Peluang Usaha Pet Shop Makin Menggemaskan

Peluang Usaha Pet Shop Makin MenggemaskanBagaimana gambaran peluang usaha pet shop, Sahabat PoBis? Memiliki hewan peliharaan menjadi sebuah tren tersendiri akhir-akhir ini. Bahkan bagi sebagian orang, hewan peliharaan sudah dianggap layaknya anggota keluarga. Karenanya tak heran bila hewan peliharaan diperlakukan sebagaimana anggota keluarga lainnya. Tak sedikit orang yang rela menyisihkan uang dalam jumlah besar hanya untuk mengurus hewan peliharaan.

Kecintaan orang terhadap hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, membuat mereka rela untuk mengeluarkan biaya dalam jumlah yang cukup besar untuk memenuhi berbagai kebutuhan hewan peliharaan. Berbagai kebutuhan hewan peliharaan, seperti makanan, kandang, mainan, baju, aksesoris, shampo, dan lainnya, dapat dijumpai di pet shop.

Usaha pet shop bukan hanya tempat penjualan perlengkapan hewan peliharaan, biasanya pet shop dilengkapi dengan usaha penitipan hewan, dan perawatan hewan peliharaan. Karena itu sebaiknya, sebelum memulai bergelut dalam peluang usaha pet shop, pastikan diri Anda memiliki kecintaan terhadap hewan peliharaan. Dengan demikian Anda dapat menikmati perkerjaan dan sekaligus menyalurkan hobi Anda.

Umumnya usaha pet shop merupakan jenis usaha one stop service, artinya semua layanan dan kebutuhan yang berkaitan dengan hewan peliharaan tersedia di sana. Semakin lengkap semakin bagus. Jadi usaha pet shop Anda sebaiknya juga menyediakan semua produk berkaitan dengan hewan peliharaan, seperti jual beli hewan peliharaan, salon perawatan hewan, tempat penitipan hewan, menjual makanan hewan, menjual aksesoris dan mainan untuk hewan peliharaan.

Bacaan Wajib: Panduan Lengkap Cara Merintis Usaha Baru

Selanjutnya Anda harus menentukan jenis hewan peliharaan yang dapat Anda layani. Dewasa ini orang-orang memelihara berbagai jenis hewan, bahkan beberapa diantaranya masuk kategori “aneh” untuk dijadikan hewan peliharaan. Anda tidak dapat melayani segala macam hewan peliharaan tersebut, sebaiknya Anda fokus pada satu atau dua jenis hewan peliharaan. Hewan peliharaan paling lazim adalah anjing dan kucing.

Modal usaha pet shop tergolong tidak mahal. Berkaitan dengan modal ini, Anda dapat menyesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Memulai Peluang Usaha Pet Shop Ini?

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda persiapkan dalam upaya memulai usaha pet shop:

  1. Tempat yang memadai. Anda harus memiliki tempat yang cukup luas untuk jasa penitipan hewan. Lengkapi tempat usaha Anda dengan berbagai fasilitas pemeliharaan hewan tersebut. Jangan lupa untuk minta ijin pada tetangga sekitar, karena beberapa hewan peliharaan seperti anjing cukup berisik dan bisa mengganggu kenyamanan tetangga sekitar lokasi usaha.
  2. Saat ini pet shop bersaing dalam menawarkan fasilitas yang dapat memanjakan hewan peliharaan konsumennya. Mulai dari kandang yang nyaman, kolam renang hewan, dan lain-lain. Anda harus kreatif dalam menyediakan fasilitas, sehingga bisa menjadi keunikan dan juga nuilai tambah bagi usaha Anda.
  3. Tenaga kerja profesional. Setiap hewan peliharaan membutuhkan perlakuan yang spesifik. Karenanya Anda membutuhkan tenaga kerja terlatih dan profesional, sehingga dapat memberikan kepuasan pada konsumen. Tidak ada pendidikan formal untuk bisang ini, namun Anda dapat merekrut orang yang pernah bekerja di sebuah pet shop lain, atau Anda dapat melatih sendiri sehingga dapat mencapai standar pegawai yang Anda inginkan.
  4. Jalin kerjasama dengan dokter hewan. Kesehatan hewan peliharaan merupakan hal yang paling penting, dan paling riskan karena hewan peliharaan rentan terhadap serangan penyakit. Sehingga menjalin kerja sama dengan dokter hewan merupakan salah satu hal penting dalam usaha pet shop. Sehingga saat hewan yang dititipkan sakit dapat langsung ditangani oleh ahlinya, tentu saja harus sepengetahuan dan atas ijin pemilik terlebih dahulu.
  5. Biasanya pecinta binatang memiliki komunitas, bergabunglah dengan berbagai komunitas hewan peliharaan. Jalin hubungan baik dengan semua anggota komunitas. Strategi marketing ini akan menghasilkan promosi dari mulut ke mulut yang efektif.

Analisa Peluang Usaha Pet Shop

Modal Usaha Pet Shop

  • Kandang Rp 3.000.000,-
  • Etalase Rp 2.500.000,-
  • Makanan *) Rp 5.000.000,-
  • Perlengkapan Mandi *) Rp 1.500.000,-
  • Aksesoris *) Rp 500.000,-
  • Perlengkapan Lain Rp 500.000,-
  • TOTAL Rp 13.000.000,-
    *) Makanan, perlengkapan mandi, dan aksesoris untuk dijual

Biaya Operasional Usaha Pet Shop Per Bulan

  • Karyawan 2 orang  Rp 1.500.000,-
  • Makanan *)  Rp 3.000.000,-
  • Bahan Perawatan *)  Rp 1.500.000,-
  • Lain-lain  Rp 500.000,-
  • TOTAL  Rp 6.500.000,-

*) makanan dan bahan perawatan untuk hewan yang dititipkan

Omset Usaha Pet Shop Per Bulan

Penitipan hewan: 60 hari x Rp 40.000 = Rp 2.400.000,-

Grooming: 90 hewan x Rp 60.000 = Rp 5.400.000,-

Profit penjualan makanan hewan: Rp 1.500.000,-

Profit penjualan aksesoris dan lain-lain: Rp 1.500.000,-

TOTAL OMSET Rp 10.800.000,-

Keuntungan per bulan: Rp 10.800.000 – Rp 6.500.000 = Rp 4.300.000,-

Break Event Point: Rp 13.000.000 / 4.300.000 = 3,02 bulan, atau 91 hari

Semoga tulisan mengenai peluang usaha pet shop ini dapat membantu Anda. Bisnis paling ideal adalah yang dimulai dari hobi. Jadi apa salahnya merubah hobi Anda merawat hewan peliharaan menjadi sebuah bisnis sukses toh modal usaha pet shop tidak akan menguras kantong Anda dalam-dalam.

sumber gambar: antarafoto.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Pet Shop Makin Menggemaskan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Pet Shop Makin Menggemaskan