Peluang Usaha Mie Ayam Lengkap Dengan Analisa Usaha

Peluang Usaha Mie AyamPeluang usaha mie ayam memiliki prospek yang bagus karena hampir semua orang suka makan mie. Coba saja hitung berapa banyak orang di sekitar Anda yang suka makan mie. Tidak sedikit bukan?! Selain penggemarnya banyak dan dari berbagai kalangan, mie ayam juga selalu cocok dimakan di segala cuaca dan suasana. Panas-panas makan mie ayam pedas, sensasinya sungguh hot… Dingin-dingin makan mie ayam pedas, mantabs menghangatkan suasana.

Berbeda dengan bakmi jawa yang identik sebagai makanan yang pasnya dimakan malam hari. Namun jika Anda ingin membandingkan peluang usaha mie ayam dengan peluang usaha bakmi jawa, silakan klik tautan tersebut yang mengulas secara gamblang peluang usaha bakmi jawa lengkap dengan analisa usahanya.

Apakah Sahabat PoBis juga suka makan mie ayam dan ingin membuatnya sendiri lantas dijadikan sebagai lahan bisnis?Menurut saya itu bisa jadi pilihan tepat buat Anda. Karena cara membuat mie ayam juga terbilang tidak rumit. Disamping itu modal usaha yang diperlukan untuk membuka peluang usaha mie ayam bisa dikatakan tidak membutuhkan modal banyak. Yup, benar… Bisnis mie ayam ini termasuk salah satu usaha modal kecil, bahkan Anda juga bisa menjalaninya sebagai usaha rumahan.

Artikel ini akan membahas peluang usaha mie ayam secara detail dari cara memulai usaha mie ayam, hambatan yang mungkin akan timbul, strategi bisnis, hingga analisa usahanya.

Cara Memulai Peluang Usaha Mie Ayam

Sebagai mana sudah disebutkan sebelumnya bahwa bisnis mie ayam bukanlah bisnis yang rumit. Sebagian besar dari kita pasti bisa melakukannya. Hanya saja mungkin masih banyak yang bingung, bagaimana memulainya.

Berikut ini cara memulai usaha mie ayam:

  1. Riset Produk. Kenapa ini perlu? Karena pelaku usaha mie ayam jumlahnya bejibun. Kemanapun Anda melangkah pasti bisa dengan mudah menjumpai pedagang mie ayam. Jadi Anda harus punya produk yang unggul, bisa dari segi rasa maupun tampilan. Sehingga sebelum lebih jauh terjun dalam usaha mie ayam, sebaiknya Anda melakukan riset untuk menemukan rumusan produk mie ayam yang unggul, khas, dan unik. Test, uji coba pada orang terdekat. Jika banyak yang suka, maka produk Anda sudah siap.
  2. Bisnis Plan. Ini kan cuman bisnis mie ayam? Apa perlu bikin bisnis plan?! Jika Anda ingin bisnis jangka panjang, maka bisnis plan ini adalah keharusan. Paling tidak corat coret bisnis plan sederhana seperti contoh bisnis plan sederhana kedai kopi.
  3. Persiapkan Modal. Anda dapat menggali modal dari berbagai sumber, untuk usaha kecil mikro, biasanya sumber modal berasal dari: tabungan pribadi, menjual aset, pinjam saudara atau teman, dan pegadaian.
  4. Lokasi. Cari lokasi yang sesuai dengan target market yang Anda rencanakan dalam bisnis plan. Pilih lokasi yang strategis. Jika tidak bisa mendapatkan lokasi strategis, maka Anda harus punya strategi jitu agar konsumen mau datang ke warung Anda.
  5. Peralatan. Dalam peluang usaha mie ayam peralatan yang perlu dipersiapkan meliputi peralatan memasak dan perlengkapan penyajian. Meliputi: kompor gas lengkap dengan regulator, selang, dan tabung gas, peralatan masak lain, gerobak, tenda, meja kursi, peralatan makan, dan papan nama.
  6. Siap Eksekusi.

