20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Tahun 2019

Peluang Usaha Rumahan Modal KecilPeluang usaha rumahan modal kecil selalu menjadi incaran. Peluang usaha rumahan hampir bisa dipastikan selalu membutuhkan modal yang tidak banyak. Ya, benar! Usaha rumahan adalah usaha modal kecil. Namun jangan pandang remeh! Tidak sedikit usaha rumahan yang berhasil naik level menjadi usaha dengan skala yang lebih besar, bahkan ada juga yang berhasil menjelma menjadi usaha skala industri.

Kabar gembiranya, Anda akan saya bagi informasi peluang usaha 2019 model rumahan dengan modal kecil yang memiliki prospek menjanjikan. Artinya, peluang yang saya bagikan ini memiliki prospek dan potensi yang besar untuk Anda lakoni. Saya sudah memilihnya secara khusus untuk Anda dari sekian banyak peluang. Awalnya ada 500 lebih peluang, kemudian saya saring hingga tersisa 100, dan terakhir saya kerucutkan menjadi 20 peluang usaha rumahan yang menjanjikan di tahun 2019. Simak juga Jenis-Jenis Peluang Usaha Yang Menjanjikan Untuk Ibu Rumah Tangga.

Jika Anda mencari peluang usaha baru, mungkin Anda akan sedikit kecewa. Karena tidak ada usaha baru dalam daftar peluang usaha rumahan modal kecil ini. Bisa saja Anda memasukkan peluang bisnis online dalam kategori peluang usaha baru. Peluang usaha online dibahas secara lebih detail di artikel terpisah, silakan klik 15 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar untuk mempelajari lebih lanjut.

Secara umum peluang usaha makanan masih memiliki prospek yang bagus di tahun ini. Hanya saja harus diperhatikan bahwa untuk terjun dalam bisnis kuliner, Anda tidak hanya dituntut untuk bisa menghasilkan menu makanan yang enak. Namun juga harus bisa melakukan mengelola usaha dan memiliki strategi marketing yang jitu.

Sebenarnya ada satu peluang usaha makanan yang sedang booming tahun ini, tapi tidak saya masukkan dalam daftar peluang usaha rumahan ini, karena menurut saya akan lebih baik jika digarap bukan sebagai usaha rumahan. Apa itu? Peluang usaha ayam geprek. Jika tertarik Anda dapat mempelajarinya >>>DISINI.

Ide bisnis rumahan dalam daftar ini dapat Anda kembangkan dan sesuaikan dengan melihat potensi yang Anda miliki, dan juga potensi pangsa pasar di sekitar Anda. Sebagian besar usaha rumahan ibu rumah tangga, sehingga cukup cocok dijalani sebagai usaha sampingan disela-sela waktu mengurus rumah tangga. Tanpa meninggalkan kewajiban mengurus rumah tangga, Anda dapat menjalankan roda bisnis. Dan saya akan selalu mengingatkan Anda untuk mengatur keuangan keluarga dan usaha dengan baik. Bagaimana caranya? Silakan langsung KLIK DISINI untuk mengetahui cara mengatur keuangan keluarga dan usaha bagi wanita pengusaha.

Pojok Bisnis sudah sering menurunkan tulisan tentang bisnis ibu rumah tangga. Jika belum membaca, Anda dapat cek rangkumannya >>>DISINI.

Sebelum lebih jauh, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menjalani salah satu peluang usaha rumahan modal kecil dalam daftar ini. Pertama-tama, Anda harus tahu karakteristik (meliputi kelebihan dan kekurangan) bisnis rumahan. Dan yang lebih penting lagi, saya akan persenjatai Anda dengan tips sukses dalam menjalani bisnis rumahan. Tips ini saya rangkum berdasarkan sesi sharing yang saya lakukan dengan beberapa pelaku usaha rumahan yang sukses.

Dengan mengetahui karakteristik yang meliputi kelebihan dan kekurangan usaha rumahan, Anda akan dapat membuat persiapan lebih baik. Sehingga bisa memanfaatkan kelebihannya secara maksimal, dan mengantisipasi kekurangannya dengan langkah-langkah strategis. Sebagaimana pernah dibahas di Cara Bisnis Sukses Untuk Pemula, langsung saja klik dan pelajari 10 cara yang sangat berguna untuk sukses bisnis Anda.

