21 Peluang Usaha Sampingan Terbaik Yang Penghasilannya Melebihi Gaji Anda

Peluang Usaha SampinganPeluang usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga dan karyawan merupakan solusi jitu untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan lebih banyak. Jaman kebutuhan semakin banyak, harga-harga cenderung naik setiap tahun. Maka kita harus pandai-pandai dalam mengelola keuangan, terutama dalam mendapatkan penghasilan tambahan. Bagaimanapun, jumlah uang masuk harus lebih besar daripada uang keluar.

Dalam tulisan ini Pojok Bisnis akan membahas secara detail peluang usaha sampingan. Karena itu kita akan membaginya dalam 6 sub bagian. Pada sub bagian pertama kita bahas alasan menggeluti usaha sampingan. Selanjutnya pada bagian kedua kita akan bekali diri dengan 5 tips sukses usaha sampingan. Kemudian di bagian ketiga kita sudah masuk pada daftar peluang yang prospektif dimulai dengan usaha sampingan untuk ibu rumah tangga. Meliputi 5 peluang usaha terbaik yang dapat dijalankan ibu rumah tangga. Lanjut pada bagian keempat kita akan kupas 5 peluang usaha sampingan untuk karyawan. Selanjutnya bagian kelima dan keenam akan bahas usaha sampingan berdasarkan lokasi usaha, yaitu yang dijalankan di rumah, dan terakhir yang memiliki prospek bagus untuk dijalankan di desa.

Bagi ibu rumah tangga tak ada salahnya membantu suami dalam mendapatkan penghasilan. Kesibukan mengurus rumah tangga diakui memang tidak bisa dibilang sedikit, bahkan bisa jadi lebih banyak dari pekerjaan kantor kaum lelaki. Namun ada banyak hal yang melatar belakangi kaum ibu untuk ikut terjun menggeluti peluang usaha sampingan. Bukan hanya untuk mendapatkan penghasilan tambahan, namun terkadang kaum ibu juga perlu aktualisasi diri. Nanti kita akan bahas lebih lanjut beberapa alasan yang menyebabkan kita ingin menggelutinya.

Sedang bagi karyawan, terkadang banyak waktu luang, dikala semua perkerjaan kantor sudah selesai. Karena itu tak ada salahnya jika sebagai karyawan kita ingin menyulap waktu luang tersebut menjadi uang. Dalam beberapa kasus tak jarang relasi kantor justru menumbuhkan peluang usaha di luar urusan kantor yang sangat sayang apabila dilewatkan.

Sifat utama usaha sampingan yang harus Anda perhatikan adalah bahwa ia haruslah dapat dikerjakan di sela waktu luang Anda. Jika sebuah peluang terlalu banyak menyita waktu dan perhatian, maka peluang usaha tersebut tidak cocok untuk digarap sebagai bisnis sampingan.

Selain dikerjakan secara sampingan, seyogyanya dipilih usaha tanpa modal besar. Karena usaha ini dikerjakan dengan memanfaatkan waktu luang. Dengan memilih usaha modal kecil, diharapkan bisa meminimalisir resiko. Sehingga bisa dikatakan peluang usaha sampingan sebagai bisnis tanpa resiko, atau lebih tepatnya adalah minim resiko. Karena jika dilihat dari segi resiko finansial, maka resiko kerugian hanyalah sebatas modal yang Anda sertakan.

Namun demikian, sebaiknya Anda tidak memandang ‘enteng’ usaha sampingan. Sekali lagi, goal Anda ketika terjun menggeluti sebuah bisnis adalah SUKSES. Peluang usaha sampingan modal kecil sebagai jenis bisnis tanpa resiko bukan berarti Anda dapat menjalankannya asal-asalan, toh resikonya kecil. Saya katakan demikian agar Anda tidak terlalu ‘terbebani’ dan lebih berani untuk terjun dalam dunia usaha.

