan MEA. Beberapa bisang yang memiliki prospek bagus di tahun 2016 ini diantaranya: bidang kuliner, fashion, otomotif, telekomunikasi, kecantikan dan kesehatan, agribisnis, dan produk kreatif seperti kerajinan/handicraft.

Aneka peluang usaha, silakan klik –>> disini

Berikut Ini Ulasan Singkat Prospektif Peluang Usaha 2016

  1. Peluang usaha produk kreatif. Khusus untuk bisnis kreatif, saat ini telah menjadi perhatian utama sebagian besar dunia karena diyakini bisnis kreatif ini mampu memberikan kontribusi perekonomian secara signifikan. Industri kreatif merupakan industri potensial untuk dikembangkan, mengingat industri ini membutuhkan sumberdaya yang sifatnya tidak terbatas, yaitu berbasis pada intelektualitas SDM.
    Ekspor industri kreatif Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat dan peluangnya semakin besar di pasar dunia. Seperti bidang kerajinan 3,07% dengan rata-rata pertumbuhan 12,4 per tahun.
  2. Peluang usaha bidang kuliner. Peluang usaha makanan masih memiliki prospek bagus, terutama bisnis makanan yang hadir dengan kreasi terbaru dan unik. Selain itu bisnis makanan yang mengedepankan unsur kesehatan juga memiliki prospek yang menjanjikan di tahun 2016 ini.
  3. Peluang usaha fashion. Peluang usaha 2016 berikutnya adalah produk fashion. Saat ini banyak pelaku usaha bidang fashion yang sudah berkembang dengan baik dan sangat kreatif. Sehingga bisa memanjakan pasar dengan berbagai macam pilihan produk mulai dari segmen pasar bawah hingga atas. Nilai kreatif inilah yang membuat bisnis fashion akan terus bergairah dan mampu bersaing ditengah serbuan produk import.
  4. Peluang usaha agribisnis. Di tahun 2016 peluang usaha agribisnis yang booming adalah budidaya sayuran dan buah yang berkualitas untuk pasar eksklusif. Jalur pemasarannya pun bukan lagi pemasaran konvensional, tetapi melalui jalur pemsaran online.
  5. Peluang usaha kecantikan dan kesehatan. Prospek usaha di bidang kecantikan dan kesehatan akan tetap memiliki prospek menjanjikan di tahun 2016 mengingat kesehatan dan ketahun 2016 terutama berkaitan dengan produk herbal, karena masyarakat sekarang lebih memilih mengonsumsi obat herbal karena menyadari khasiat dan keamanannya.
    Begitu juga bisnis pengobatan alternatif seperti pijat refleksi, akupunktur, acupressure. Sedang bisnis kecantikan, tahun 2016 akan sangat diminati yang terkait dengan pelangsingan dan perawatan tubuh, seperti treatment body slimming, rejuvenating, dan skin whitening.

Berbagai pilihan peluang usaha 2016 tersebut dapat dijalankan pelaku usaha dengan beragam variasi modal atau investasi. Mulai modal kecil hingga modal ratusan juta. Menekan biaya modal awal dapat dilakukan dengan memilih usaha yang tidak membutuhkan biaya peralatan besar. Untuk menyiasati hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan jasa maklon di awal usaha.

Dari segi pemasaran, strategi pemasaran konvensional masih diperlukan, namun pemasaran online (terutama media sosial) akan lebih banyak membantu para pelaku usaha. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar produk/jasa UMKM dapat diterima pasar, diantaranya adalah dengan networking, promosi offline dan online, serta meningkatkan desain tampilan dan kualitas.

Pemasaran peluang usaha 2016 dengan menggunakan sistem kemitraan, seperti inti plasma, keagenan, dan franchise/waralaba merupakan pilihan yang tepat untuk strategi pemasaran di tahun-tahun mendatang. Selain promosi online, lakukan juga strategi jemput bola, yaitu dengan mengikuti pameran maupun dengan mengunjungi klien/konsumen potensial.

Konsumen saat ini sudah value oriented, artinya pelaku usaha harus menciptakan barang atau jasa yang memiliki nilai lebih sebagai keunggulan. Tidak hanya itu, pelaku usaha juga harus bisa mengkomunikasikan nilai lebih yang dimilikinya kepada konsumen.

Bagi Sahabat PoBis yang hendak memulai usaha di tahun 2016 ini, dapat mengacu pada 5 peluang usaha 2016 tersebut dan jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan strategi bisnis yang jitu agar mencapai sukses.

sumber gambar: startups.co.uk

Artikel Bisnis Pilihan

Prospektif Peluang Usaha 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Prospektif Peluang Usaha 2016