Peluang Bisnis Homestay Lengkap Dengan Analisa Usaha

bisnis homestay atau guest houseBisnis homestay atau guest house memiliki potensi yang bagus, karena mobilitas dan kebutuhan akan penginapan yang nyaman saat di luar daerah semakin meningkat. Sebagaimana kita ketahui, mobilitas manusia modern semakin dinamis, dengan berbagai keperluan yang melatar belakanginya, mulai dari sekedar berwisata, hingga perjalanan kerja dan bisnis. Oleh karenanya mereka membutuhkan penginapan untuk beristirahat dan melakukan bersih diri sebelum berkegiatan.

Selain hotel, guest house atau homestay menjadi salah satu alternatif penginapan. Dibanding hotel, homestay jauh lebih kecil, bentuknya seperti rumah, layanan kekeluargaan, dan harganya juga dibawah hotel berbintang. Beberapa hal tersebut menjadi kelebihan guesthouse dibanding dengan hotel. Suasana dan pelayanan yang hommy, membuat para tamu merasa seakan berada di rumah, sehingga istirahat menjadi lebih nyaman.

Bisnis homestay merupakan penyedia penginapan ala “rumahan” dengan fasilitas yang lengkap, seperti tempat tidur, almari, meja kerja, dan kamar mandi. Bahkan tak jarang homestay ini memiliki fasilitas layaknya hotel berbintang.

Di kota besar dan di daerah-daerah wisata, homestay menjadi salah satu kebutuhan. Salah satu kunci keberhasilan bisnis homestay adalah selektif dalam memilih tamu, sehingga homestay yang Anda kelola bebas dari penggunaan yang tidak semestinya. Berikut ini saya akan mengulas peluang bisnis guest house lengkap dengan analisa usahanya. Pembahasan akan saya awali dengan cara memulai bisnis homestay.

Cara Memulai Bisnis Homestay

  1. Lokasi
    Bagaimanapun lokasi sangat menentukan ramai atau tidaknya sebuah guest house. Oleh karenanya pilih daerah yang benar-benar nampak membutuhkan kehadiran penginapan. Misalnya, di kota besar atau daerah wisata yang sedang berkembang pesat. Beberapa lokasi yang bisa dijadikan sebagai pilihan membangun guest house: dekat bandara, dekat stasiun, dekat terminal, dekat lokasi wisata.
  2. Perijinan
    Mengurus perijinan homestay tidak serumit perijinan hotel. Oleh karenanya bisnis guest house masih memungkinkan dikembangkan oleh perorangan. Setelah memiliki ijin dari masyarakat setempat, kita tinggal mengurus ijin di kantor dinas perijinan dan dinas pariwisata setempat untuk mendaftarkan homestay milik Anda.
  3. Pangsa Pasar
    Pansag pasar harus ditentukan sejak awal rencana pembangunan homestay. Dengan penentuan pangsa pasar sejak awal, kita dapat lebih leluasa dalam mengolah konsep desain dan tata letak menjadi seperti yang kita inginkan. Misalkan, untuk pangsa pasar keluarga di lokasi wisata, sebaiknya membangun guest house dengan kamar yang lebih luas. Sebaliknya dalam membangun homestay dengan pangsa pasar penumpang pesawat, cukup kamar yang sedang saja, asal bisa beristirahat sambil menunggu waktu transit atau jadwal keberangkatan pesawat.
  4. Konsep atau Tema
    Akan lebih menarik dan memikat calon konsumen apabila homestay yang dibangun memiliki konsep atau tema tertentu. Misal tema budaya jawa, tema modern minimalis, tema kebun, tema butik, dan tema menarik lainnya. Sesuaikan eksterior dan interior guest house dengan tema tersebut. Buatlah menu makanan, minuman, dan hiburan yang juga sesuai dengan tema tersebut. Misal, dengan menghadirkan karawitan gending Jawa setiap Sabtu malam bagi guest house dengan tema budaya Jawa.
  5. Strategi Marketing
    Siapkan sarana atau senjata marketing, seperti papan nama yang cantik sesuai dengan tema himestay yang telah Anda tentukan. Siapkan juga brosur cetak sebagai bahan marketing offline. Selain itu siapkan juga sistem marketing online, melalui media sosial dan dengan membuat website yang menarik. Tak kalah pentingnya, Anda harus menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan tour and travel. Saat ini ada banyak perusahaan tour and travel yang menawarkan keperluan wisata secara lengkap mulai dari tiket pesawat, kereta api, kapal laut, sewa mobil, hingga penginapan secara online. Jika memungkinkan lakukan kerjasama dengan mereka agar homestay lebih dikenal dan bisa dipilih oleh pengguna.
  6. Siapkan Modal
    Jika kelima hal tersebut sudah siap, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis homestay adalah menyiapkan modal. Hitung kebutuhan modal untuk usaha Anda. Kemudian cek rekening, apakah Anda memiliki uang yang cukup untuk memulai usaha tersebut. Jika tidak jurus selanjutnya adalah mencari pinjaman, bisa dari keluarga, teman, atau layanan perbankan. Jika semua hal tersebut tidak memungkinkan, mulai buatlah proposal usaha, dan cari investor dengan sistem bagi hasil yang saling menguntungkan.
  7. Saatnya Action…
    Langkah terakhir adalah segera action…

