Apakah Pengertian Peluang Usaha?

pengertian peluang usaha menurut para ahliMenurut Entrepreneur.com, pengertian peluang usaha adalah paket investasi bisnis yang memberi jalan bagi pelaku usaha untuk memulai bisnis mereka. Pengertian ini distandarkan pada The Federal Trade Commision dan diakui oleh 25 negara bagian di Amerika.

Bagaimana dengan pandangan mengenai pengertian peluang usaha dalam versi pandangan pakar di Indonesia? Pengertian peluang usaha menurut para ahli adalah sebuah kesempatan dengan nilai ekonomi di dalamnya dengan memanfaatkan kemampuan dalam menghasilkan sebuah produk atau jasa yang bernilai guna dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat baik secara umum atau khusus.

Peluang usaha bersifat sangat kompleks dan kerap kali berbeda-beda berdasar beragam kriteria. Peluang usaha dalam satu daerah bisa berbeda dengan peluang usaha pada daerah lain. Peluang usaha pada satu kelompok social juga akan berbeda dari kelompok social lain. Dan itu sebabnya pengertian peluang usaha sangat terkait dengan pemahaman akan sumber daya yang ada, baik dari sisi pasar maupun dari sisi pelaku usaha.

Sumber daya pada pasar di sini bisa berarti kondisi khusus yang menjadi karakter lokasi dan kondisi khusus yang menjadi karakter dari konsumen potensial yang bisa berkembang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar.

Sedang sumber daya pada pelaku usaha adalah kemampuan dari pelaku usaha yang memiliki nilai ekonomi. Kemampuan ini bisa berupa kemampuan membuat produk, melakukan sebuah jasa, menyalurkan sebuah produk, atau kemampuan menghasilkan gagasan dengan nilai ekonomi.

Artinya dalam memahami pengertian peluang usaha, terdapat dua aspek penting yang terlibat di dalamnya, yakni sumber daya dari pasar dan sumber daya dari pelaku usaha itu sendiri yang kemudian berkembang menjadi sebuah peluang yang berpotensi secara ekonomi.

Lalu bagaimana menemukan ide peluang usaha? Dimana saja dan kapan saja. Setiap hal di sekitar Anda bisa saja berkembang menjadi potensi usaha yang bisa Anda kembangkan. Ide peluang usaha sendiri bisa berangkat dari apa yang selama Anda dan lingkungan Anda keluhkan, dengan membangun sebuah ide usaha yang mampu mengentaskan keluh kesah yang muncul pada lingkungan Anda.

Misalkan contoh sederhana saja, ketika banyak orang di lingkungan Anda tinggal mengeluhkan betapa repotnya harus menyediakan sarapan di rumah pada pagi hari. Maka Anda bisa memulai sebuah usaha dengan menyediakan sarapan di depan rumah. Dari sana Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan sarapan. Beberapa contoh peluang usaha dapat Anda temukan disini.

Ide peluang usaha juga bisa berasal dari masalah yang muncul dari bisnis yang sudah berjalan di sekitar Anda. Misalkan ketika Anda melihat banyak pelaku usaha pertanian kerepotan untuk mengirim barang produksi hasil taninya ke pasar induk, Anda bisa menyediakan jasa angkutan sayuran ke pasar induk.

Ide peluang usaha lain yang bisa menjadi inspirasi Anda seperti ketika Anda menemukan sumber daya bahan yang bisa leluasa Anda dapatkan dan Anda kreasikan menjadi produk bernilai ekonomi. Misalkan bila di dekat rumah Anda terdapat industri garmen dengan sisa kain perca berlimpah. Anda bisa manfaatkan kain perca tidak terpakai ini sebagai bahan pembuatan tas, pernak-pernik rumah tangga seperti bantal, bungkus tisu, cover galon dan sebagainya.

Peluang usaha juga bisa muncul dari penemuan produk yang anyar dan sekiranya memiliki nilai jual karena dibutuhkan pasar. Misalkan peluang usaha yang muncul dari penemuan alat penghemat bahan bakar bensin. Temuan ini memiliki nilai ekonomi yang menarik karena bisa Anda jual dengan harga bersaing mengingat pasar pasti membutuhkan produk tersebut.

Selain aspek kebutuhan dan keinginan pasar, aspek sumber daya yang ada, rupanya aspek nilai ekonomi juga berperan dalam sebuah peluang usaha. Karena tujuan dari pelaung usaha adalah keuntungan dan penghasilan. Jadi jelas produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki nilai jual dan sekiranya akan memiliki nilai permintaan di pasar.

Aspek nilai ekonomi ini juga berkaitan dengan nilai pengembalian modal, karena dalam setiap usaha ada modal yang harus diinvestasikan. Nilai investasi ini harus dapat dikembalikan dari pemasukan usaha yang datang dari penjualan.

Dan aspek penting terkahir terkait pengertian peluang usaha adalah bagaimana mengembangkan sebuah peluang usaha untuk bisa mendapatkan sambutan positif dari pasar. Maka di sini peran pemasaran jelas sangat penting dalam peluang usaha, karena dengan pemasaranlah produk dapat dikenal pasar dan akhirnya terjadi penjualan.

sumber gambar: under30ceo.com

Artikel Bisnis Pilihan

Apakah Pengertian Peluang Usaha?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Apakah Pengertian Peluang Usaha?