Bagaimana Sahabat PoBis? Sudah semangat ingin terjun dalam dunia usaha? Sudah tidak sabar ingin tahu, apa saja peluang usaha sampingan yang prospektif yang dapat Anda jalani, baik oleh Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga, karyawan, maupun Anda yang tinggal di desa? Namun sebelumnya kita akan bahas secara runut, pada sub bagian pertama ini kita akan mulai dengan membahas beberapa alasan orang terjun atau menekuni usaha sampingan.

Alasan Menjalankan Usaha Sampingan

Kenapa Anda perlu tahu alasan yang melatar belakangi Anda terjun menekuni usaha sampingan? Karena dengan mengetahui alasan tersebut, Anda dapat menentukan goal dengan lebih mudah. Apapun alasan Anda dalam menggeluti bisnis sampingan, jika dilakukan secara sungguh-sungguh, maka tak tertutup kemungkinan usaha tersebut akan menjadi besar dan menjadi bisnis utama Anda.

– Perlu Uang Tambahan
Mungkin alasan pertama ini terdengar klasik, namun tak dipungkiri bahwa kebutuhan finansial menjadi alasan paling banyak yang melatar belakangi kita untuk terjun menggeluti peluang usaha sampingan. Sebagaimana disinggung di awal tulisan, saat kebutuhan makin menggunung, tagihan semakin menghantui. Sementara gaji atau penghasilan pokok tidak memadai, maka Anda harus memeras otak lebih keras. Berhutang bukanlah solusi cerdas untuk menghadapi masalah keuangan tersebut. Cara terbaik adalah dengan mendapatkan penghasilan tambahan melalui usaha sampingan.

– Persiapan Pensiun
Pensiun harusnya menjadi saat dimana kita menikmati hidup. Tapi itu bukan berarti kita harus berdiam diri tanpa aktifitas. Salah sudah melihat banyak orang setelah memasuki masa pensiun, karena tidak memiliki aktifitas, justru kondisi/performa fisiknya mengalami penurunan yang drastis. Mempersiapkan sebuah usaha sebagai kegiatan mengisi waktu setelah masa pensiun merupakan langkah bijak. Agar nanti kita memiliki aktifitas setelah pensiun, sehingga tubuh dan pikiran tetap aktif. Namun usaha tersebut sebaiknya juga tidak menguras tenaga dan pikiran. Nah, mempersiapkan usaha tersebut dari awal dapat dikerjakan dengan memulai peluang usaha sampingan.

– Aktualisasi Diri
Tidak jarang pekerjaan tidak sesuai dengan hobi, ibu rumah tangga juga butuh aktualisasi untuk menyalurkan hobi atau kegemarannya. Memulai bisnis berawal dari hobi adalah hal yang luar biasa menyenangkan dan memiliki kemungkinan untuk sukses lebih besar. Seperti Hesti Djatmiko yang sukses menggeluti bisnis baju anak berawal dari hobi bisa tembus ekspor mancanegara, ikuti kisah sukses selengkapnya disini. Pojok Bisnis sudah sering menurunkan tulisan mengenai bisnis berawal dari hobi, diantaranya: Belajar Bisnis Kecil-Kecilan Dengan ide Dari Hobi dan Jenis Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Dengan Mengembangkan Hobi. Anda dapat membaca tautan artikel tersebut sebagai referensi tambahan untuk memperkaya wawasan.

– Mempersiapkan Usaha Warisan
Usaha bisa diwariskan. Ini salah satu alasan dan faktor pendorong saya dalam menggeluti dunia usaha. Kita merintis usaha, mungkin usaha kita tidak sebesar konglomerat kelas kakap. Namun anak cucu kita dapat meneruskan dan mengembangkan usaha yang telah kita rintis tersebut.