Keunggulan Usaha Rumahan

  • Modal Kecil. Sebagaimana sudah disampaikan di awal tulisan, jenis peluang usaha rumahan ini tergolong usaha modal kecil. Yang paling nyata, tidak perlu sewa tempat, karena dilakukan di rumah. Padahal biasanya sewa tempat menjadi salah satu unsur biaya yang besar dalam merintis sebuah usaha. Selain itu skala usaha juga bisa dikatakan skala kecil, jadi modal peralatan dan lain-lain hampir bisa dipastikan tidak bikin kantong jebol.
  • Manajemen Waktu Lebih Fleksibel. Karena dikerjakan di rumah, maka lebih leluasa mengatur waktu. Bisa melakukan pekerjaan kapan saja. Dengan menekuni peluang usaha rumahan, Anda dapat lebih fleksibel membagi waktu antara urusan bisnis dengan urusan rumah tangga.
  • Full Control. Sekali lagi karena dikerjakan di rumah, Anda dapat melakukan kontrol setiap saat. Mulai dari proses produksi, kualitas produk, hingga penjualan, Anda dapat melakukan pengawasan setiap saat.
  • SDM. Kadang kala, saat peak season, dimana usaha memiliki banyak permintaan, Anda akan kebingungan menambah SDM (Sumber Daya Manusia) secara musiman. Karena usaha dijalankan di rumah, maka Anda dapat minta tolong anggota keluarga yang lain untuk membantu Anda.

Kelemahan Usaha Rumahan

  • Lokasi Tidak Strategis. Sebagian besar rumah tinggal memiliki lokasi yang tidak strategis untuk digunakan sebagai tempat usaha. Sehingga dalam mengelola peluang usaha rumahan Anda harus lebih extra dalam memasarkan produk. Anda dituntut punya strategi pemasaran yang jitu untuk menghadapi produk kompetitor. Kecuali jika Anda hanya ingin berkutat di lingkungan sekitar rumah saja, dan tidak ingin usaha menjadi lebih besar. Cek Strategi Promosi dan Pemasaran yang pernah diberikan Pojok Bisnis.
  • Manajemen Waktu. Tadi saya sudah menulis manajemen waktu pada bagian keunggulan usaha rumahan. Dan sekarang saya menulisnya kembali sebagai salah satu kelemahan usaha rumahan. Ya, benar! Manajemen waktu ini seperti pisau bermata dua. Jika Anda dapat memanfaatkannya, maka akan menjadi faktor unggul. Namun jika Anda tidak dapat mengatur waktu dengan baik, maka urusan bisnis bisa terbengkalai karena terlalu banyak mengurus urusan rumah tangga.
  • Keuangan. Pada sebagian besar, usaha rumahan bukan hanya tidak memiliki catatan pembukuan. Bahkan banyak yang uangnya tercampur-aduk dengan uang pribadi. Karena itu, pastikan Anda memisahkan uang usaha dengan uang belanja rumah tangga. Jika tidak modal usaha akan sedikit demi sedikit tergerogoti juga. Pelajari Cara Mengatur Keuangan Keluarga dan Usaha yang pernah diterbitkan Pojok Bisnis. Dalam artikel tersebut dijelaskan secara gamblang 5 cara sederhana mengelola keuangan keluarga dan uang usaha.

