Peluang Usaha Tanaman Hias Cantiknya Memikat

Peluang Usaha Tanaman Hias Cantiknya MemikatKali ini kita akan membahas peluang usaha tanaman hias lebih spesifik pada bisnis persewaan tanaman hias. Karena potensinya masih sangat terbuka lebar dengan banyaknya kantor, gedung, dan instansi yang tidak sempat lagi dan tidak memiliki karyawan khusus untuk mengurus keindahan dan suasana asri di dalam ruangan mereka.

Selain itu jasa sewa tanaman hias juga biasa digunakan pada event atau acara tertentu. Biasanya event organiser akan menggunakan jasa rental tanaman hias untuk acara-acara yang mereka selenggarakan, seperti pesta pernikahan, seminar, dan berbagai acara lain yang membutuhkan hiasan ruangan yang asri.

Modal yang dibutuhkan untuk mengembangkan peluang usaha tanaman hias terbilang kecil. Hanya saja membutuhkan sedikit keahlian atau pengetahuan tentang budidaya tanaman hias. Apabila belum memiliki keahlian budidaya tanaman hias, Anda dapat membaca berbagai literatur tentang tanaman hias yang bertebaran di toko buku sambil bertanya-tanya pada orang yang sudah ahli tentang budidaya tanaman hias. Atau bisa juga mengikuti pelatihan budidaya tanaman hias.

Jika Anda sudah memiliki keahlian dalam budidaya tanaman hias, langkah selanjutnya adalah menyediakan stok tanaman hias yang cukup dalam beberapa jenis dan ukuran. Sebab, dalam peluang usaha tanaman hias ini, tidak semua konsumen memiliki permintaan pesanan yang sama.

Anda dapat mencari tahu mengenai jenis tanaman yang paling laku dengan menggali informasi dari pelaku usaha jasa sewa tanaman yang sudah lebih dulu daripada Anda. Biasanya tanaman yang paling sering disewa adalah jenis tanaman berdaun indah (dracaena), palem-paleman, adenium, aglaonema, anthurium, serta tanaman bunga seperti krisan.

Baca juga: Kisah Sukses Bisnis Tanaman Hidroponik Berawal Dari Hobi

Strategi Pemasaran dan Promosi

Peluang usaha tanaman hias menjadi prospektif seiring dengan perkembangan bisnis properti di Indonesia. Bukan hanya perkantoran, bank, dan rumah sakit saja yang membutuhkan. Namun juga hotel dan apartemen juga membutuhkan jasa rental tanaman hias. Karena itu jika Anda sudah memiliki usaha jasa sewa tanaman hias, lakukanlah promosi yang efisien untuk mendatangkan pelanggan.

Berikut ini beberapa strategi pemasaran dan promosi peluang usaha jasa rental tanaman hias:

  • Buatlah brosur dan proposal. Siapkanlah brosur dan proposal yang menarik membgenai layanan usaha sewa tanaman hias Anda. Proposal haruslah terlihat profesional, singkat, dan jelas, disertai dengan gambar yang menarik. Hubungi pengelola gedung yang baru berdiri. Meski mungkin mereka sudah memiliki langganan, tak tertutup kemungkinan meraka akan mempertimbangkan penawaran Anda. Apalagi jika penawaran Anda lebih menarik.
  • Buatlah website. Membuat website adalah salah satu cara untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
  • Pasang iklan di koran. Jangan ragu untuk beriklan mengenalkan dan memasarkan produk Anda. Pasang iklan di koran lokal, pilih hari yang efektif untuk memasang iklan.
  • Bangun jaringan di sosial media. Tak dipungkiri, media sosial memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat modern. Sehingga membangun jaringan sosial media merupakan cara yang tepat dan jitu untuk menjalin hubungan dengan konsumen secara gratis.
  • Ikutilah pameran. Pameran tanaman hias merupakan ajang promosi dan penjualan yang bagus. Dalam pameran, pihak penyelenggara akan melakukan banyak promosi untuk mengundang konsumen agar berkunjung. Jika Anda menyewa salah satu stand pameran, maka bukan hal yang mustahil gerai Anda juga akan dikunjungi banyak calon konsumen.

Baca juga: Peluang Usaha Ternak Lovebird

Analisa Usaha Tanaman Hias

Berikut ini analisa peluang usaha tanaman hias sebagai gambaran awal bagi Anda yang hendak terjun di bisnis sewa tanaman hias, angka dalam analisa usaha ini mungkin sedikit berbeda.

Modal usaha tanaman hias

  • Pembelian berbagai tanaman hias: Rp 2.700.000,-
  • Alat perawatan tanaman (gunting tanaman, penyiram tanaman, pot bunga, dan lain-lain): Rp 700.000,-
  • Lain-lain: Rp 100.000,-
  • TOTAL: Rp 3.500.000,-

Biaya Operasional Usaha Tanaman Hias per bulan

  • Pupuk, sekam, dan perawatan: Rp 500.000,-
  • Gaji karyawan: Rp 1.000.000,-
  • Transportasi: Rp 300.000,-
  • Pemasaran: Rp 100.000,-
  • Lain-lain: Rp 100.000,-
  • TOTAL: Rp 2.000.000,-

Omset

Sewa tanaman hias per event Rp 150.000 x 15 event = Rp 2.250.000,-

Sewa tanaman hias bulanan Rp 750.000 x 3 kantor = Rp 2.250.000,-

Total omset per bulan Rp 4.5000.000,-

Keuntungan per bulan

Omset – Operasional = Rp 4.000.000 – Rp 2.000.000 = Rp 2.000.000,-

Break Event Ponit

Modal/Keuntungan = Rp 3.500.000 / Rp 2.000.000 = 1,75 bulan = 53 hari (pembulatan dari 52,5)

Semoga tulisan mengenai peluang usaha tanaman hias tersebut dapat memberi Anda gambaran untuk mulai menekuni usaha sewa tanaman hias.

sumber gambar: vanarista.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Tanaman Hias Cantiknya Memikat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Tanaman Hias Cantiknya Memikat