– Mengisi Kegiatan Di Waktu Kosong
Merubah waktu luang menjadi uang. Time is money. Waktu begitu sangat berharganya, waktu yang sudah terbuang tidak dapat diulang kembali. So, gunakan waktu sebaik-baiknya. Jadi merupakan pilihan cermat apabila menggunakan Anda menggunakan waktu luang untuk menekuni peluang usaha sampingan.

– Memanfaatkan Jaringan
Tak jarang relasi kantor dapat memungkinkan timbulnya peluang usaha yang menarik. Tidak ada salahnya peluang tersebut disikat, asal itu tidak berkaitan dengan kantor. Namun jika peluang tersebut masih berkaitan dengan usaha kantor, maka hal tersebut tidaklah etis. Selain itu, peluang tersebut haruslah tidak mengesampingkan dan tidak mengganggu waktu kerja kantor. Bagaimanapun saat Anda masih berstatus sebagai karyawan sebuah perusahaan, maka urusan kantor masih menjadi prioritas yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu. Sebagai karyawan, usaha yang Anda geluti tidak boleh mengganggu priorotas tersebut. Jika tidak bisa menjaga prioritas, maka Anda harus resign.

Tips Sukses Usaha Sampingan

Meskipun peluang usaha sampingan modal kecil sehingga bisa dikatakan tanpa resiko. Namun tetap saja kita harus memiliki goal untuk menjadi sukses dengan memperkecil faktor-faktor yang menjadi unsur kegagalan dalam sebuah usaha. Selain faktor-faktor kegagalan yang akan diurai dalam sub bagian ini, Anda harus membaca artikel tentang kegagalan bisnis yang pernah tayang di Pojok Bisnis, yaitu 7 Tanda Kegagalan Bisnis Yang Harus Anda Waspadai dan Tips Dalam Menghadapi Kegagalan Berwirausaha.

Berikut ini 5 tips sukses usaha sampingan yang harus Anda pegang teguh:

1. Perencanaan Bisnis Yang Matang
Sebagian besar menganggap bisnis sampingan sebagai bisnis ‘sambil lalu’, sehingga juga dikerjakan secara sambil lalu. Sangat jarang orang yang menggeluti usaha sampingan, namun membuat perencanaan yang matang di awal sebelum terjun dalam bidang usaha tersebut. Jika ingin memperbesar peluang sukses, rencanakan bisnis Anda secara matang. Bisnis plan yang detail akan lebih bagus, namun jika tidak bisa, Anda dapat membuat bisnis plan sederhana, silakan klik untuk melihat Contoh Bisnis Plan Sederhana.

2. Mindset/Pola Pikir
Pola pikir yang keliru karena banyak yang mengganggap sepele peluang usaha sampingan. Sehingga tidak banyak yang melakukan pemikiran yang menyeluruh sebelum terjun dalam peluang usaha tersebut. Tidak ada survey pasar, sebagian besar berangkat dari asumsi semata, akibatnya strategi pemasaran dan strategi menghadapi pesaing jadi serba tidak jelas. Dan kurang tepat, sehingga tidak bisa mencapai sasaran secara tepat. Rubah pola pikir Anda sekarang juga!

3. Skala Prioritas
Sebagai karyawan sebuah perusahaan, jika dihadapkan pada pilihan urusan kantor atau urusan bisnis pribadi, maka Anda harus memilih urusan kantor terlebih dahulu. Itu sudah menjadi konsekuensi kita sebagai karyawan. Karena itu pilih jenis peluang usaha sampingan yang tidak mengganggu waktu kerja Anda. Atau jika satu saat usaha Anda mendapat order yang banyak, sehingga menyita waktu, maka Anda dapat mendelegasikannya ke orang lain. Atau alternatifnya, jangan terima order terlalu banyak. Alih-alih dapat menyelesaikan semua order, karena waktu yang terbagi dengan pekerjaan utama, bisa jadi usaha Anda berjalan tersendat dan tidak bisa menyelesaikan semua order, maka konsumen akan kecewa. Dalam jangka panjang, konsumen yang kecewa akan berakibat buruk bagi usaha Anda. Perhatikan Skala Prioritas!