Tips Sukses Peluang Usaha Rumahan

  1. Pilih Peluang Usaha Rumahan Yang Tepat. Pertimbangan utama dalam memilih usaha yang tepat adalah sesuaikan dengan minat atau keahlian. Kenapa harus sesuai dengan minat atau keahlian? Karena bisnis apapun tidak akan pernah berjalan mulus, pasti ada halangan dan rintangan. Nah, jika itu menyangkut minat atau keahlian Anda, maka Anda pasti kuat dan bisa menghadapi rintangan dalam mengarungi bahtera bisnis tersebut. Khusus untuk usaha rumahan, ada pertimbangan tambahan. Karena usaha dijalankan di rumah, maka Anda harus mempertimbangkan rumah dan keluarga. Apakah rumah (secara fisik bangunan maupun lingkungan) cocok untuk usaha tersebut? Apakah anggota keluarga yang lain menerima dan tidak terganggu dengan aktifitas usaha tersebut? Klik artikel Cara Mengenali Ide Bisnis Yang Baik untuk membantu Anda mengidenfikasi apakah ide bisnis yang Anda miliki sekarang sudah cukup baik atau belum.
  2. Pisahkan Uang Bisnis Dengan Uang Rumah Tangga. Masalah terbesar dari usaha rumahan adalah keuangan yang cenderung jadi satu dengan uang rumah tangga. Bukan hanya tercatat, tapi pisahkan uang dalam bentuk fisik. Simpan uang usaha di tempat terpisah, dan jaga jangan sampai tercampur dengan uang rumah tangga. Karena manajemen keuangan yang keliru merupakan penyebab terbesar sebuah usaha gulung tikar.
  3. Space Usaha. Sebagaimana halnya dengan keuangan, Anda juga harus memberi space khusus sebagai ruang usaha. Pertimbangkan, apakah Anda butuh ruang untuk kantor, atau ruang untuk menyimpan persediaan, atau ruang produksi.
  4. Tetapkan Jadwal. Tadi sudah disinggung, bahwa fleksibilitas waktu dalam menjalankan peluang usaha rumahan modal kecil adalah ibarat pisau bermata dua. Bisa jadi menguntungkan, karena sambari menjalankan usaha, Anda bisa menikmati waktu berkualitas bersama keluarga. Namun juga bisa jadi suatu kelemahan, karena Anda jadi tidak fokus dalam menjalankan roda usaha. Karena itu dalam rangka manajemen waktu, Anda harus menetapkan jadwal untuk bekerja. Jam berapa waktu efektif untuk bekerja, sisanya adalah waktu untuk keluarga.
  5. Marketing. Berkaitan dengan poin pertama dari kelemahan usaha rumahan, Anda harus menyadari bahwa lokasi usaha tidak strategis. Karena itu Anda harus memeras otak untuk bisa mendatangkan pelanggan. Ciptakan nilai lebih agar konsumen mau datang! Sekarang jaman online, Anda dapat memanfaatkan jalur online. Satu lagi yang terbaru, jika usaha Anda adalah usaha kuliner, dan jika di daerah Anda sudah ada Gojek, daftarkan usaha Anda sebagai mitra GoFood. Saya tekankan sekali lagi, untuk poin kelima ini ‘marketing’ yaa.. bukan ‘sekedar selling’. Lebih lanjut silakan pelajari Strategi Pemasaran Yang Terbukti Jitu yang secara detail mengulas 6 pilar strategi pemasaran ala Pojok Bisnis.
  6. Branding. Jangan lupakan branding! Jika Anda ingin bisnis bertumbuh besar, maka branding adalah suatu keharusan.

Nah, setelah mengetahui karakteristik yang meliputi keunggulan dan kelemahan usaha rumahan. Juga sudah mengantongi tips sukses bisnis rumahan. Sekarang Anda sudah siap menyimak apa saja 20 peluang usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan di tahun 2019.

20 peluang usaha rumahan ini merupakan pilihan dari sekian banyak peluang, dari sekitar 500an lebih peluang, kemudian saya saring jadi 100an, lantas rencananya mau saya ambil 10 peluang saja, tapi ternyata ketemunya 20 dan tidak bisa saya kerucutkan lagi…

Ini Dia 20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Di Tahun 2019

1.     Bisnis Online Shop.

Secara umum semua bisnis online memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Bisnis online shop bisa dikatakan sebagai usaha menjanjikan untuk pemula. Dengan modal kecil, peluang usaha rumahan yang satu ini bisa meraih omset milayaran rupiah. Bisnis online shop atau toko online ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menjual produk sendiri dan sistem dropship.

Toko online yang menjual produk sendiri artinya Anda harus memiliki stock. Produk sendiri ini bisa juga berarti produk yang memang Anda produksi sendiri. Bisa juga produk yang Anda ambil dari supplier. Bagaimana caranya agar bisnis online shop Anda menghasilkan banyak penjualan? Silakan baca artikel Tips Mengingkatkan Penjualan Toko Online. Dalam tulisan tersebut dijabarkan 5 tips jitu yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Sedangan cara bisnis online shop yang kedua adalah dengan sistem dropship. Dalam sistem dropship Anda tidak perlu memiliki stock barang. Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari supplier, kemudian melakukan promosi/berjualan. Setelah produk laku, Anda tinggal meneruskan order dari konsumen ke supplier, menggunakan supplier, jadi bisa dikatakan bisnis tanpa modal. Selanjutnya supplier mengirim pesanan langsung ke konsumen dengan pengirim atas nama Anda. Saya sudah sering membuat tulisan mengenai bisnis dropship ini, karena selain tanpa modal bisnis dropship juga merupakan bisnis online yang menurut saya paling mudah. Jika Anda belum membaca tulisan mengenai bisnis dropship, silakan baca penjabaran lengkap mengenai bisnis dropship >>> DISINI.

