Bisnis Modal 1 Juta Dengan Usaha Bakso Bakar

Peluang Usaha Bakso Bakar Bisnis Modal 1 JutaSahabat PoBis, pada artikel terdahulu sudah pernah saya kupas tuntas mengenai peluang usaha bakso yang menggoyang lidah. Ulasan tersebut sudah terbilang komplit, diawali dengan cara memulai usaha bakso dengan mudah, kemudian contoh resep dan cara membuat bakso sapi. Jika belum membacanya, silakan langsung klik tautannya.

Tidak hanya itu, pembahasan mengenai peluang usaha bakso berlanjut pada bagian kedua yang membahas strategi pemasaran dan analisa usaha bakso. Silakan baca tulisan mengenai peluang usaha bakso bagian kedua >>> DISINI.

Nah, kali ini kita akan bahas peluang usaha bakso bakar, meskipun ini adalah bisnis modal 1 juta tapi keuntungannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Oh iya, sebelumnya biar tidak salah sangka, bakso bakar yang dimaksud dalam tulisan ini adalah bakso bakar kecil-kecil yang banyak dijajakan orang, yang sangat digemari anak-anak, bukan bakso bakar Malang yang besar-besar itu ya…

Popularitas produk bakso bakar beberapa tahun belakangan sempat naik daun. Anda dengan mudah dapat menemukan penjaja bakso bakar di berbagai sudut kota Anda. Mulai dari penjaja keliling sampai yang memilih membuka booth kecil di bawah pohon. Sampai-sampai dengan mudah pula Anda menemukan gerai yang lebih modern di dalam kawasan mall.

Namun belakangan, usaha bakso bakar mulai menurun popularitasnya. Bukan karena pasar tidak lagi tertarik dengan produk camilan ini. Karena sebenarnya produk bakso bakar masih banyak digemari pasar, bahkan tanpa batas. Bakso bakar digemari oleh segala usia dan kalangan. Peluang usaha bakso bakar masih memiliki prospek yang bagus sebagai bisnis yang menguntungkan.

Hanya saja di pasar mulai terjadi kejenuhan karena efek terlalu banyaknya penjaja bakso bakar di pasaran. Sementara lebih dari 50% penjaja tersebut tidak sepenuhnya menjual bakso dengan kualitas yang baik. Kekecewaan pasar terhadap 50 % bakso bakar yang beredar di pasaran menurunkan minat pasar terhadap produk bakso bakar.

Menemukan fakta tersebut malah membuat seorang ibu muda dari kota Kebumen, Pujianti tertarik menjalankan usaha bakso bakar dengan lebih baik, ibu dua anak ini tidak mau disebut mengekor apalagi ikut-ikutan. Karenanya Pujianti sengaja meriset ulang resep bakso bakar demi mendapatkan komposisi bakso yang cocok untuk bakso bakar dan komposisi bumbu yang tepat.

Dia sengaja membuat bakso olahan sendiri dan bukan sekedar membeli bakso jadi di pasar. Beliau juga sengaja membuat sendiri adonan bumbu bakso bakarnya dan bukan sekedar berbekal kecap dan saos sebagaimana kebanyaan penjaja bakso bakar. Malah Pujianti juga menyediakan 4 varian bumbu untuk sajian bakso bakarnya.

Setelah menemukan resep bakso bakar yang menurutnya paling cocok, akhirnya Pujianti memulai usahanya dengan membuka gerai di depan rumahnya yang kebetulan dekat dengan kawasan sekolah. Bisnis modal 1 juta ini dimulai dengan membuat gerai murah meriah dengan warna mencolok gaya anak muda supaya menarik konsumen. Sisa modal diarahkan untuk membeli peralatan masak bakso bakar.

Beruntung memang memiliki lokasi dekat dengan kawasan sekolah, karena dalam 4 hari saja beliau sudah sukses menjual 70 tusuk. Satu tusuk bakso bakar Pujianti jual dengan 4 buah pentol bakso ukuran sedang. Tersedia pula 4 macam rasa sesuai selera, yakni rasa kecap kayu manis, barbeque, asam manis dan rasa kare.

Makin hari Pujianti makin banyak menjual bakso bakarnya sampai setidaknya rata-rata 100 sampai 150 tusuk bakso bakar. Kadang beliau mendapat pesanan partai besar sampai 2000 tusuk. Omsetnya juga tidak sedikit, sekitar 300 – 400 ribuan tiap hari dengan keuntungan sekitar 35% atau kisaran 100 ribuan tiap harinya.

Selain memberikan gambaran soal bagaimana usahanya berjalan, Pujianti sempat berbagi informasi soal struktur keuangan dari bisnis modal 1 juta ini.

Jangan lewatkan! Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Keuntungan Besar

Analisa Peluang Usaha Bakso Bakar

Modal Awal

Display gerai          450,000
Tungku pembakaran + gas          100,000
Wadah-wadah          100,000
Spanduk            50,000
TOTAL MODAL  1.000.000

Biaya Produksi tiap 3 hari

Bakso siap pakai ( 350 tusuk)          210,000
Bumbu-bumbu          135,000
Kemasan            55,000
Gas            10,000
TOTAL          410,000
Penjualan @ Rp2000          700,000
Total keuntungan per 3 hari          290,000

Berdasar dari hasil perhitungan pendapatan dan keuntungan rata rata tiap 3 hari sebagaimana kami urai di atas, maka tiap bulannya bisnis modal 1 juta ini bisa membukukan keuntungan tak kurang dari Rp 2.900.000. Maka dengan keuntungan bersih yang relatif besar ini, Pujianti dapat mencapai pengembalian modal hanya dalam waktu relatif singkat sekitar beberapa minggu saja.

Padahal menurut pengakuan Pujianti angka yang disampaikannya ini, belum menghitung pesanan partai besar yang kadang beliau terima. Menurutnya dalam 1 bulan setidaknya beliau bisa menerima 1 pesanan massal. Kadang, Pujianti juga bisa menerima pesanan sampai beberapa kali dalam satu bulan, Bahkan sempat pula Pujianti mendapat pesanan besar sampai 1000 tusuk bakso bakar dalam 3 hari berturut-turut, seperti ketika sedang musim pernikahan atau musim liburan.

Jadi siapa bilang Anda tidak bisa bergerak banyak dengan uang 1 juta. Dengan cara bisnis kecil kecilan seperti yang dilakoni Pujianti, ada banyak lagi ide bisnis dengan modal 1 juta yang tidak kalah berpotensi dengan usaha bakso bakar ini. Modal memang boleh kecil asal inovasi tidak mandek, usaha Anda tetap bisa berpotensi menjadi besar. Sebagaimana kisah bisnis modal 1 juta yang dilakoni oleh wanita muda ini.

sumber gambar: tokotusuksate.blogspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Modal 1 Juta Dengan Usaha Bakso Bakar

Bisnis Modal 1 Juta Dengan Usaha Bakso Bakar