Analisa Usaha Homestay

Modal Awal

  • Renovasi rumah: Rp 50.000.000,-
  • Pengadaan perlengkapan kamar dan ruang lain: Rp 50.000.000,-
  • JUMLAH: Rp 100.000.000,-

Biaya Operasional

  • Sewa Rumah: Rp 15.000.000,-
  • Sabun mandi dan cuci: Rp 250.000,-
  • Kebersihan: Rp 250.000,-
  • Gaji Karyawan 3 orang @Rp 1.500.000: Rp 4.500.000,-
  • Makan pagi 30 hari x 5 kamar x Rp 15.000: Rp 2.250.000,-
  • JUMLAH: Rp 22.250.000,-

Omset/Pendapatan

Sewa kamar hari biasa:

= 5 kamar x 20 hari x Rp 250.000

= Rp 25.000.000,-

Sewa kamar weekend:

= 5 kamar x 6 hari x Rp 300.000

= Rp 9.000.000,-

Keuntungan dari makanan Rp 2.500.000,-

Sehingga jumlah omset per bulan: Rp 36.500.000,-

Keuntungan/Laba Bersih

= Omset – Biaya Operasional

= Rp 36.500.000 – 22.250.000

= Rp 14.250.000,-

BEP (Break Event Point)

= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 100.000.000 / Rp 14.250.000

= 7,02 bulan = 211 hari

Bagaimana Sahabat PoBis? Menurut perhitungan diatas, bisnis guest house memiliki prospek yang luar biasa bagus. Semoga tulisan ini dapat memberi gambaran bagi Sahabat PoBis yang hendak terjun dalam bisnis homestay.

sumber gambar bisnis homestay:

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Bisnis Homestay Lengkap Dengan Analisa Usaha

10 COMMENTS

  1. Ass. Bapak. saya memiliki usaha kos kosan di jalan yang sama ,.ada dua tempat.( di tempat A.20 Petak dan di tempat B.10 Petak dgn tingkat hunian 98 %) dan saya berniat merubah menjadi penginapan atau hotel dengan alasan perputaran uang lambat. Khusus kos di tempat A. dengan pertimbangan memiliki area parkir yang cukup. dan strategis sekitar 2 Km kampus Universitas Tadulaku. Palu.dan 6 km ke Pusat Kota. apa strategi yang harus saya lakukan.menunggu saran dari bpk lebih lanjut,
    terima kasih

  2. Saya wayan dari nusa penida bali, saya mau nanya bagaima cara mempromosikan homestay di internet, atau mungkin ada yang mau kerjasama, untuk bagi hasil, 085339665333
    Saya juga ada lahan kosong dekat pantai atuh dan pantai diamond nusa penida bali. Mungkin ada yang minat bisa kontak saya, Terimakasih

