Kupas Tuntas Bisnis Baby Spa Dengan Profit HIngga 80%

Kupas Tuntas Bisnis Baby SpaSiapa bilang perawatan tubuh hanya untuk orang dewasa? Beberapa tahun belakangan ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya perawatan tubuh semakin meningkat. Termasuk kesadaran masyarakat akan pentingnya spa dan massage untuk tumbeh kembang balita. Hal ini semakin mendorong perkembangan bisnis baby spa di tanah air.

Baby spa merupakan usaha baru Indonesia, mulai bergeliat beberapa tahun belakangan ini. Terutama berkembang di kota-kota besar, baby spa di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Jika di kota Anda belum ada baby spa, itu artinya kesempatan bagi Anda untuk menjadi pelopor.

Dengan menyasar pangsa pasar yang tepat bisnis baby spa dapat mengantongi profit paling tidak 60%, bahkan bisa sampai 80%. Wow, sungguh menggiurkan! Seperti apa usaha baby spa yang semakin menjamur ini? Mari kita kupas tuntas.

Produk Baby Spa

Umumnya treatment baby spa terdiri dari:

  1. Baby Hydrotherapy
    Sesuai dengan namanya, baby hydrotherapy merupakan terapi air untuk bayi. Fungsinya untuk kecerdasan otak, perkembangan motorik bayi, melatih kekuatan otot dan tulang, memperkuat jantung, paru-paru dan sistem pernafasan.
  2. Baby Massage
    Pijatan untuk bayi harus dilakukan dengan lembut. Fungsinya untuk membantu meningkatkan berat badan dan sistem imunitas, menstimulasi saluran pencernaan, sirkulasi dan sistem syaraf, serta membuat tidur bayi lebih nyenyak dan berkualitas.

Pembuatan produk paket perawatan merupakan pengambangan dari kedua treatment tersebut, tergantung kreatifitas Anda.

Pangsa Pasar Baby Spa

Mulanya bisnis baby spa membidik kalangan kelas middle up, namun sekarang seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, bisnis ini juga mulai merambah pasar middle low. Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Saat pijat tradisioinal mulai mengecewakan, orang-orang akan melirik baby spa. Dengan fasilitas dan pelayanan yang jauh lebih baik, dan terapis yang bersertifikat, tentu saja baby spa akan jadi pilihan terbaik untuk buah hati tersayang.

Persaingan dalam bisnis  ini tergolong masih longgar, mengingat masih belum banyak orang yang membuka usaha ini. Kalau toh ada, kebanyakan hanya di kota-kota besar. Jadi dari segi market, sangat jelas bahwa bisnis memiliki prospek yang sangat amat bagus.

Strategi Bisnis Baby Spa

Harus Beda. Meskipun persaingannya masih longgar, Anda tetap harus menghadirkan layanan yang berbeda dengan kompetitor. Lihat saja yang dilakukan Ika Novianti, owner Ananda Spa yang menyediakan space khusus di tempat usahanya untuk dijadikan taman lengkap dengan burung dan beberapa hewan peliharaan.

Terapis Berkualitas. Kepiawaian terapis juga menjadi salah satu kunci keberhasil bisnis ini. Ika Novianti mengandalkan terapis yang telah teruji dan berpengalaman dengan bayi dan balita minimal 1 tahun. Ika rela membayar lebih mahal untuk terapis yang sudah berpengalaman tersebut.

Bahan Aman Berkualitas. Selain terapis, bahan-bahan, seperti minyak dan lotion yang digunakan juga merupakan bahan berkualitas.Kebanyakan menggunakan bahan organik yang aman untuk bayi dan balita. Seperti olive oil, yang memiliki banyak khasiat terhadap kulit. Minyak biji anggur (grape seed) yang memiliki konsistensi yang ringan dan aman terhadap alergi.

