Peluang Usaha Es Kepal Milo Lengkap Dengan Resep Dan Analisa Usaha

Peluang Usaha Es Kepal MiloPeluang usaha es kepal milo merupakan salah satu peluang usaha yang sedang viral saat ini. Jadi jika Anda memulainya sekarang, masih ada banyak kesempatan bagi Anda untuk meneguk segarnya profit usaha es kepal milo yang menggiurkan. Cara membuatnya pun terbilang mudah, dan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha juga tidak banyak. Namun jika masih terkendala modal usaha, saya akan bimbing Anda Cara Mendapatkan Modal Usaha Sebesar Rp 50 juta, silakan Baca Selengkapnya Disini.

Sebenarnya es kepal milo awal mulanya berasal dari Malaysia. Di negara asalnya, es kepal milo disebut Ais Kepal Milo. Dan yang mempopulerkannya adalah Ais Kepal Milo Tok Abah di Kuala Kangsar, pada akhir 2017.

Adalah Danang Arryo Dempo Wiguno dan Rara, pasangan pengusaha muda dari Jogjakarta yang mempopulerkan es kepal milo di Indonesia. Di daerah Mantrijeron Jogjakarta, mereka menjajal peruntungan dari peluang usaha es kepal milo. Dengan resep hasil racikan sendiri dan menunmpang pada gerai mie ayam milik orangtua Rara. Pada awal usaha, mereka hanya meraup omset rata-rata Rp 80 ribu atau hanya terjual 10 cup per hari. Itupun mayoritas pembeli adalah anak-anak di sekitar lokasi usaha. Yup betul, pasangan pengusaha muda dari Jogjakarta tersebut menggarap peluang usaha es kepal milo sebagai peluang usaha rumahan. Anda juga bisa menggeluti beragam usaha rumahan lainnya, saya sudah merangkum 20 peluang usaha rumahan yang memiliki prospek menjanjikan di tahun ini. Silakan baca disini: Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan.

Situasi menjadi berubah ketika ada seorang food blogger yang mempopulerkan usaha es kepal milo tersebut. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang unik dan jitu. Jika Anda ingin tahu contoh praktik strategi pemasaran online yang unik, silakan baca di tautan berikut: Praktek Unik Dari Strategi Pemasaran Online. Sontak jumlah konsumen mengalami lonjakan yang sangat tinggi. Dari 10 cup per hari, sekarang es kepal milo milik Danang diserbu 400 konsumen per hari.

Bayangkan, kenaikannya berkali-kali lipat. Jika dikonversi dalam omset, 400 cup tersebut dengan harga es kepal original (tanpa topping) Rp 8.000,- maka omset yang berhasil diraup Danang sekarang mencapai Rp 3,2 juta per hari atau Rp 96 juta per bulan. Anda juga bisa melipatgandakan omset dengan menerapkan Strategi Promosi Yang Terbukti Jitu.

Wow!!! Menggiurkan! Angka yang fantastis! Atau masih kurang dengan angka segitu? Jika masih kurang, Anda dapat melakukan up selling dengan menawarkan aneka topping tambahan. Misalnya tambahan topping meses, keju, oreo, keju, dan crunch. Variasi harga aneka topping tersebut berada di kisaran Rp 1.500 – Rp 2.500. Variasi pilihan topping dapat memperkaya menu, memberi pilihan lebih banyak pada konsumen, dan pastinya bakal menambah profit margin yang Anda peroleh.

Masih kurang? Jika masih kurang juga, Anda dapat membuka cabang untuk meningkatkan omset dan mendapatkan lebih banyak profit. Tapi untuk buka cabang lagi dan lagi, dibutuhkan modal usaha lagi dan lagi. Solusi cerdasnya adalah membuka cabang dengan menggunakan uang orang lain, yaitu dengan mengembangkan sistem franchise. Bagaimana cara mengembangkan sistem franchise? Silakan klik dan baca: Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Yang Laris .

Tak butuh waktu lama untuk segera take action dan segera memulai peluang usaha es kepal milo yang minggiurkan ini. Berikut ini langkah-langkah cara memulai usaha es kepal milo lengkap dengan analisa usaha yang bisa Anda jadikan acuan dalam memulai menggarap peluang usaha yang menjanjikan ini.

Cara Memulai Peluang Usaha Es Kepal Milo

  1. Siapkan Produk

Pada paragraf pertama tadi sudah disinggung bahwa, cara membuat es kepal milo terbilang mudah. Namun demikian Anda tetap harus melakukan eksperimen untuk menemukan racikan resep es kepa  milo yang pas. Baik dari segi rasa maupun nilai ekonomis, sehingga memiliki keunggulan.

Bahan Membuat Es Kepal Milo.
Terdiri dari: es batu, milo bubuk, susu kental manis rasa coklat, dan aneka topping sesuai selera.

Cara Membuat Es Kepal Milo.
Pertama, Serut es batu, kemudian lalu bentuk menjadi kepalan. Cara membentuk bisa dengan memasukkannya ke dalam plastik kemudian dipadatkan dengan cara dikepal-kepal. Kemudian siapkan fla atau pasta milo dengan cara manambahkan 3 sendok air panas ke dalam 180 gr milo bubuk, aduk rata. Tambahkan susu kental manis rasa coklat kurang lebih sebanyak 220 gr atau sesuai selera, agar fla atau pasta milo terlihat lebih kental. Siramkan fla/pasta milo di atas es serut yang berbentuk kepal. Dan Terkhir tambahkan topping sesuai selera.