4. Kelola Keuangan Dengan Baik
Baik karyawan maupun ibu rumah tangga sering melakukan kesalahan ini dalam mengelola usaha sampingan. Jaga cash flow selalu positif, pisahkan uang untuk bisnis dengan uang pribadi. Apalagi uang kantor, tidak hanya bahaya, tapi juga haram bagi seorang karyawan mencampurkan uang usaha dengan uang kantor. Agar dapat mengelola keuangan dengan baik, Anda wajib baca artikel berikut: Cara Mengatur Keuangan Usaha dan Uang Keluarga.

5. Pahami Pasar Dan Persaingan
Bisa jadi karena memang tidak paham, atau karena mengganggap remeh, sehingga pelaku usaha tidak memahami pasar dan persaingan. Padahal perilaku konsumen dan persaingan ini merupakan landasan kita dalam bergerak menentukan strategi promosi dan pemasaran.

Daftar Peluang Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga Dan Karyawan

#1. Best Of All: Bisnis Online

Bisnis online ini merupakan alternatif terbaik untuk peluang usaha sampingan tanpa modal besar, baik untuk ibu rumah tangga, maupun untuk karyawan. Bahkan juga cocok untuk dijalankan di desa, karena koneksi internet sekarang sudah menjangkau hingga pelosok desa.

Ada banyak peluang bisnis online yang dapat Anda jalani. Mulai dari micro job, seperti memasukkan data, mengisi survey, dan lain-lain. Beberapa pekerjaan lain yang bisa dilakoni secara online:  penerjemah, desain grafis, penulis artikel, bisnis dropship, program affiliate, publisher, youtuber, dan lain-lain.

Informasi lengkap mengenai peluang bisnis online dapat Anda simak di artikel berikut: Peluang Bisnis Online.

Peluang Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Pada sub bagian ini kita akan bahas peluang usaha sampingan ibu rumah tangga. Karena sebagian besar ibu rumah tangga punya hobi memasak, maka sebagian besar usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga juga berkaitan dengan bisnis kuliner.

1. Bisnis Catering
Dengan memanfaatkan peralatan memasak yang sudah dimiliki, Anda dapat memulai bisnis catering sebagai peluang usaha sampingan tanpa modal. Fokus pada satu jenis bisnis katering terlebih dahulu; apakah katering anak kos mahasiswa maupun karyawan, katering acara besar seperti pernikahan, ulang tahun, sunatan, seminar dan semacamnya. Informasi lebih lengkap silakan langsung klik Peluang Usaha Catering Lengkap Dengan Perhitungan Analisa Usahanya.

2. Usaha Kue Kering atau Kue Basah
Usaha kue kering atau kue basah ini juga merupakan peluang usaha sampingan tanpa modal yang dapat Anda mulai dengan memanfaatkan perlatan memasak yang sudah Anda miliki. Selama ini ada anggapan yang kurang tepat, yaitu bahwa usaha kue kering merupakan bisnis musiman yang hanya prospektif di saat menjelang lebaran. Padahal Anda tetap dapat menjalaninya di luar lebaran. Info lebih lengkap silakan langsung klik Peluang Usaha Kue Kering Rumahan.
Selain kue kering, jenis kue basah atau jajanan pasar juga memiliki prospek yang tak kalah moncernya. Bahkan dari bisnis kue basah yang awalnya digarap sebagai usaha sampingan, Gracia Wenni mampu meraup omset 350 juta per bulannya. Simak kisah lengkapnya disini.

3. Bimbingan Belajar/Les/Kursus
Ibu rumah tangga yang pernah bercita-cita menjadi guru, senang mengajar, usaha bimbel bisa jadi pilihan peluang usaha sampingan yang tepat. Simak informasi lengkapnya berikut ini: Peluang Usaha Bimbel.