2.     Usaha Kue Kering dan Roti

Bisnis kue kering dan roti ini merupakan salah satu peluang usaha rumahan yang legit profitnya. Sudah banyak contoh sukses dari bisnis kue kering yang berawal dari bisnis rumahan. Dan kemudian berkembang menjadi besar dengan omset miyaran. Salah satu contoh kisah sukses dari bisnis roti adalah Anandari yang berhasil menyulap bisnis roti rumahan menjadi toko roti terbesar di kotanya, baca kisahnya DISINI.

Anda bisa mengawali usaha kue kering sebagai usaha musiman. Bisa menggunakan jalur penjualan Pre Order (PO), dimana Anda baru akan memproduksi setelah ada pesanan. Pemesan bisa melakukan pembayaran dimuka atau menitipkan uang muka. Jadi secara modal, Anda sangat terbantu karena pembayaran dilakukan dimuka.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fenomena Gojek dalam menggarap peluang usaha makanan. Daftarkan usaha kuliner Anda sebagai mitra GoFood.

Lebih lengkap mengenai peluang usaha kue kering rumahan, silakan baca DISINI.

3.     Usaha Cattering

Usaha cattering ini terbilang banyak jenisnya, diantaranya: cattering kantoran, cattering hajatan dan acara khusus, cattering makanan anak, cattering rumahan (termasuk di dalam cattering rumahan ini cattering anak kos). Peluang usaha makanan cattering potensi bisnisnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sudah teruji merupakan peluang usaha makanan yang prospeknya tahan lama.

Sebagai peluang usaha rumahan modal kecil, bisnis cattering tidak perlu diragukan lagi prospeknya. Jaman makin dinamis, orang-orang lebih suka praktis. Dalam membuat acara pasti tidak ingin ribet, acara arisan, acara reuni,  acara kantor, atau acara hajatan yang lebih besar. Semua lebih memilih jasa cattering dari pada memasak sendiri, meskipun masak sendiri juga dilakukan dengan beramai-ramai, tapi rasanya tetap saja: ogah.

Usaha cattering juga bisa diawali sebagai usaha modal kecil. Dimana secara tempat usaha dilakukan di rumah, dan peralatan memasak juga menggunakan peralatan yang sudah dimiliki.

Lebih lanjut mengenai peluang usaha cattering sudah pernah ditulis lengkap dengan analisa usahanya, silakan baca DISINI.

4.     Usaha Toko Sembako atau Toko Kelontong

Usaha toko kelontong atau toko sembako merupakan toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Setiap orang membutuhkannya. Jadi prospek peluang usaha rumahan toko kelontong dan toko sembako sudah sangat jelas. Selain memiliki prospek usaha yang menjanjikan, juga tidak ada matinya… it’s long life…

Secara sekilas, margin dalam bisnis ini terbilang kecil. Namun dengan kuantitas dan tingkat perputaran yang cepat. Usaha toko sembako dan toko kelontong pada akhir bulan akan mengantongi margin profit yang bakal membuat sesak dompet Anda.

Jika tertarik dengan usaha sembako dan toko kelontong, Anda dapat membaca dua artikel terkait, yaitu yang berjudul Ide Usaha Toko Sembako Modal Kecil Hingga Grosir dan Cara Membuka Usaha Toko Kelontong Sendiri.

5.     Usaha Frozen Food

Suami bekerja, istri bekerja, anak sekolah, susah cari pembantu. Itu gambaran umum sebuah keluarga di perkotaan. Pagi-pagi sudah ribut, menyiapkan ini itu. Terutama mempersiapkan anak sekolah. Masak sarapan? Paling mudah buka kulkas, ambil frozen food. Dalam waktu tidak lama, siap tersaji sarapan di meja makan.

