Peluang Bisnis Karaoke Lengkap Dengan Analisa Usahanya

Bisnis Karaoke KeluargaBisnis karaoke sudah tidak diragukan lagi prospeknya. Bahkan banyak artis berbondong-bondong terjun dalam jenis bisnis yang satu ini. Mulai dari Inul Daratista, Anang Hermansyah, Ahmad Dhani, dan beberapa artis lain memiliki usaha karaoke yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Kehadiran para artis dalam bisnis ini menjadi salah satu pertanda akan nilai prospek yang bagus dan menjanjikan.

Bernyanyi di tempat karaoke merupakan salah satu hiburan yang dapat menghilangkan rasa penat setelah beraktifitas seharian. Apalagi jika dilakukan ramai-ramai bersama keluarga atau teman, selain menghilangkan penat juga dapat menjalin rasa kebersamaan. Jika Anda perhatikan, meskipun banyak bermunculan tempat karaoke, namun setiap tempat seakan tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi pada saat akhir pekan, bisnis karaoke akan lebih ramai didatangi pengunjung.

Meskipun modal awal yang diperlukan dalam bisnis karaoke ini terbilang cukup besar, namun akan terbayar dengan cepat melalui keuntungan yang diperoleh. Pada perhitungan analisa usaha yang kami sertakan di akhir tulisan ini, BEP (break event point) akan tercapai dalam waktu 8 bulan 27 hari. Bisnis karaoke merupakan salah satu jenis ide usaha kreatif yang memiliki potensi yang cukup besar.

Kunci sukses utama dalam bisnis karaoke adalah pilihan lagu yang lengkap dan up to date. Sediakan pilihan lagu yang lengkap terutama lagu-lagu baru yang sedang up to date. Lengkapi juga koleksi lagu dari berbagai jenis genre musik, mulai dari musik pop, rock, dangdut, R&B, hingga jazz.

Kunci sukses kedua dalam bisnis karaoke adalah desain atau tata ruang yang menarik dan membuat nyaman pengunjung. Anda harus dapat menciptakan suasana yang nyaman sehingga pengunjung merasa betah berada di tempat karaoke Anda. Selain itu Anda juga dapat melengkapi usaha karaoke Anda dengan aneka makanan dan minuman ringan. Disamping membuat pengunjung bertahan lama, Anda juga dapat memperoleh pendapatan tambahan dari hasil penjualan makanan dan minuman ringan tersebut.

Cara Memulai Bisnis Karaoke

  1. Produk. Seperti biasa hal pertama yang harus disiapkan adalah produk. Anda membuat bisnis karaoke sendiri atau dengan membeli franchise. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Membeli franchise tentu saja lebih praktis, karena Anda tidak perlu memikirkan segala sesuatunya. Anda hanya perlu menyediakan tempat dan uang. Anda juga tidak perlu membangun sistem dan branding, karena sistem sudah ada dan branding sudah jadi. Pendeknya, bisnis tinggal jalan. Hanya saja biayanya lebih mahal, biasanya juga ada biaya tahunan dan royalti yang harus Anda bayar. Sementara jika Anda hendak membuka usaha karaoke sendiri, modal dapat menyesuaikan, Anda juga tidak dibebani biaya royalti. Namun Anda harus mengerjakannya sendiri, benar-benar memulai bisnis dari nol.
  2. Tempat. Sebaiknya mengambil lokasi yang strategis. Mengenai luas tempat, itu tergantung konsep karaoke yang hendak Anda bangun. Karaoke box yang biasa kita jumpai di arena bermain anak di mall-mall hanya memakan tempat sekitar 2 m x 2 m. Untuk karaoke keluarga disesuaikan dengan jumlah kamar/bilik yang hendak Anda sediakan.
  3. Strategi Promosi dan Pemasaran. Beberapa atribut promosi yang harus Anda siapkan diantaranya: brosur, pamflet, spanduk, dan papan nama. Lakukan promosi di beberapa media lokal. Jangan lupakan media sosial! Buat akun di media sosial untuk usaha karaoke Anda, pastikan akun tersebut aktif dan selalu update. Bila perlu tunjuk satu orang karyawan untuk menjadi admin media sosial tersebut. Buat website agar usaha dapat menjangkau market lebih luas, dan terlihat lebih “keren”. Adakan event secara reguler untuk mendatangkan pengunjung, seperti lomba menyanyi, lomba foto dengan hastag usaha Anda, dan lain sebagainya.
  4. Siapkan Modal. Selanjutnya hitung modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis karaoke tersebut. Siapkan uangnya. Darimana? Silakan gunakan fasilitas search di web Pojok Bisnis ini, saya sudah banyak membahas mengenai modal usaha. Silakan klik disini.
  5. Action… Mulai action, wujudkan mimpi memiliki usaha karaoke, seperti para artis itu…

Analisa Usaha Bisnis Karaoke

Modal Awal

  • Peralatan Karaoke 6 set @Rp 5.000.000: Rp 30.000.000,-
  • Sofa Panjang 12 set @Rp 3.000.000: Rp 36.000.000,-
  • Meja 6 set @Rp 1.000.000: Rp 6.000.000,-
  • Papan Nama: Rp 3.000.000,-
  • Lain-lain: Rp 5.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 80.000.000,-

Biaya Operasional

  • Sewa tempat: Rp 3.000.000,-
  • Gaji 5 orang @Rp 1.000.000: Rp 5.000.000,-
  • Listrik, Air, Internet: Rp 5.000.000,-
  • Promosi: Rp 1.000.000,-
  • Lain-lain: Rp 1.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 15.000.000,-

Omset/Pendapatan

Asumsi omset Rp 800.000,- per hari, maka per bulan:

= Rp 800.000 x 30 hari

= Rp 24.000.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 24.000.000 – Rp 15.000.000

= Rp 9.000.000,-

BEP (Break Even Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 80.000.000 / Rp 9.000.000

= 8,89 bulan = 267 hari

Semoga tulisan saya ini dapat memberi gambaran bagai Sahabat PoBis yang hendak terjun dalam bisnis karaoke. Angka-angka dalam analisa usaha mungkin berbeda dengan praktek lapangan karena perbedaan tempat dan harga saat artikel ini ditulis. Salam Sukses!!!

sumber gambar bisnis karaoke: tripadvisor.co.id

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Bisnis Karaoke Lengkap Dengan Analisa Usahanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Bisnis Karaoke Lengkap Dengan Analisa Usahanya