4. Usaha Gorengan dan Jus Buah
Usaha gorengan dan jus buah ini sangat sederhana. Tiap ibu rumah tangga pasti bisa melakukannya. Jadi secara teknik, sudah tidak ada halangan lagi. Prospek pasarnya pun sudah jelas, setiap orang suka makan gorengan. Anda dapat memulainya tanpa modal, karena Anda pasti sudah punya penggorengan. Tapi bagaimana cara menyulap gorengan menjadi sebuah peluang usaha? Langsung saja klik informasi lengkapnya Peluang Usaha Gorengan Lengkap Dengan Tips Suksesnya. Sedang untuk jus buah, Anda harus belajar strateginya di tautan berikut Peluang Usaha Jus Buah Segar Lengkap Dengan Strategi Dan Analisa Usahanya.

5. Membuat Berbagai Kerajinan Tangan
Tangan wanita tidak hanya lembut, namun juga terampil. Tangan-tangan terampil kaum ibu tak jarang mampu menyulap benda tak berguna menjadi bernilai tinggi. Produk yang dihasilkan pun beragam, mulai dari asesoris wanita, hiasan interior, hingga furniture rumah tangga. Usaha kerajinan tangan merupakan usaha modal kecil, modal terbesarnya adalah kreatifitas. Untuk lebih jelasnya silakan klik Contoh Bisnis Kreatif Kerajinan Tangan Tembus Ekspor.

Peluang Usaha Sampingan Karyawan

Hal utama yang harus menjadi perhatian dalam memilih peluang usaha sampingan karyawan adalah soal waktu yang fleksibel atau menyesuaikan dengan jam kerja. Karena itu sebagian besar peluang yang ada dalam list berikut ini merupakan jenis peluang yang fleksibel terhadap waktu. Anda dapat menjalankan bisnis tersebut kapan saja dan dimana saja. Kecuali usaha cafe sederhana yang tidak bisa dijalankan kapanpun dan dimanapun. Langsung saja mari kita simak info lengkapnya:

1. Jual Beli Motor/Mobil Bekas
Jual beli motor atau mobil bekas bisa jadi peluang usaha sampingan tanpa modal yang cocok bagi karyawan. Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan relasi yang Anda miliki sekarang. Secara tradisional biasa disebut makelaran, kalau di bisnis online semacam affiliate marketing. Tak sedikit yang sukses bisnis makelaran ini, dan sekarang sudah memiliki showroom motor atau mobil bekas.

2. Usaha Cafe Sederhana
Penat setelah bekerja seharian? Anda bisa refreshing dan nongkrong di cafe setiap malam dengan membuka peluang usaha cafa sederhana milik sendiri. Untuk bisnis yang satu ini Anda membutuhkan modal yang lumayan. Cafe sederhana atau kedai kopi, untuk modal awal kurang lebih membutuhkan Rp 20 juta – Rp 30 juta. Sebagai karyawan, Anda dapat menjalaninya secara sampingan, karena cafe atau kedai kopi beroperasi di malam hari. Langsung saja telusuri info lengkapnya Peluang Usaha Cafe Sederhana yang membahas secara detail hingga perhitungan analisa usahanya. Atau yang lagi kekinian Peluang Usaha Kedai Kopi juga dibahas lengkap dengan perhitungan analisa usahanya.

3. Bisnis MLM
Banyak yang ‘alergi’ terhadap bisnis MLM. Tali silaturahmi bisa putus, karena merasa risih di follow up terus. Bahkan saya pernah dengar ada yang berantem secara fisik dengan teman sendiri gara gara MLM. Namun Anda dapat mengambil sisi baik dari bisnis MLM ini, terutama bonusnya yang bikin ngiler. Sisi baik lainnya adalah gemblengan mental dan sistem pelatihan penjualan yang bakal menggembleng Anda menjadi entrepreneur yang mumpuni. Jika menjalani MLM sebagai usaha sampingan, pastikan Anda membaca Tips Dan Cara Bisnis MLM. Dan sebelum gabung dengan salah satu MLM, pastikan track recordnya, silakan simak 10 MLM Terpopuler Di Indonesia.