Modifikasi resep es kepal milo tersebut sehingga pas sesuai dengan yang Anda kehendaki. Pada contoh resep tersebut kita menggunakan bahan full bubuk milo. Dalam beberapa gerai yang saya temui tak jarang menggunakan campuran bubuk coklat biasa dengan bubuk coklat milo. Bandingkan rasanya, bandingkan harganya, sesuaikan dengan target market yang hendak Anda bidik.

Jangan lupa untuk memperhatikan karakteristik bisnis makanan, agar Anda dapat menciptakan produk yang disukai market. Jika belum tahu apa saja karakteristik tersebut, maka Anda harus membacanya disini: Karakteristik Bisnis Makanan Yang Harus Anda Perhatikan.

  1. Buat Rencana Bisnis

Setelah produk siap, langkah selanjutnya dalam mempersiapkan peluang usaha es kepal milo adalah membuat rencana bisnis. Bagaimana Anda hendak menjualnya? Jika berbentuk booth, bagaimana kurang lebih bentuk boothnya? Lokasi usaha, mau di rumah saja, atau menyewa space di teras minimarket, atau menyewa space di sebuah pusat perbelanjaan atau mall? Bagaimana strategi harga yang hendak Anda terapkan? Silakan klik dan baca Strategi Menentukan Harga. Susun juga strategi promosi yang jitu agar usaha Anda bisa laris manis, silakan baca Selengkapnya Disini. Semakin detail dalam membuat rencana bisnis, maka akan semakin baik. Jika memerlukan contoh bisnis plan, Anda dapat melihatnya disini: Contoh Bisnis Plan Sederhana.

  1. Siapkan Lokasi Usaha

Nah, setelah membuat rencana usaha atau bisnis plan, maka Anda sekarang sudah punya gambaran yang utuh mengenai peluang usaha es kepal milo. Selanjutnya tinggal mulai menjalankan rencana tersebut. Langkah penting pertama adalah mencari lokasi usaha. Dalam usaha ini lokasi memegang peran yang penting.

Jika Anda berhasil memilih lokasi yang tepat, maka bisa dikatakan Anda sudah mengantongi separuh upaya pemasaran yang mestinya Anda jalankan. Menurut saya, khusus untuk usaha es kepal milo, anak muda merupakan pangsa pasar paling potensial. Jadi cari lokasi dimana anak muda berkumpul, misal di daerah kampus, dekat sekolahan, atau di sekitar tempat hang out yang banyak disambangi anak muda. Jika menyasar keluarga, Anda dapat mengambil tempat kecil di pusat perbelanjaan.

Namun jika Anda hendak menjalaninya sebagai usaha rumahan, kemungkinan pangsa pasar yang harus Anda bidik adalah anak-anak yang ada di sekitar rumah Anda. Potensi usahanya mungkin tidak begitu besar, tapi cukup lumayan untuk sebuah usaha sampingan, yang bisa Anda kerjakan sambil mengurus rumah tangga. Tapi jika disokong dengan strategi promosi yang jitu, tidak tertutup kemungkinan usaha rumahan ini bisa lebih ramai dari lokasi usaha yang ada di daerah kampus atau di pusat perbelanjaan.

  1. Siapkan Peralatan

Peralatan yang perlu dipersiapkan dalam menjalani peluang usaha es kepal milo tidaklah banyak. Perlatan utama adalah mesin serut es. Gunakan mesin serut es elektrik, jangan gunakan mesin serut es manual. Karena mesin serut es elektrik lebih menghemat waktu dan tenaga Anda. Harga mesin serut es elektrik untuk usaha es kepal milo cukup variatif, tergantung kualitas, tipe, dan jumlah blade yang dimiliki mesin tersebut. Umumnya harga mesin serut es pada kisaran Rp 650 ribu hingga Rp 2 juta.

  1. Let’s Go

Jika semua hal di atas sudah siap, maka selanjutnya adalah saatnya running bisnis Anda. Let’s go…

Analisa Usaha Es Kepal Milo

Modal Awal

  • Booth: Rp 3.000.000,-
  • Mesin serut es: Rp 650.000,-
  • Banner nama usaha: Rp 150.000,-
  • Peralatan lain: Rp 1.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 4.800.000,-

Biaya Operasional

  • Sewa tempat: Rp 300.000,- (sudah termasuk listrik)
  • Kemasan (4000 cup): Rp 1.500.000,-
  • Gaji Karyawan: Rp 1.500.000,-
  • Bubuk Milo: Rp 10.000.000,-
  • Susu Kental manis: Rp 7.500.000,-
  • Es Batu: Rp 2.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 22.800.000,-

Omset/Pendapatan

Asumsi penjualan hari biasa laku 100 cup per hari, penjualan hari Sabtu-Minggu 200 cup per hari.

= (100 cup x 22 hari x Rp 8.000) + (200 cup x 8 hari x Rp 8.000)

= Rp 17.600.000 + Rp 12.800.000

= Rp 30.400.000,-

Laba Bersih/Keuntungan

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 30.400.000 – Rp 22.800.000

= Rp 7.600.000,-

BEP (Break Even Poin)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 4.800.000 / Rp 7.600.000

= 0.63 bulan = 19 hari

Wow!!! Luar biasa! Tidak sampai satu bulan sudah balik modal, hanya perlu waktu 19 hari untuk mencapai BEP.

Tunggu apalagi! Selagi periode awal dari masa tren. Peluang usaha es kepal milo sangat amat layak untuk dijalani.

sumber gambar peluang usaha es kepal milo: foody.id

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Es Kepal Milo Lengkap Dengan Resep Dan Analisa Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Es Kepal Milo Lengkap Dengan Resep Dan Analisa Usaha