  3. Malam pak heri, untuk biaya operasional air dan listrik sepertinya belum bapak masukkan ya, mohon diinfokan perhitungan biaya air dan listrik perbulan, sehingga kami tau profitnya perbulan

  4. Assalamu’alaikum wr wb.

    salam sejahtera untuk kita semua.

    perkenalkan kami dari tim marketing franchise simply homy, kami adalah perusahaan syariah yang bergerak dibidang franchise guest house management. kami telah mengelola macam – macam asset proporty yang menganggur sehingga mampu bermanfaat. lebih dari 8 tahun ini kami mengoperasionalkan dalam bentuk guesthouse sebanyak 23 guesthouse di Jogja, Solo dan Bogor. untuk info lebih lanjut silahkan dapat dicek pada website kami http://www.simplyhomy.com / Simplyhomy_guesthouse.com

  5. Selamat siang pak..saya sahit purwanto mau tanya..saya selama ini mengelola homestay di batu dan dapat bagian 30% dari omzet bersih sedangkan pemilik dapat 70%. Setelah saya evaluasi bagian saya terlalu kecil..idealnya unt sistem bagi hasil berapakah yg sama sama menguntungkan?

    • untuk bagi hasil bapak . kayaknya lebih baik 50 untuk owner 50 untuk pengelola . karena bapak yang mengeluarkan ide. ide. saya juga pengelola homestay. di bali . harga homestay kami permalam adalah Rp.200000 jadi kami memberi Rp 40000 per night untuk ke owner kami dari pendapatan kotor kami . jadi bapak bisa save 30000 per kamar untuk pengelola. sedangkan biaya operasional 130000 untuk biaya operasional guest house kami. sehingga keuntungan nya adalah 57 persen untuk owner dan 43 persen untuk bapak . mudah mudahan saran saya bapak bisa terima.

  6. Selamat malam Pak heri
    sangat bagus tentang penjelasan bapak diatas mengenai home stay atau resort, saya dan keluarga saya mempunyai suatu bidang tanah yang cukup luas disuatu pulau kecil. Pulau tersebut berada di Propinsi Aceh tepatnya Kab. Simeulue dan pulau tersebut bernama Pulau Siumat serta pulau tersebut juga penduduk yang mempunyai 75 KK dipulau tersebut didalam pulau kecil itu ada sarana rumah sekolah satu atap karena jumlah penduduknya sedikit, gedung pelayan medis dan gedung keamanan perwakilan Kepolisian. Akan tetapi tanah yang saya miliki itu jauh sedikit dari pemukiman masyarakat dan mempunyai banyak pohan kelapa dan tanaman cengkeh dll serta pantainya putih sangat indah panoramanya. saya sudah lama sekali ingin membangun bisnis home stay atau resort dipulau ini akan tetapi saya belum mempunyai modal dan belum mendapat teman yang bisa invest ke bisnis saya ini. saya ingin tanyakan ke pak heri adalah bagaimana caranya saya ingin mendirikan bisnis ini dan bisa mendapatkan teman yang bisa meng invest home stay atau resort ini, saya juga ingin mengebangkan pariwisata dikampung halaman saya.
    Mohon saran dan pendapat pak heri.
    Sekian dan terima kasih_

    • bapak bis coba dengan membuat homestay dari tenda transparant .dengan modal awal 10 jt per tenda dengan ukuran 5 x 5 meter persegi. dan perlengkapan yang lain seperti kamar mandi bisa bapak buat di luar ruangan dengan konsep kembali ke alam . hal ini sudah di terapkan di bali. dengan harga perkamar 350 rb / malam . dan alhamdulilah kamar penuh selama 1 bulan .

  7. selamat siang pak heri
    saya memiliki lahan 2 hektar didaerah belitung tanjung pandan propinsi kepulauan bangka belitung
    dimana pulau belitung sudah menjadi KEK pariwisata oleh pemerintah .. barangkali ada pencerahan mengenai pembuatan home stay .. apa yg harus sy pertama lakukan sebagai langkah awal meulai bisnis ini ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Bisnis Homestay Lengkap Dengan Analisa Usaha