4. Agen Properti
Bisnis properti rasanya legit bak madu. Buktinya hampir semua pengusaha besar, bermain dalam bisnis properti. Tapi karena kita hendak menggarapnya sebagai usaha sampingan, maka yang cocok dan masuk akal adalah sebagai agen properti. Sambil berharap (dan tentunya disertai dengan usaha) suatu saat bisa benar-benar memiliki bisnis properti seperti pengusaha-pengusaha besar tersebut.

5. Agen Asuransi
Agen asuransi komisinya besar, dan bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Pemasarannya dapat dilakukan dengan memanfaatkan network yang Anda miliki.

Peluang Usaha Sampingan Di Rumah

Sebagai referensi tambahan peluang usaha sampingan di rumah, Anda harus juga membaca artikel yang sebelumnya pernah terbit di Pojok Bisnis, yaitu tentang Peluang Usaha Rumahan. Dalam artikel tersebut dibahas 20 peluang usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan di tahun ini. Hanya saja dalam artikel tersebut ada beberapa peluang usaha yang bisa Anda jadikan sebagai usaha utama. Namun pada sub bagian ini kita hanya akan memilih jenis peluang usaha yang bisa digarap secara sampingan.

1. Laundry Kiloan
Mesin cuci memudahkan pekerjaan rumah tangga dalam hal mencuci baju. Namun meskipun memiliki mesin cuci, seringkali kita menyerahkan urusan pakaian kotor pada laundry kiloan. Karena harganya murah, dan hasilnya memuaskan. Dan laundry kiloan menjadi usaha rumahan yang menjamur. Dan sebagai peluang usaha sampingan di rumah, Anda bisa mengerjakannya sambari menyelesaikan urusan rumah tangga lainnya. Lebih lengkapnya klik Cara dan Peluang Usaha Laundry Kiloan.

2. Bisnis Coklat
Siapa yang tak tergoda lezatnya coklat? Orang tua yang melarang anaknya agar tidak terlalu sering mengkonsumsi coklat, diam-diam ternyata juga suka coklat. Dan Anda dapat menggarapnya sebagai peluang usaha sampingan di rumah. Dapatkan informasi lengkap dengan strategi promosi dan analisa usahanya di tautan berikut Peluang Usaha Coklat Rumahan.

3. Ikan Hias
Bisnis ikan hias dapat dimulai dengan memanfaatkan aquarium, tidak membutuhkan lahan yang luas. Apalagi jika Anda memang sudah gemar memelihara ikan hias. Maka pilihan bisnis ikan hias ini sangat tepat bagi Anda. Selain teknik pemeliharaan ikan hias, pelajari juga teknik pemijahannya. Langsung saja klik dan simak Cara Memulai Bisnis Ikan Hias.

4. Agen PPOB
Bisnis agen pembayaran online atau biasa dikenal PPOB bisa dimulai dengan bermodal smartphone. Sangat cocok dijalankan sebagai peluang usaha sampingan di rumah karena sifatnya yang praktis dan mudah. Prospek bisnis ini bisa dihitung dari jumlah rata-rata tagihan yang dimiliki orang-orang di sekitar Anda. Ada tagihan listrik, tahihan indihome, tagihan PDAM, tagihan kartu kredit, tagihan kredit motor, kredit mobil dan lain sebagainya. Langsung saja pelajari detailnya pada tautan berikut Peluang Usaha PPOB lengkap dari cara memulai hingga perhitungan analisa usahanya.

