Contoh Usaha Menguntungkan Di Desa: Usaha Warnet

Usaha Warnet Merupakan Usaha Yang Menguntungkan Di DesaUsaha warnet sudah tidak punya banyak harapan untuk tetap dijalankan? Bisa jadi benar bila Anda membukanya di kota besar. Tetapi usaha warnet tetap bisa memberikan potensi besar bila Anda buka sebagai usaha menguntungkan di desa.

Usaha warnet tetap bisa menjadi usaha kecil-kecilan yang menguntungkan dengan prospek menarik bila Anda kembangkan di daerah pedesaan. Ada alasan mendasar kenapa saya memberi Anda saran untuk menjajal ide usaha warnet sebagai usaha menguntungkan di desa.

Alasan utamanya adalah semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan layanan internet. Di masa kini kehidupan masyarakat tak lagi bisa dipisahkan dari internet. Dan ini tak meminggirkan mereka yang datang dari kawasan pedesaan.

Sebagaimana dalam kehidupan masyarakat modern di perkotaan, internet membantu masyarakat desa untuk aktivitas ekonomi, membantu mereka memperluas jangkauan pemasaran produk yang mereka hasilkan. Internet juga menempati porsi penting dalam dunia pendidikan sebagai sarana mereka meningkatkan pengetahuan, riset termasuk merampungkan tugas-tugas mereka dari sekolah.

Bagi banyak kalangan, internet juga sumber informasi. Tentu untuk urusan satu ini tidak dapat dipungkiri bagaimana manfaat internet sebagai sumber informasi, karena saat ini internet sendiri udah tak ubahnya dengan jendela informasi terlengkap yang bisa Anda akses kapanpun dan dimanapun. Dan terakhir, internet juga menjadi media hiburan sekaligus media membangun jaringan berkat berbagai portal hiburan dan portal social media yang bertebaran di dunia maya.

Fakta ini sebenarnya bukan kabar baru, tetapi yang menarik disini, rupanya ada peluang usaha menarik yang bisa Anda dapatkan dari sederet pemanfaatan internet di dalam masyarakat modern. Bahwa tingginya kebutuhan masyarakat akan internet tidak diiringi oleh kemudahan fasilitas internet di pedesaan. Di kawasan pedesaan, jaringan internet kadang kurang optimal, belum lagi kebanyakan masyarakat masih terhambat masalah gadget yang belum mengikuti perkembangan kebutuhan.

Inilah yang membuka peluang usaha warnet di pedesaan sebagai usaha menguntungkan di desa. Anda bisa membuka sebuah usaha warnet di dalam area pedesaan dengan target pasar kalangan pelaku usaha lokal, produsen-produsen lokal yang ingin meluaskan pemasaran produknya, para pelajar dan kalangan muda yang tengah mendapat tugas sekolah, ingin mencari hiburan tontonan murah meriah dari berbagai portal video atau sekedar seseruan di dalam facebook dan instagram.

Tidak perlu buka warnet yang berkonsep mewah, karena masyarakat desa lebih suka dengan konsep sederhana. Bisa jadi mereka malah takut memasuki warnet Anda kalau Anda dandani warnet Anda terlalu mewah, karena takut harga yang mahal. Berikut rincian gambaran modal yang sekiranya Anda butuhkan untuk sebuah warnet di pedesaan.

Analisa Usaha Warnet Sebagai Usaha Menguntungkan Di Desa

Modal Awal

Sewa lokasi +display      3,500,000
PC set (7 unit)    20,000,000
Meja kursi (7 set)      3,500,000
Software Billing          500,000
Jaringan internet      2,500,000
Printer          500,000
Scan          700,000
Instalasi          800,000
TOTAL   MODAL    32,000,000

Biaya Operasional

Listrik dan internet      1,500,000
Tenaga Kerja      1,500,000
TOTAL      3,000,000

Pendapatan Per Bulan

7 Unit x 7 jam x 30 hari = 1470 jam

1470 jam x Rp 4.000,- =  Rp 5.880.000,-

Keuntungan Per Bulan

Keuntungan  = Pendapatan – Biaya Operasional
 = 5.880.000 –  3.000.000
 = 2.880.000

Untuk membuka usaha warnet di pedesaan, disarankan memanfaatkan sistem jaringan internet yang berkualitas baik karena ini membantu menjaga stabilitas layanan Anda. Bisa memanfaatkan sistem kabel dari layanan jaringan telepon atau jaringan satelit.

Selain itu, lokasi usaha tidak harus terlalu strategis, karena yang terpenting justru promosi Anda. Pastikan masyarakat sekitar Anda tau telah berdiri warnet di sekitar mereka. Akan jauh lebih baik kalau Anda membuka semacam kelas edukasi untuk warga sekitar untuk mendorong pemakaian warnet yang lebih aktif.

Misalkan dengan mengadakan edukasi internet pada kelompok ibu PKK, kenalkan pada mereka bagaimana internet akan membantu mereka menemukan informasi cara pengasuhan anak, masalah tips kesehatan, resep masakan, belanja online sampai berjualan online.

Tambahkan pula beberapa game online menarik, beberapa joystick, memori berisi film-film terbaru dan lagu-lagu terbaru serta lengkapi pula dengan earphone memadai untuk meningkatkan daya tarik warnet Anda sebagai media hiburan masyarakat desa.

Sudah saya jelaskan sebelumnya ide usaha warnet ini bisa dikatakan sebagai ide usaha menguntungkan di desa, lalu yang menjadi pertanyaan, sejauh apa potensi profit dari usaha ini? Gambaran keuntungan berikut mungkin bisa membantu Anda melihat potensi dari usaha ini.

Asumsikan saja dalam sehari pemakaian rata-rata tiap PC Anda sekitar 7 jam. Artinya dalam satu bulan pemakaian mencapai 1470 jam.  Dengan tarif Rp 4 ribu perjam, maka dalam satu bulan omset Anda sekitar Rp 5.880.000,-

Bila pengeluaran Anda berupa biaya listrik dan internet sebesar 1,5 juta dan biaya tenaga kerja mencapai 1,5 juta perbulan. Maka dalam satu bulan keuntungan bersih Anda sebesar Rp 2.880.000. Ini jelas hanya asumsi terkecil sebagai gambaran potensi usaha menguntungkan di desa ini.

sumber gambar: georgewilkerson.blogspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Contoh Usaha Menguntungkan Di Desa: Usaha Warnet

1 COMMENT

  1. sekarang usaha warnet itu usaha yang paling berbahaya, kenapa? ya lihat aja sekarang kemajuan teknologi hp2 canggih yang prkatis hampir bisa menggantkan komputer, game2 mobile pun mulai bagus dan keren gak kalah ama game pc, tapi saya melihat masih ada prospek di penjualan voucher wifi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Contoh Usaha Menguntungkan Di Desa: Usaha Warnet