One Stop Treatment. Tawarkan paket yang lengkap, sehingga konsumen memiliki pilihan dan tidak perlu pergi perawatan ke tempat lain lagi. Cukup perawatan di tempat Anda, karena semua perawatan ada di situ. Jika perlu sediakan juga perawatan untuk ibunda. Sehingga baik sang anak maupun sang ibu, sekali datang berkunjung akan mendapat perawatan untuk keduanya. Sambil menunggu sang anak mendapat perawatan, ibu juga bisa melakukan perawatan.

Strategi Pemasaran

Pemasaran dilakukan dengan 4 P, yaitu:

  • Product,
  • Price,
  • Place, dan
  • Promotion

Produk yang ditawarkan merupakan produk berkualitas. Produk dibuat berdasarkan permintaan pasar. Inovasi produk harus dilakukan. Faktor kedua adalah price, berikan penawaran harga yang kompetitif. Best price itu bukan harga yang termurah. Tapi harga yang sepadan dengan apa yang didapatkan konsumen. Selanjutnya yang ketiga adalah Place, lokasi usaha turut menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Pilih lokasi yang mudah diakses oleh target market Anda. Dan terakhir adalah Promotion, lakukan promosi secara terus menerus, jangan lengah atau kompetitor akan merebut customer Anda.

Profit

Seperti dikemukakan di awal tulisan, profit bisnis baby spa berada pada kisaran 60% – 80%. Dengan harga perawatan mulai dari Rp 50 ribu untuk paket paling murah, hingga jutaan rupiah. Dengan tak kurang dari 30 pengunjung per hari, baby spa paling tidak mengantongi omset Rp 75 juta per bulan.

Investasi

Investasi yang diperlukan untuk memulai usaha baby spa memang tergolong mahal, yaitu antara Rp 100 juta – Rp 800 juta. Dari jumlah tersebut biaya terbesar digunakan untuk sewa dan renovasi tempat. Tempat yang luas, dan nyaman dengan fasilitas pendukung untuk anak merupakan syarat penting untuk membangun usaha ini. Namun demikian meski investasi cukup besar, usaha ini bisa balik modal antara 6 bulan hingga 1 tahun.

Franchise Bisnis Baby Spa

Masih bingung juga mau mulai dari mana untuk terjun dalam bisnis ini? Cara termudah adalah membeli franchise. Anda tidak perlu memulai bisnis dari awal. Karena bisnis sudah memiliki brand, dan dikelola oleh pihak yang kompeten dan telah berpengalaman di bidangnya.

Roi and Reine Salon Spa menawarkan kemitraan dengan investasi Rp 190 juta – Rp 240 juta, belum termasuk sewa tempat. Ananda Baby Spa dengan paket investasi Rp 150 juta. Dari investasi tersebut mitra akan mendapatkan berbagai keperluan usaha mulai dari bahan, peralatan, hingga desain interior ruangan. Mitra hanya menyediakan tempat, Ananda Baby Spa mengurus segala sesuatunya, selanjutnya mitra tinggal menjalankan bisnisnya saja. RH Salon and Family Spa dengan paket investasi Rp 250 juta hingga Rp 1 miliar.

Komplit bukan? Saatnya memulai bisnis baby spa milik Anda sendiri.

sumber gambar: cepatbaca.com

Artikel Bisnis Pilihan

Kupas Tuntas Bisnis Baby Spa Dengan Profit HIngga 80%

2 COMMENTS

    • 1. Cara paling mudah adalah membeli franchise…
      2. Tapi jika ibu lebih nyaman dengan membuka usaha sendiri dan masih bingung, cara paling mudah adalah melakukan survey ke beberapa baby spa yang sudah ada… survey sebagai customer (jika tidak punya baby bisa ajak baby saudara atau teman), lalu TULIS poin-poin penting dari tiap baby spa yang didatangi (semakin banyak poin semakin bagus)… nah, berdasar poin-poin tersebut ibu bisa merumuskan usaha baby spa milik ibu sendiri… Sekarang ibu bisa mulai membuat bisnis plan, contohnya bisa dilihat disini: http://www.pojokbisnis.com/entrepreneurship/contoh-bisnis-plan-sederhana-kedai-kopi-berjalan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kupas Tuntas Bisnis Baby Spa Dengan Profit HIngga 80%