Bimbel, Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Bimbel alias Bimbingan BelajarAnda mencari peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga? Saat-saat sekarang ini memang merupakan kondisi yang cukup sulit bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Harga-harga kebutuhan hidup yang terus melambung, pendapatan keluarga seringkali pas-pasan bahkan terkadang kurang.

Faktor tersebut mendorong banyak ibu-ibu rumah tangga turut membantu meringankan beban suami dengan menjalankan peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Usaha yang bisa mereka lakukan di rumah, sesuai passion, hobby dan kemampuan, tanpa mengganggu aktivitas utama mereka sebagai ibu rumah tangga.

Faktor lainnya, kebanyakan dari ibu-ibu rumah tangga sebelum mereka berkeluarga, memiliki profesi sebagai wanita karier dengan penghasilan yang cukup baik. Hal tersebut seringkali membuat mereka rindu untuk memiliki penghasilan sendiri. Tak heran bila saat ini, muncul berbagai jenis peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang berawal dari passion, hobby dan kemampuan.

Mungkin Anda salah satu dari sekian ibu-ibu rumah tangga yang terdorong ingin menghasilkan uang sendiri, sukses dengan peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga. Sehingga Anda tidak hanya berhasil membantu meringankan beban suami, namun juga memiliki kebanggaan tersendiri karena kesuksesan yang Anda miliki.

Baca Juga:
Usaha Mandiri Modal Kecil Dengan Kursus Bahasa Asing Rumahan

Dan bagi Anda yang memiliki kelebihan menguasai bidang ilmu tertentu, memiliki passion di dunia pendidikan dan anak-anak, serta senang mengajar, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan untuk membuka bimbel (bimbingan belajar) kecil-kecilan.

Ya, mengapa tidak ? Kecil-kecilan dalam arti Anda tidak perlu space ruangan yang besar dan luas layaknya bimbel komersil pada umumnya. Anda bisa memanfaatkan ruang tamu misalnya, sebagai tempat untuk belajar.

Selain itu, Anda hanya perlu menyiapkan kelengkapan belajar mengajar seperti: papan tulis atau whiteboard, spidol boardmarker aneka warna dan penghapus untuk whiteboard. Ada baiknya bila Anda pun memiliki buku-buku pelajaran rujukan yang digunakan di sekolah-sekolah, sehingga Anda pun menguasai materi yang akan Anda ajarkan kepada siswa siswi bimbel.

Sebelum memulai peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini, ada baiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu. Survey tersebut akan membantu Anda dalam menentukan target market, durasi kegiatan belajar mengajar, tarif mengajar dan mata pelajaran yang akan Anda ajarkan. Anda bisa memulai survey dengan mendata jenjang sekolah apa saja yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda, jam masuk dan keluar sekolah, serta apakah pihak sekolah mewajibkan tambahan belajar di sekolah.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan survey ke beberapa lembaga penyelenggara bimbel komersil untuk mengetahui durasi setiap kegiatan belajar mengajar, mata pelajaran yang diajarkan, serta tarif atau biaya yang dibebankan kepada siswa siswi, apakah dibayarkan setiap pertemuan, setiap minggu, setiap bulan, atau setiap semester.

Setelah Anda mendapatkan data-data hasil survey, saatnya Anda menentukan mata pelajaran apa yang akan Anda ajarkan kepada siswa siswi bimbel. Ada baiknya bila Anda fokus pada 1 (satu) atau 2 (dua) mata pelajaran, sehingga dalam hal penyampaian materi, Anda benar-benar menguasainya dengan baik, dan siswa siswi bimbel Anda akan lebih mudah mengerti dan memahami.

Selain itu, agar proses belajar mengajar berjalan baik, efektif, nyaman dan menyenangkan, Anda bisa memberlakukan kuota maksimal siswa/siswi dalam tiap jenjang kelas, misalkan maksimal 5 (lima) orang per-jenjang kelas.

Dalam hal penentuan tarif mengajar, sebaiknya Anda cermat, sehingga tarif yang nantinya Anda bebankan ke siswa/siswi bimbel, sesuai dengan kualitas Anda dalam mengajar, dan tarif tersebut bersaing dengan bimbel komersil di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda.

Baca Juga:
Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Usaha Rias Pengantin

Analisa Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

Modal Usaha Bimbel Rumahan

  • Spidol, Whiteboard, dan Penghapus: Rp 500.000,-
  • Kursi: Rp 1.500.000,-
  • Buku Pelajaran: Rp 500.000,-
  • TOTAL: Rp 2.500.000,-

Operasional Usaha

  • Litrik dan Spidol: Rp 300.000,-
  • Lain-lain: Rp 200.000,-
  • TOTAL: Rp 500.000,-

Omset

Rp 5.600.000,- (Uraian di bawah)

Keuntungan

Rp 5.600.000 – Rp 500.000 = Rp 5.100.000,-

Sebagai gambaran, penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari usaha bimbel kecil-kecilan ini, adalah sebagai berikut. Tarif per-siswa per-pertemuan berkisar antara Rp 20,000 – Rp 35,000. Jika dalam 1 (satu) kali pertemuan mempunyai durasi selama 90 menit, dan 1 (satu) kelas maksimal ada 5 (lima) orang, maka Anda bisa mendapat penghasilan sebesar Rp 100,000 – Rp 175,000 per-pertemuan.

Andaikata sehari Anda hanya sanggup mengajar 2 (dua) jenjang kelas (misal kelas 2 dan 4 SD) yang terbagi dalam 2 (dua) pertemuan yang berbeda waktu belajarnya, maka dengan asumsi jumlah siswa/siswi per-pertemuan adalah tetap 5 (lima) orang, maka penghasilan harian Anda berkisar antara Rp 200,000 – Rp 350,000.

Selanjutnya asumsikan Anda hanya bisa meluangkan waktu 4 (empat) hari dalam seminggu untuk mengajar. Maka, penghasilan Anda seminggu berkisar antara Rp 800,000 – Rp 1,400,000, atau dengan kata lain total penghasilan Anda perbulan berkisar antara Rp 3,200,000 – Rp 5,600,000. Angka yang tidak boleh Anda remehkan bukan? Bagaimana, Anda tertarik mengajar? Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga ini tidak bisa Anda remehkan.

sumber gambar: infoloka.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bimbel, Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bimbel, Peluang Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga