Peluang Bisnis Coklat Rumahan Nan Menggoda Selera

Peluang Bisnis Coklat Rumahan Nan Menggoda SeleraPeluang bisnis coklat rumahan selalu manis dan menggoda selera. Siapa yang tidak suka coklat, Sahabat PoBis? Rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi, bahwa semua orang suka coklat. Segala jenis olahan coklat, baik itu makanan ringan maupun minuman, banyak digemari masyarakat dan selalu laris manis di pasaran. Peluang bisnis coklat rumahan dapat menjadi salah satu usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga.

Walaupun sudah banyak produk coklat import yang beredar di pasaran, namun produk coklat dalam negeri tetap ada di hati masyarakat. Terutama produk usaha coklat rumahan dengan aneka desain bentuk yang unik dan menarik berhasil merebut hati para penggemar coklat. Bukan hanya anak-anak yang menyukai kudapan coklat ini, dari yang muda hingga orang tua juga banyak yang menyukainya.

Untuk menjalankan peluang bisnis coklat ini tidaklah sulit. Peralatan bisa menggunakan peralatan yang digunakan untuk memasak sehari-hari, ditambah dengan cetakan coklat. Untuk bahan baku Anda dapat menggunakan bahan berkualitas agar rasa yang dihasilkan lebih nikmat.

Secara garis besar proses produksi coklat rumahan sangatlah mudah. Biasanya menggunakan coklat hitam, coklat putih, dan coklat susu sebagai bahan baku utama. Cara pembuatan kreasi coklet dimulai dengan mengencerkan coklat dengan cara ditim. Selanjutnya coklat yang sudah mencair dimasukkan ke dalam berbagai cetakan unik sesuai selera.

Baca Juga: Faktor Penting Agar Usaha Sukses

Selanjutnya untuk membekukannya, coklat-coklat tersebut dimasukkan ke dalam lemari es selama kurang lebih 15 menit. Agar bisnis coklat rumahan menghasilkan produk yang menarik, Anda dapat menambahkan pewarna makanan, atau aroma rasa tertentu pada coklat yang Anda produksi.

Strategi Pemasaran Dan Promosi Bisnis Coklat Rumahan

Untuk mengenalkan bisnis coklat rumahan yang baru saja Anda rintis, Anda dapat mengikuti berbagai pameran yang sering diadakan di kota Anda. Selain itu, pemasaran juga bisa dilakukan dengan sistem titip jual produk coklat rumahan Anda di toko-toko kue, atau di supermarket yang Anda di sekitar Anda. Perlu juga untuk menyebarkan brosur di sekitar lokasi usaha. Pada brosur tersebut cantumkan juga layanan terima pesanan sesuai dengan keinginan konsumen agar konsumen tertarik dan berminat membeli coklat hasil kreasi Anda.

Pemasaran secara online jangan sampai dilupakan. Karena internet dapat mengenalkan produk coklat rumahan Anda ke seluruh penjuru dunia. Anda dapat membuat website atau blog untuk membuka toko online tentang coklat. Selain itu sosial media seperti facebook, twitter dan instagram akan sangat membantu upaya promosi Anda.

Kunci sukses peluang bisnis coklat rumahan terletak pada kreatifitas dan inovasi produk yang Anda tawarkan. Dengan menciptakan aneka bentuk unik dan juga rasa yang tak kalah uniknya, maka minat konsumen terhadap produk Anda akan semakin meningkat. Soal bentuk Anda dapat mengambil inspirasi dari berbagai sumber di internet. Sedangkan inovasi rasa hanya akan bisa Anda peroleh melalui uji coba yang terus dan selalu Anda lakukan untuk menemukan resep baru.

Analisa Peluang Bisnis Coklat

Modal bisnis coklat rumahan

  • Kompor + Tabung gas 3 kg: Rp 350.000,-
  • Peralatan (cetakan, plastik, dan lain-lain): Rp 600.000,-
  • Lain-lain: Rp 150.000,-
  • TOTAL: Rp 1.100.000,-

Biaya Operasional per bulan

  • Bahan baku:  Rp 1.500.000,-
  • Perlengkapan kemasan (toples, plastik, pita, dan lain-lain):  Rp 300.000,-
  • Listrik, Air, Telepon:  Rp 200.000,-
  • Transportasi : Rp 150.000,-
  • Promosi: Rp 300.000,-
  • Lain-lain:  Rp 100.000,-
  • TOTAL:  Rp 2.550.000,-

Omset per bulan:

Kemasan toples: 3 toples x Rp 40.000 x 30 hari = Rp 3.600.000,-
Kemasan bungkus: 10 bungkus x Rp 2.000 x 30 hari = Rp 600.000,-
TOTAL Rp 4.200.000,-

Laba per bulan:

Omset – Operasional = Rp 4.200.000 – Rp 2.550.000 = Rp 1.650.000,-

Peluang bisnis coklat rumahan skala kecil saja sudah terlihat menguntungkan, apalagi jika gikerjakan pada skala menengah atau lebih besar lagi.

sumber gambar: aannuraeni.blogspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Bisnis Coklat Rumahan Nan Menggoda Selera

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Bisnis Coklat Rumahan Nan Menggoda Selera