Peluang Dari Bisnis Isi Ulang Air Minum

Bisnis isi ulang air minum masih memiliki prospek yang bagus. Bila Anda memiliki sebuah ruang usaha berukuran kecil di lokasi strategis seperti dekat kawasan asrama mahasiswa atau kawasan pemukiman kelas menengah ke bawah, dan Anda mulai bingung akan Anda manfaatkan sebagai ide usaha apa yang sesuai dengan potensi lingkungan Anda, maka ide bisnis isi ulang air minum bisa jadi akan menjadi jawaban kebingungan Anda.

Air minum adalah salah satu kebutuhan pokok setiap orang, dan di kalangan masyarakat modern, pilihan untuk mengkonsumsi minuman kemasan dianggap jauh lebih efisien ketimbang harus memasaknya sendiri.  Selain tentu saja ada pertimbangan lain seperti kadang air tanah tidak selalu memadai baik dari segi unsur kimia maupun dari sudut rasa untuk dikonsumsi setiap hari sebagai air minum.

Namun di sisi lain masyarakat kelas menengah kebawah juga mengalami kendala untuk membeli minuman kemasan galon dari merek terkenal karena aspek harga yang terbilang cukup tinggi. Menguras kantung 15 ribu sampai 17 ribuan per 3 hari jelas bukan pilihan bagi kebanyakan orang.

Inilah yang kemudian memberi Anda peluang dengan bisnis isi ulang air minum. Bisnis ini menawarkan air minum kemasan galon yang sudah melalui proses sterilisasi yang memadai bahkan juga bisa ditambahkan dengan proses penyaringan yang cukup detil namun dengan harga yang bisa mencapai 1/3 dari harga produk sejenis bermerek.

Bagaimana sebenarnya potensi dari bisnis isi ulang air minum ini? Sebenarnya dengan melihat fakta di lapangan, peluang di pasar relatif sangat tinggi, persaingan relatif tinggi bila disekitar Anda banyak layanan jasa isi ulang air minum sejenis dan banyak toko kelontong yang menyediakan ragam merek minuman kemasan dalam galon.

Baca juga: Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan Dalam Bidang Kuliner

Peluang Dari Bisnis Isi Ulang Air Minum

sumber gambar: impormasikesehatan.blogspot.com

Dari sisi modal usaha, bisnis isi ulang air minum tidak bisa dikatakan murah. Untuk peralatannya saja Anda membutuhkan modal tak kurang dari 25 juta. Ini belum termasuk biaya lain seperti sewa ruang usaha bila diperlukan, tenaga kerja, hingga peralatan antar seperti motor bila Anda juga ingin melebarkan sayap usaha dengan jasa antar atau usaha jaja keliling.

Jelas bukan modal yang kecil, bahkan Anda bisa saja memerlukan modal hingga lebih dari 50 juta bila biaya sewa ruang usaha mencapai lebih dari 10 juta, biaya kendaraan 10 juta dan biaya lain untuk operasional Anda alokasikan dari sisa modal.

Lalu dengan modal sebesar ini, mungkinkah Anda mereguk untung? Mari kami ilustrasikan untuk Anda bagaimana estimasi keuangan dari usaha satu ini. Catatan untuk Anda kami menggambarkannya usaha ini tanpa tenaga kerja tambahan dan hanya sewa ruang usaha 5 juta, jadi usaha ini hanya diawali dengan modal 30 juta.

Baca juga: Ikuti Cara Bisnis Dengan Modal Kecil Ini, Anda Akan Terkejut Dengan Hasilnya

Analisa Bisnis Isi Ulang Air Minum

Biaya Operasional

  • Biaya penyediaan air: Rp 1.200.000,-
  • Biaya administrasi: Rp 200.000,-
  • Biaya listrik: Rp 30.000,-
  • Total: Rp 1.430.000,-

Omset

30 galon perhari = 900 galon /bln
900 galon x Rp 5.000 = Rp 4.500.000

Keuntungan

Omset – Operasional = Rp 4.500.000 – Rp 1.430.000 = Rp 3. 070.000,-

Break Event Point

Maka BEP akan terjadi setelah 8 bulan.

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendapatkan air  dan kenapa biayanya bisa melebar sampai 1,2 jt. Ada banyak cara untuk mendapatkan air, bahkan Anda juga bisa menggunakan air ledeng dari rumah Anda sendiri.  Atau menggunakan air sumur bila memang air tanah di tempat Anda tinggal cukup bersih.

Namun untuk jenis air macam ini, kadang Anda terpaksa membeli tambahan filter untuk menarik senyawa kimia dan pasir dari air supaya air memiliki rasa yang cukup enak untuk dkonsumsi. Ini akan memaksa Anda menambah modal awal Anda cukup besar.

Namun bila Anda ingin mendapatkan kualitas dengan modal lebih rendah, Anda bisa membeli air  berkualitas. Biaya 1,2 juta diperoleh dari pembelian berikut jasa pengantaran air dengan menggunakan tangki. Di kota-kota besar, mulai banyak jasa penjualan air mentah dengan cara ini. Mereka menyedot air dari kawasan sungai di pegunungan dan menjualnya murah untuk kemudian diolah menjadi air isi ulang dalam kemasan galon ini.

Bagaimana pandangan Anda soal bisnis isi ulang air minum ini? Bukankah cukup menjanjikan? Diakui bisnis ini bisa memberi Anda lebih dari estimasi yang kami suguhkan bila Anda memiliki lokasi strategis yang lebih baik, jadi siapa tau dilokasi Anda usaha ini memberi Anda hasil lebih besar dari estimasi yang kami buat.

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Dari Bisnis Isi Ulang Air Minum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Dari Bisnis Isi Ulang Air Minum