5. Jasa Desain
Pada prinsipnya semua bisnis jasa bisa dijalankan di rumah, termasuk jasa desain. Baik itu desain grafis, desain interior, desain busana, dan lain sebagainya. Pemasarannya bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet. Coba cek pada poin nomor 9 dalam artikel berikut Peluang Bisnis Online.

Peluang Usaha Sampingan Di Desa

Hidup di desa bukanlah penghalang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada beberapa peluang usaha sampingan di desa yang prospektif untuk Anda jalani. Pemilihan jenis usaha di desa disesuaikan dengan kebutuhan orang-orang yang ada di sekitar lokasi usaha. Jika Anda tinggal di desa, tak perlu berkecil hati, ada beberapa peluang usaha yang cocok untuk Anda. Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Toko Kelontong/Sembako
Toko kelontong bisa dikatakan sebagai usaha paling prospektif untuk dijalankan di desa. Namanya juga jual sembako, kebutuhan pokok, jadi semua orang pasti membutuhkannya. Sementara di desa, akses terhadap swalayan tradisional ataupun minimarket cukup jauh. Meskipun terlihat sederhana, namun banyak juga yang masih bingung bagaimana cara memulai usaha toko kelontong. Biar tidak bingung, langsung saja klik Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong.

2. Ternak Ayam Kampung
Ayam goreng menduduki peringkat pertama dalam bisnis kuliner. Belum lagi olahan ayam yang lain. Jadi kebutuhan pasokan ayam sangatlah tinggi. Sementara, ayam kampung punya pangsa pasar tersendiri. Anda dapat memulai peluang usaha sampingan di desa dengan ternak ayam kampung secara kecil-kecilan. Informasi lengkapnya dapat disimak di Peluang Usaha Budidaya Ayam Kampung Super. Dalam tulisan tersebut dibahas komplit mulai dari cara membuat kandang, teknik budidaya, strategi promosi, hingga perhitungan analisa usahanya.

3. Jual Pulsa
Penjual pulsa di desa tidak sebanyak di kota. Sementara pengguna ponsel di desa jumlahnya tak jauh berbeda dengan warga kota. Jualan pulsa dan paket data internet dapat Anda jalani sebagai peluang usaha sampingan di desa. Modalnya kecil, hanya deposit pulsa sesuai kemampuan dan manfaatkan ponsel yang Anda miliki sekarang. Tak perlu menunggu waktu lagi, langsung saja klik Peluang Bisnis Pulsa.

4. Ternak Lovebird
Kaum lelaki biasanya hobi burung. Anda yang tinggal di desa dapat menyulap hobi tersebut menjadi uang. Burung lovebird dan kenari adalah contoh jenis burung yang punya nilai jual tinggi, sementara teknik budidayanya terbilang mudah. Pojok Bisnis pernah menerbitka tulisan khusus dalam dua bagian yang membahas detail peluang usaha ternak lovebird tersebut. Langsung saja simak Peluang Usaha Ternak Lovebird.

5. Budidaya Lele
Saya rasa pecel lele sudah menjadi makanan khas tiap daerah. Di jogja warung pecel lele lebih mudah ditemukan dibanding penjual gudeg. Di malam hari lesehan pecel lele bisa dijumpai di tiap ruas jalan. Jadi kebutuhan pasokan lele jelas amat besar. Budidaya lele bisa jadi pilihan yang baik untuk usaha sampingan di desa. Namun banyak yang awam dengan cara pemasarannya, langsung saja simak Cara Jitu Pemasaran Ikan Lele. Sebagai alternatif Anda dapat menjual lele sebagai makanan olahan, sehingga nilainya lebih tinggi, misalnya Dengan Produksi Abon Ikan Lele.

sumber gambar peluang usaha sampingan: ifoa.it

Artikel Bisnis Pilihan

21 Peluang Usaha Sampingan Terbaik Yang Penghasilannya Melebihi Gaji Anda

21 Peluang Usaha Sampingan Terbaik Yang Penghasilannya Melebihi Gaji Anda