Ya, disitulah peluang usaha frozen food menemukan potensinya. Hampir setiap keluarga di perkotaan menyimpan frozen food di dalam kulkasnya. Usaha frozen food juga tergolong sebagai salah satu peluang usaha makanan.

Sama seperti usaha kue kering dan roti pada opsi nomor dua, peluang usaha rumahan frozen food dapat dijalankan secara konvensional, dengan membuka gerai di rumah dan tahap awal melayani penjualan dari lingkungan sekitar rumah. Sebagai perluasan usaha bisa dijalankan secara online, untuk pengiriman luar kota bisa diantisipasi dengan pengemasan yang baik dan menggunakan jasa kurir yang cepat.

Dan yang lagi hits, dapat juga dipasarkan menggunakan jalur penjualan GoFood.

6.     Usaha Jasa Pembuatan Website

Berkaitan dengan peluang usaha rumahan modal kecil yang paling menjanjikan pada urutan nomor satu, yaitu bisnis online. Maka usaha jasa pembuatan website sudah pasti mengalami lonjakan permintaan yang kurang lebih equivalen dengan bisnis online. Selain itu banyak juga bisnis konvensional yang mulai go online.

Dan semua itu membutuhkan jasa pembuatan website. Karena tidak setiap orang bisa membuat website. Dengan modal komputer/laptop dan jaringan internet, Anda dapat memulai usaha jasa pembuatan website di rumah.

Sebenarnya membuat website ini mudah. Bisa Anda pelajari dengan googling. Saya juga akan buat artikel berseri tentang cara membuat website di kategori bisnis online. Anda tidak harus mahir coding untuk bisa menghasilkan website yang bagus dan cantik. Dengan menggunakan CMS WordPress siapapun bisa membuat website dengan mudah. Kalau mau yang gratisan bisa menggunakan blogspot.

7.     Usaha Laundry Kiloan

Peluang usaha rumahan modal kecil yang satu ini sudah seperti jamur saja di Jogja, tiap gang, tiap meter Anda bisa dengan mudah menjumpai laundry kiloan. Namun meskipun sudah banyak yang ‘bermain’ dalam bisnis ini, masih saja berduyun-duyun ‘pemain baru’.

Dan prospek peluang usaha laundry kiloan masih saja cemerlang. Wanginya profit dari bisnis ini sangat menggoda. Karena bisnis ini terbilang mudah dan bisa dimulai sebagai usaha rumahan. Hanya butuh mesin cuci, mesin pengering, setrika, timbangan, keranjang-keranjang dan pernik-pernik lain.

Pemasarannya pun bisa dikatakan mudah, tinggal bikin papan nama, bisa dicetak di digital printing. Bikin selebaran, fotocopy, dan sebarkan mulai dari lingkungan terdekat. Perhatikan hasil pekerjaan: bersih, rapi, dan wangi. Maka satu per satu Anda akan mendapatkan pelanggan tetap untuk usaha laundry kiloan yang Anda rintis.

Tulisan lengkap mengenai peluang usaha laundry kiloan dapat Anda simak DISINI. Saya lengkapi juga persenjataan Anda dengan Tips Usaha Laundry Rumahan.

Atau jika tidak ingin repot, Anda dapat membeli franchise. Tapi hati-hati! Sebelum mebeli franchise, Anda harus membaca terlebih dahulu Tips Membeli Franchise, agar tidak masuk dalam jebakan franchise abal-abal.

8.     Usaha Souvenir

Guna menghadirkan pesta pernikahan yang berkesan, kehadiran souvenir pernikahan adalah sebuah detail yang tidak boleh dilupakan. Souvenir merupakan ucapan terimakasih yang akan terus dikenang. Disamping itu, tidak hanya acara pernikahan yang membutuhkan kehadiran souvenir. Di berbagai acara perusahaan, seperti: launching produk, pembukaan usaha baru, dan masih banyak acara lain, kehadiran souvenir menjadi satu kesan manis yang tak boleh terlewatkan.

Di situlah peluang usaha souvenir menemukan potensinya sebagai usaha yang menjanjikan. Dan Anda dapat memulainya sebagai salah satu peluang usaha rumahan modal kecil. Cukup sediakan space di salah satu bagian rumah Anda untuk menyimpan aneka produk souvenir. Baca Peluang Usaha Souvenir Lengkap Dengan Analisa Usahanya untuk mendapatkan info lebih lengkap mengenai peluang usaha souvenir.

