Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar Burung

Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar BurungApakah Sahabat PoBis sedang mencari inspirasi bisnis rumahan? Sahabat PoBis dapat memulainya dengan hobi. Kelihatannya memang bila kita bicara soal hobi dan kegemaran, maka hobi memelihara burung bisa jadi adalah satu satu yang memiliki peminat cukup besar dan tidak ada habisnya. Setiap masa ada saja jenis burung yang menjadi trend dan digemari di masyarakat. Harga burung bahkan bisa dibandrol sampai jutaan rupiah. Salah satunya adalah peluang usaha ternak lovebird.

Dan dari sini rupanya Anda bisa menelurkan satu ide inspirasi bisnis rumahan yang cukup menjanjikan. Memelihara burung jelas membutuhkan sangkar atau kurungan. Seiring dengan trend burung peliharaan yang tak ada habisnya, maka permintaan akan sangkar burung juga terus mengalir tak ada habisnya.

Ini terbukti dari kisah Asnawi, seorang pria paruh baya asal Sleman Yogya yang kini menggeluti usaha rumahan dengan membuat sangkar burung. Berawal dari kegemarannya akan burung dan kemahirannya dalam bertukang, Asnawi mendapatkan inspirasi bisnis rumahan dengan membuat sangkar burung. Awalnya hanya mencoba membuat sendiri sangkar burung untuk koleksi peliharaannya.

Beberapa rekan sesama penggemar burung pada akhirnya menyadari kemahiran tangan Asnawi dalam mengolah kayu dan bambu menjadi sangkar burung. Ditambah keterampilannya dalam membuat ukiran yang cantik namun sederhana pada sangkar burung miliknya.

Dari sinilah kemudian Asnawi mendapatkan beberapa pesanan sangkar burung dalam berbagai ukuran. Pria yang awalnya bekerja sebagai satpam di salah satu pabrik produksi sarung tangan ini akhirnya membuka sebuah bengkel produksi sangkar burung kecil di kediamannya. Hanya dengan mengandalkan lahan belakang rumahnya, Asnawi melakukan produksi sekaligus pengecatan sangkar burung miliknya hanya dengan dibantu salah satu keponakannya.

Untuk mendapatkan bahan baku, Asnawi awalnya hanya mengambil bahan sisa dari sebuah usaha pembuatan pintu dan lemari kayu di dekat kediamannya. Sampai akhirnya poplaritas produksi sangkar burungnya mulai meningkat dan Asnawi mulai membeli bahan baku non limbah. Asnawi juga memadukan penggunakan bilah bambu untuk membuat sebuah sangkar.

Baca juga: Jenis Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Dengan Mengembangkan Hobi

Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar Burung

sumber gambar: maxmanroe.com

Diakui Asnawi usaha miliknya ini dimulai hampir tanpa biaya. Sejak awal Asnawi jujur mengatakan pada setiap konsumennya yang notabene adalah rekannya sendiri, bahwa dirinya tidak punya modal. Jadi setiap konsumen membayarnya dimuka untuk meringankan biaya produksi. Inilah yang membuat sejak awal Asnawi memproduksi dengan modal sangat kecil.

Kini masih di dalam halaman rumahnya sendiri Asnawi sudah memproduksi setidaknya 15 buah sangkar burung aneka ukuran dan model dari bengkelnya. Setiap sangkar di jual dalam harga kisaran 80 ribu sampai 200 ribuan tergantung ukuran dan jenis kayu yang digunakan.

Asnawi juga mengembangkan usahanya dengan merekruit beberapa tenaga pembuat sangkar burung. Tenaga kerja yang kini berjumlah 8 orang ini sudah termasuk seorang tenaga khusus yang memang sangat mahir untuk mengukir pahatan pada kayu. Hasil pahatan yang detail dan rapi membuat Asnawi juga bisa menjual dengan harga di atas 300 ribu untuk jeni premium.

Dengan produksi yang meningkat, Asnawi perlu pula memastikan setiap produknya terjual dengan baik. Asnawi masih terus aktif pada beberapa komunitas dan kelompok pecinta burung. Juga menyewa sebuah kios di pasar burung Ngasem Yogya untuk menjual sangkar burung produksinya. Asnawi juga melibatkan sang keponakan untuk membantunya menjual via portal penjualan yang membuat omset enjualan Asnawi terdongkrak cukup tajam.

Asnawi akui inspirasi bisnis rumahan ini bukan bebas tantangan. Beberapa kali Asnawi harus berhadapan dengan persaingan tidak sehat, termasuk pesaing yang menjual dengan harga jauh lebih rendah. Bagi Asnawi, harga yang dia bandrol sudah harga masuk akal sesuai dengan harga tenaga kerja yang menggarapnya.

Asnawi juga kerap berbenturan dengan masalah penjualan, promosi yang efektif sampai masalah eksternal yang sulit diatasi. Seperti ketika muncul isu flu burung, yang diakui Asnawi sempat membuat usahanya kehilangan penjualan sampai 40%.

Saat ini Asnawi sedang berusaha mendapatkan channel rekanan yang bisa bersama memproduksi sangkar burung. Karena Asnawi berencana bisa menjual dalam partai lebih besar untuk bisa meluaskan ide inspirasi bisnis rumahannya ini menjadi lebih profesional. Untuk itu pria dengan 2 anak ini berencana melakukan pelatihan untuk menemukan pekerja lain yang siap membantunya memproduksi lebih banyak.

Dari hobi, kini Asnawi yang menjadi pecinta burung sukses menjalankan inspirasi bisnis rumahan satu ini. dan Asnawi kini bisa mengeruk pundi-pundi uang hanya dengan memanfaatkan kebisaannya dalam dunia pertukangan.

Artikel Bisnis Pilihan

Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar Burung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ide Insiprasi Bisnis Rumahan Dengan Sangkar Burung