Hambatan Dalam Menjalani Usaha Mie Ayam

Setiap usaha, apapun jenis usahanya, hambatan pasti akan selalu ada. Dalam menjalani peluang usaha mie ayam ada beberapa hambatan yang mungkin akan Anda temui, diantaranya sebagai berikut:

  1. Bahan Baku. Namanya bisnis, kadang ramai kadang sepi. Sementara bahan baku tidak tahan lama. Masalah akan timbul saat belanja persiapan bahan sedikit, ternyata konsumen ramai, mie ayam laris manis. Ini menyebabkan Anda kehilangan omset. Padahal jika saja persiapan belanja bahan memadai dan dapat melayani semua konsumen, maka Anda bisa mendapatkan profit lebih banyak. Ini adalah sebuah kerugian. Dan sebaliknya, ada saat Anda belanja bahan terlalu banyak, ternyata konsumen yang datang hanya sedikiit, dan akhirnya bahan yang sudah dibeli tadi menjadi busuk dan dibuang. Jelas ini adalah kerugian yang nyata. Karena itu Anda harus dapat memperkirakan musim ramai dan musim sepi.
  2. Follower. Ini bukan follower instagram atau twitter yaa… Tapi follower, orang yang meniru produk kita. Sudah hal yang lumrah jika usaha sukses, maka akan banyak follower yang meniru konsep bisnis maupun menu dari usaha yang sukses tersebut. Biasanya untuk mengatasi follower ini adalah dengan selalu melakukan inovasi. Saat sudah mulai banyak yang mengikuti model usaha kita, maka Anda harus bisa mempersiapkan hal baru yang mengejutkan. Baik berupa pengembangan produk, modifikasi menu, maupun strategi marketing yang mengejutkan.
  3. Konsistensi. Menjaga konsistensi terkadang memang tidak mudah. Anda harus menjaga konsistensi rasa dari mie ayam, dan konsistensi layanan terhadap pelanggan. Kehilangan konsistensi artinya sama dengan kehilangan pelanggan. Saya melihat tek sedikit usaha kuliner yang sedikit demi sedikit ditinggalkan pelanggannya karena tidak konsisten menjaga rasa dari menu masakan.

Strategi Bisnis Mie Ayam

  1. Strategi Produk. Sebagian sudah dibahas di poin pertama cara memulai peluang usaha mie ayam. Memiliki produk yang bagus dan unggul bukan berarti Anda harus punya gerai berupa resto yang mewah. Produk yang ungul dalam bisnis kuliner bisa jadi: memiliki cita rasa yang enak, memiliki cara penyajian yang unik, konsep gerai yang unik, dan lain-lain.
  2. Strategi Marketing. Pertama kuasai daerah sekitar lingkungan usaha. Jika perlu buat poster atau selebaran untuk mengenalkan usaha Anda. Buat program yang menarik, seperti: diskon dengan persyaratan tertentu. Jangan ketinggalan untuk merambah dunia online dengan menggunakan media sosial.
  3. Strategi Keuangan. Karena umumnya pelaku usaha mie ayam menjalaninya sebagai salah satu peluang usaha rumahan, maka selain mencatat laporan keuangan, Anda harus memisahkan secara nyata antara uang usaha dengan uang rumah tangga.

Analisa Usaha Mie Ayam

Modal Awal

  • Gerobak: Rp 2.500.000,-
  • Tenda: Rp 1.000.000,-
  • Meja Kursi: Rp 500.000,-
  • Peralatan Masa: Rp 1.000.000,-
  • Peralatan Makan: Rp 500.000,-
  • Papan Nama: Rp 250.000,-
  • Lain-lain: Rp 500.000,-
  • TOTAL: Rp 6.250.000,-

Biaya Operasional

  • Bahan Baku Rp 200.000 x 30 hari: Rp 6.000.000,-
  • Gaji Pegawai: Rp 1.000.000,-
  • Listrik, Air, Gas: Rp 300.000,-
  • TOTAL Rp 7.300.000,-

Omset/Pendapatan

Terjual 50 porsi perhari

= 50 porsi x Rp 8.000 x 30 hari

= Rp 12.000.000,-

Laba Bersih/Keuntungan

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 12.000.000 – Rp 7.300.000

= Rp 4.700.000,-

BEP (Break Even Poin)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 6.250.000 / Rp 4.700.000

= 1,3 bulan = 40 hari

Tertarik dengan usaha mie ayam? Anda tidak salah! Ternyata peluang usaha mie ayam dari segi pangsa pasar memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Dan berdasar analisa usaha juga merupakan usaha yang menguntungkan.

sumber gambar peluang usaha mie ayam: nova.grid.id

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Mie Ayam Lengkap Dengan Analisa Usaha

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Mie Ayam Lengkap Dengan Analisa Usaha