Peluang Usaha Gorengan Dan Tips Usaha Gorengan

Peluang Usaha Gorengan Dan Tips Usaha GorenganUsaha gorengan secara sekilas mungkin terlihat sepele, namun dibalik itu peluang usaha gorengan menyimpan potensi yang besar, karena menyangkut “hajat hidup” orang banyak. Hampir semua orang menyukai gorengan. Makan berasa tidak nikmat tanpa ditemani gorengan, terutama tempe goreng atau tahu goreng. Pada acara kumpul bareng teman atau kumpulan RT bisa dipastikan gorengan akan hadir menjadi salah satu sajian penganan favorit. Dalam tulisan ini saya tidak saja membahas mengenai peluang usaha gorengan, namun juga tips usaha gorengan.

Gorengan bukanlah jenis penganan baru, karena gorengan sudah bisa kita jumpai sejak lama. Penjual gorengan juga dapat kita jumpai dengan mudah di setiap tempat. Di pasar, kantin sekolah, stasiun, terminal, di pinggir jalan kita bisa menjumpai pedagang gorengan dengan mudah.

Apakah pernah terbersit pikiran dalam benak Sahabat PoBis, mengapa jumlah pedagang gorengan di pinggir jalan begitu banyak? Apakah dagangan yang mereka tawarkan laku semua? Ingat pepatah, ada gula ada semut. Dimana ada potensi pasar yang besar, di sana akan banyak pelaku bisnis memperebutkan pangsa pasar. Setiap pedagang gorengan memiliki tips usaha gorengan versi mereka masing-masing untuk dapat menarik minat konsumen terhadap barang dagangannya.

Jangan lupa membaca artikel berjudul Peluang Usaha Jus Buah Segar

Nah, untuk para ibu yang suka gorengan dapat memanfaatkan peluang usaha gorengan yang menurut saya merupakan salah satu bisnis yang cocok untuk ibu rumah tangga. Hasilnya pun cukup menguntungkan dan menjanjikan. Tanpa gerobak pun Anda bisa menjalankannya. Anda bisa menjalankan usaha gorengan di rumah. Jika dirasa usaha mengalami perkembangan yang bagus, tak ada salahnya membeli gerobak untuk berjualan di teras rumah, atau di jalan masuk menuju rumah Anda.

Bahan baku dan peralatan yang digunakan untuk usaha gorengan sangatlah sederhana, karena itu modal usaha gorengan sangatlah terjangkau. Cukup menggunakan perlengkapan masak yang biasa digunakan sehari-hari seperti wajan beserta spatula dan serokan, kompor lengkap dengan selang dan tabung gas, dan beberapa perlengkapan kecil lain. Gerobak usaha menjadi opsi pilihan yang belum perlu jika Anda berorientasi menjadikan peluang usaha gorengan sebagai bisnis rumahan. Namun jika Anda menjalankannya di luar rumah, perlu juga untuk memperlengkapi usaha gorengan Anda dengan gerobak.

Bahan baku utama membuat gorengan bisa bermacam-macam, tergantung pada menu yang hendak dibuat. Beberapa bahan baku yang biasa digunakan meliputi tempe, tahu, pisang, singkong, sukun, dan berbagai macam lainnya. Disamping bahan baku utama tersebut bahan dominan dalam membuat gorengan adalah tepung terigu. Hampir semua gorengan menggunakan terigu untuk membalut bahan utama, kemudian digoreng.

Tips Usaha Gorengan

Meskipun berjualan gorengan dapat dilakukan setiap orang, namun tetap saja Anda membutuhkan tips usaha gorengan agar dagangan laku keras, meraup keuntungan dan memenangkan persaingan usaha gorengan yang terbilang sengit.

Berikut ini beberapa tips usaha gorengan yang dapat Anda jadikan pedoman dalam menekuni peluang usaha gorengan:

  1. Di awal usaha sebaiknya Anda tidak memproduksi gorengan terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari kerugian akibat gorengan tidak terjual, karena pada awal usaha belum banyak yang tahu mengenai usaha Anda.
  2. Jangan pernah menjual gorengan dari sisa hari sebelumnya. Ini akan menurunkan kualitas produk Anda, dan bisa membuat Anda ditinggalkan konsumen.
  3. Berkorban sedikit demi promosi. Anda dapat membagikan gorengan gratis ke beberapa tetangga untuk berpromosi dan mendapatkan feed back dari mereka. Jika para tetangga mengatakan gorengan Anda enak, maka Anda akan lebih percaya diri dalam menjual produk Anda.
  4. Lakukan inovasi dengan membuat gorengan yang unik. Nilai unik ini haruslah lebih baik dari segi rasa maupun penyajian dibanding kompetitor.
  5. Perhatikan kebersihan. Dalam bisnis makan kebersihan menjadi hal yang tidak bisa ditawar. Tidak bisa tidak, Anda harus memperhatikan kebersihan usaha gorengan Anda.
  6. Bila dirasa perlu tenaga tambahan, carilah karyawan yang bisa dipercaya.
  7. Selalu hitung keuntungan usaha Anda. Pisahkan antara uang usaha dengan uang rumah tangga. Banyak pengusaha sukses tidak bisa kaya karena salah dalam mengelola keuangan. Karena itu kelola keuangan usaha gorengan Anda.

Analisa Usaha Gorengan

Modal Usaha Gorengan Rumahan

  • Kompor + Gas Rp 250.000,-
  • Wajan + Spatula + Serokan Rp 100.000,-
  • Peralatan Lain Rp 100.000,-
  • Etalase sederhana Rp 500.000,-
  • TOTAL Rp 950.000,-

Biaya Operasional Usaha Gorengan per Bulan

  • Bahan Baku Rp 1.800.000,-
  • Gas elpiji Rp 60.000,-
  • Minyak goreng Rp 250.000,-
  • Lain-lain Rp 500.000,-
  • TOTAL Rp 2.610.000,-

Omset perhari: 300 pcs x Rp 600 = Rp 180.000,-

Omset perbulan: Rp 180.000 x 30 hari = Rp 5.400.000,-

Keuntungan per bulan: Rp 5.400.000 – 2.610.000 = Rp 2.790.000,-

Break Event Point: Rp 950.000 / Rp 2.790.000 = 0,34 bulan atau 10 hari

Semoga tulisan saya mengenai peluang usaha gorengan ini dapat membantu Anda dalam melakukan analisa usaha gorengan. Dan tips usaha gorengan dalam tulisan ini dapat membantu Anda menuju bisnis yang sukses.

sumber gambar: pengusaha.co

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Gorengan Dan Tips Usaha Gorengan

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Gorengan Dan Tips Usaha Gorengan