Peluang Usaha Kue Kering Rumahan

Peluang Usaha Kue Kering RumahanUsaha kue kering rumahan merupakan usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga. Karena sebagian ibu rumah tangga memiliki hobi membuat kue kering. Sangat tepat jika hobi tersebut dijadikan sebagai usaha rumahan modal kecil menguntungkan. Apalagi peluang usaha kue kering masih memiliki prospek yang luar biasa.

Usaha kuliner, terutama usaha kue kering memiliki pasar yang sangat luas. Kebutuhan manusia untuk kelangsungan hidup menjadikan usaha yang satu ini paling diminati oleh banyak orang. Jika Anda sering kedatangan tamu, Anda pasti selalu menyediakan kue kering di rumah Anda. Disamping itu banyak acara sosial dan keagamaan yang membutuhkan kue kering sebagai hidangan.

Selain menjanjikan keuntungan yang besar bagi pelakunya, usaha kue kering rumahan juga cukup mudah untuk dipelajari. Lagi pula modal usaha kue kering tidak membutuhkan modal usaha yang besar. Faktor inilah yang menjadikan peluang usaha kue kering rumahan dipilih oleh sebagian besar orang. Terutama pada saat menjelang lebaran, omset usaha kue kering akan mengalami lonjakan yang sangat fantastis.

Meskipun usaha kue kering cukup mudah untuk dijalani, namun Anda tetap harus memiliki perencanaan yang baik sebelum memulai usaha. Mulai dari persiapan modal usaha kue kering, apa saja yang dibutuhkan, dan bagaimana pemasarannya.

Wajib baca: Kunci Sukses Bisnis Kue Kering Dari Ahlinya

Berikut ini beberapa tips usaha kue kering

  1. Tentukan jenis kue. Pertama kali sebelum menekuni peluang usaha kue kering, Anda harus menentukan jenis kue kering yang hendak dijual. Anda dapat mengkhususkan diri pada salah satu jenis kue kering. Jika Anda hendak memproduksi beberapa jenis kue kering, pertimbangkan waktu yang dibutuhkan untuk membuat tiap jenis kue kering. Pertimbangkan juga masalah penyimpanan dan pengiriman kue kering tersebut. Buat harga untuk setiap jenis kue kering dengan pembelian eceran dan pembelian dalam jumlah besar. Penentuan harga harus memperhitungkan beberapa variable, diantaranya biaya bahan, waktu persiapan, overhead bisnis, dan margin keuntungan.
  2. Tentukan target market. Memastikan pangsa pasar merupakan hal yang sangat penting dalam memulai usaha kue kering rumahan. Karena target market yang Anda pilih akan menentukan kualitas kue kering yang Anda buat. Tidak hanya itu desain bentuk kue dan kemasan juga turut dipengaruhi oleh pangsa pasar yang Anda bidik. Market menengah ke atas lebih mementingkan kualitas dan desain yang elegan, sedang pada market low end sentimen harga merupakan hal yang utama dalam pertimbangan membeli.
  3. Lakukan riset mendalam terhadap resep kue kering untuk usaha. Terus lakukan uji coba hingga Anda menemukan resep kue kering untuk usaha yang tepat. Resep untuk usaha yang baik adalah yang memiliki rasa yang cocok untuk lidah kebanyakan orang. Karena itu test resep dengan membagikannya pada keluarga, tetangga, dan teman Anda. Dan mintalah pendapat mereka, jika sebagian besar berkata kurang enak, maka Anda harus mencoba resep lain lagi sampai semua orang mengatakan enak. Kedua, resep kue kering untuk usaha haruslah unik, Anda harus menambahkan karakter pada resep Anda. Dan yang ketiga, resep Anda mestinya juga memiliki nilai ekonomis, semakin murah biaya produksi, berarti margin Anda akan semakin besar.

Jangan terlewatkan: Karakteristik Bisnis Makanan Yang Harus Anda Perhatikan

Strategi Pemasaran Peluang Usaha Kue Kering Rumahan

Ada beberapa strategi pemasaran dan promosi yang dapat Anda lakukan untuk menunjang kesuksesan usaha kue kering Anda.

  1. Pasang iklan di koran daerah dan radio lokal.
  2. Promosi yang gencar melalui media social, seperi facebook, twitter, dan pinterest.
  3. Buat paket produk bundling. Misal, satu paket terdiri dari tiga jenis kue kering, harga paket lebih murah dibanding bila membeli satu satu.
  4. Menjelang lebaran buatlah paket parcel dan promosikan pada perusahaan dan instansi.
  5. Tonjolkan nilai keunikan dari produk kue kering rumahan yang Anda produksi. Keunikan yang khas bisa dari segi rasa, bentuk atau yang lainnya.
  6. Beri kemasan yang menarik dan terkesan eksklusif.
  7. Manjakan konsumen, salah satunya dengan layanan delivery. Bisa juga dengan menerima pesanan jenis kue kering sesuai dengan keinginan konsumen.

Analisa Usaha Kue Kering Rumahan

Modal Usaha Kue Kering Rumahan

  • Mixer 3 pcs Rp 690.000,-
  • Oven 5 pcs Rp 1.750.000,-
  • Loyang 10 pcs Rp 350.000,-
  • Baskom 5 pcs Rp 150.000,-
  • Kompor + Tabung gas 5pcs Rp 1.250.000,-
  • Kemasan Rp 1.000.000,-
  • Bahan Baku Rp 2.500.000,-
  • TOTAL Rp 7.690.000,-

Biaya Operasional Usaha Kue Kering Rumahan Per Bulan

  • Bahan Baku Rp 2.500.000,-
  • Kemasan Rp 500.000,-
  • Tenaga Kerja 2 orang Rp 1.500.000,-
  • Listrik Rp 200.000,-
  • Gas elpiji Rp 100.000,-
  • Promosi Rp 200.000,-
  • TOTAL Rp 5.000.000,-

Omset per bulan: 200 pcs x Rp 40.000 = Rp 8.000.000,-

Keuntungan usaha kue kering: Rp 8.000.000 – Rp 5.000.000 = Rp 3.000.000,-

Break Event Point: Rp 7.690.000 / Rp 3.000.000 = 2,56 bulan = 77 hari

Demikian Sahabat PoBis, tulisan saya berkaitan dengan peluang usaha kue kering rumahan. Semoga analisa usaha kue kering tersebut dapat membantu Anda menghitung modal usaha kue kering dan memperkirakan keuntungan yang didadapatkan dalam usaha ini. Salam sukses!

sumber gambar: manadoline.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Kue Kering Rumahan

2 COMMENTS

  1. Bunda…mohon saran dan masukannya…kita ingin memulai bisnis kue kering untuk rumahan tapi dikalangan masyarakat bawah …pangsa pasar warung kecil, sekolahan.
    mohon sarannya jenis kue kering yang ekonomis serta mohon analisis biaya sementara bun.

    terima kasih

  2. Kak,, bagaimana biar kye kering yang kita jual bisa tahan lama? Dan tahan berapa hari kue kering sperti nastar dan lidah kucing kak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Kue Kering Rumahan