Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.1)

Peluang Usaha Ternak Lovebird Bagian SatuSahabat PoBis, kali ini saya akan membahas mengenai peluang usaha ternak lovebird secara komplit, karena kebetulan tetangga saya ada yang budidaya lovebird, jadi saya bisa menggali banyak informasi darinya. Burung lovebird merupakan burung yang kicauannya sangat merdu, menyenangkan untuk didengarkan. Lebih menyenangkan lagi jika dijadikan lahan bisnis yang menguntungkan. Keuntungan yang bisa didapat dari usaha budidaya lovebird bisa sangat melejit. Selain suaranya, keindahan bulu burung lovebird juga jadi nilai jual.

Berikut ini informasi komplit peluang usaha ternak lovebird, mulai dari persiapan kandang, teknik pemeliharaan, teknik perjodohan, hingga strategi pemasaran dan promosi. Tidak ketinggalan saya sertakan juga analisa usaha ternak lovebird pada akhir tulisan. Namun karena tulisan komplit ini akan banyak memakan tempat, maka agar Anda tidak jenuh membacanya, saya akan bagi tulisan menjadi dua bagian.

Pada bagian 1 ini kita akan banyak membahas mengenai teknik budidaya lovebird, sedang pada bagian kedua nanti kita sambung dengan analisa usaha ternak lovebird, mulai dari modal usaha ternak lovebird hingga proyeksi keuntungan yang akan diperoleh dari usaha budidaya lovebird.

Baca juga: 5 Contoh Bisnis Modal Kecil Penghasilan Besar

Persiapan Kandang

Dalam proses persiapan kandang peluang usaha ternak lovebird, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Kandang yang sesuai akan menjamin keamanan dan keselamatan burung. Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil untuk menyiapkan kandang burung lovebird, yaitu dengan membeli kandang yang banyak dijual di toko atau dengan membuat kandang sendiri.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kandang burung lovebird:

  1. Tentukan ukuran kandang. Ukuran kandang ini disesuaikan dengan jumlah burung lovebird yang akan dimasukkan.
  2. Perhatikan bahan material. Siapkan material yang kokoh yang tahan terhadap gigitan burung lovebird, seperti galvanum, besi, kawat kuas, kayu keras, dan lain sebagainya.
  3. Tempat kotoran. Buat tempat kotoran dibawah sangkar lovebird agar lebih mudah dibersihkan. Karena jika tidak dilengkapi tempat kotoran, maka Anda akan memasukkan tangan saat membersihkan, hal ini bisa membuat burung Anda stres.
  4. Sediakan tempat makan. Setiap satu pasang lovebird sebaiknya disiapkan 1 tempat makan dan 1 tempat minum.
  5. Buatlah 2 jenis pintu kandang. Pintu pertama tidak terlalu besar, cukup untuk tangan Anda. Fungsi pintu ini adalah untuk memasukkan dan mengeluarkan lovebird. Pintu kedua ukurannya lebih besar, berfungsi untuk memasukkan dan mengeluarkan glodok lovebird. Kedua pintu tersebut hendaknya dilengkapi dengan kancing pengaman.

Teknik Pemeliharaan Usaha Ternak Lovebird

Burung lovebird jantan dan betina memiliki wujud fisik yang sama. Untuk membedakan jenis kelamin lovebird, dilakukan dengan cara meraba tulang. Bila jarak pada kedua tulang supit terasa renggang serta lentur, maka burung lovebird tersebut berjenis kelamin betina. Bila jarak pada tulang supit sempit dan terasa keras, maka lovebird tersebut berjenis kelamin jantan.

Lovebird bisa saja bertelur pada umur 8 bulan. Namun, telur pada umur 8 bulan tersebut seringkali gagal dalam penetasan. Karena pada umur tersebut lovebird belum benar-benar produktif. Kalau toh penetasan telur pada umur 8 bulan tersebut berhasil, biasanya kualitas lovebird yang dihasilkan kurang bagus.

Umur yang bagus untuk produktifitas lovebird adalah 1 tahun. Pada umur tersebut lovebird telah benar-benar siap untuk bereproduksi.

Teknik Perkawinan Lovebird

Lovebird merupakan salah satu tipe burung yang setia terhadap pasangannya. Burung lovebird hanya akan kawin dengan satu pasangan saja. Hal ini berlaku seumur hidup, hingga mereka mati. Karena itu, butuh penanganan khusus untuk usaha ternak lovebird dalam menjodohkan burung lovebird.

Cara menjodohkan lovebird: tempat masing-masing lovebird betina dan lovebird jantan dalam kandang terpisah, tapi letakkan kedua kandang tersebut secara berdekatan. Bila mereka selalu saja berdekatan, maka besar  kemungkinan mereka berjodoh. Sistem ini bisa memakan waktu antara 3-7 hari, namun bisa lebih cepat bila lovebird telah berada dalam masa birahi.

Teknik perjodohan lovebird yang kedua adalah dengan mengumpulkan banyak lovebird dalam satu kandang besar. Sebaiknya lovebird jantan dan betina dalam kandang tersebut berjumlah sama, karena lovebird tidak mengenal poligami. Kemudian amati, bila ada lovebird yang berjodoh, mereka akan masuk ke dalam glodok untuk kawin. Selanjutnya Anda dapat memindahkan pasangan lovebird tersebut ke kandang terpisah.

Teknik Pengeraman Lovebird

Jika lovebird telah mulai kawin, maka secara otomatis mereka akan mencari area untuk bertelur. Karenanya, dalam usaha ternak lovebird Anda harus menyiapkan glodok di dalam sarang sebagai kotak sarang. Siapkan juga alas untuk pengeraman di dasar glodok tersebut.

Di alam bebas biasanya mereka mengumpulkan beragam ranting kecil, tangkai daun, dan semacamnya untuk membuat sarang. Coba tebarkan ranting kecil atau tangkai daun di dasar kandang. Hindari menebar bahan yang masih basah, karena dapat membusuk di dalam glodok. Juga jangan menebar bahan sintesis seperti perat plastik ataupun karet.

Umumnya jumlah telur lovebird mencapai 4-6 butir. Jangan cemas jika lovebird tidak segera mengeram, karena lovebird akan mulai mengeram setelah telur ketiga keluar. Pada saat mengeram, induk lovebird dapat sesekali keluar dari glodok untuk mandi, makan, atau hanya sebatas merentangkan sayap.

Telur lovebird akan menetas setelah dierami selama 21-23 hari. Penetasan telur lovebird akan memakan waktu cukup lama, kurang lebi 24 jam. Hal ini tidak perlu dicemaskan, karena merupakan hal yang alami. Karena memang pada saat proses penetasan tersebut berlangsung berbagai penyesuaian di dalam tubuh anak lovebird.

Sebaiknya kita tidak turut campur dalam proses penetasan tersebut. Karena turut campur manusia dalam proses penetasan lovebird dapat mengakibatkan anak lovebird tumbuh tidak normal atau cacat.

Masih ada teknik budidaya lovebird di bagian dua. Juga jangan ketinggalan untuk menyimak analisa usaha ternak lovebird, mulai dari modal usaha ternak lovebird hingga potensi keuntungan yang akan diraup dari peluang usaha ternak lovebird.

Bersambung ke bagian 2…

sumber gambar: gacormania.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Ternak Lovebird (bag.1)