9.     Usaha Kerajinan Tangan

Untuk menggeluti peluang usaha rumahan modal kecil yang satu ini Anda harus memiliki ketrampilan khusus. Karena tidak semua orang bisa membuat kerajinan tangan yang bagus dan bisa diterima selera pasar. Namun jika bisa menciptakan produk yang pas, bisa dipastikan profit yang diperoleh bakal berkali lipat lebih besar.

Saya sudah pernah membuat tulisan mengenai usaha kerajinan tangan yang mengubah kertas koran bekas menjadi aneka produk furniture yang bernilai tinggi. Bahkan pemasarannya tembus hingga mancanegara. Bayangkan saja modal belanja untuk mengumpulkan koran bekas, tentu sangat murah. Namun produk kerajinan tangan yang dihasilkan dijual dengan harga jutaan rupiah. Simak inspirasi peluang usaha rumahan yang merubah kertas koran bekas menjadi furniture bernilai tinggi Klik DISINI.

Itu hanya salah satu contoh saja. Masih banyak usaha kerajinan tangan yang sukses merubah barang rongsok menjadi derdaya guna dan bernilai jual tinggi. Nah jika Anda memiliki keahlian, asah terus keahlian tersebut. Gabungkan dengan kemampuan kewirausahaan Anda. Dan pelajari Tips Sukses Menjalankan Bisnis Rongsokan yang pernah saya berikan. Jika Anda belum tahu apa saja tipsnya, silakan baca sekarang melalui tautan yang sudah saya berikan.

10.Event Organiser

Pernah jalan-jalan ke mall? Seringkali kita menjumpai bermacam pameran, kadang pameran otomotif, pameran pendidikan, pameran produk UKM, dan macam-macam pameran lainnya. Kadang saat kita melewati sebuah kantor, ada acara launching produk atau pembukaan kantor baru. Semua acara itu melibatkan event organiser. Ada banyak sekali event atau acara yang membutuhkan kehadiran event organiser.

Layanan bisnis event organiser bisa meliputi:

  • Event pameran
  • Acara launching produk
  • Kegiatan intern dan ekstern perusahaan atau instansi
  • Event pribadi seperti pernikahan, ulang tahun, atau acara lainnya.

Bisnis event organiser merupakan salah satu peluang usaha rumahan modal kecil, karena tidak memerlukan tempat yang strategis. Hanya perlu kantor untuk melakukan koordinasi dengan team, dan itu bisa mengambil satu space di rumah Anda.

Jka tertarik dengan bisnis event organiser, Anda dapat mengikuti cara memulai bisnis event organiser. Jika belum membacanya, silakan langsung klik tautan tersebut, karena dalam tulisan itu ditulis lengkap dengan analisa usaha event organiser.

Serupa dengan event organiser adalah Wedding Organiser, langsung saja intip Bagaimana Cara Memulai Usaha Wedding Organiser.

11.Usaha Bakso

Siapa yang tidak bergoyang lidahnya oleh nikmatnya bakso. Anak-anak, anak muda, orang tua, kaya, miskin, hampir semua orang suka pada penganan yang satu ini. Selain itu bakso juga cocok dimakan di segala suasana. Siang, malam, hujan, panas, cocok saja dan selalu ada alasan untuk makan bakso.

Peluang usaha makanan yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi, betapa menjanjikannya prospek usaha bakso. Chanel penjualan usaha bakso juga beragam, mulai dari resto berkelas, warung bakso di ruko sederhana, warung bakso pinggir jalan, gerobak keliling. Anda dapat memulai usaha bakso sebagai peluang usaha rumahan modal kecil. Bahkan jika rumah Anda berada di dalam gang. Konsumen akan memburu rasa nikmat bakso yang Anda sajikan.

Secara khusus saya pernah menulis detail mengenai usaha bakso ini. Meliputi peluang usaha bakso lengkap dengan resep dan cara membuat bakso, dan pada bagian kedua saya menulis mengenai strategi pemasaran dan analisa usaha bakso.

Dengan mengikuti kedua bagian tulisan tersebut, Anda dapat merintis usaha bakso sendiri.

Atau yang lagi digandrungi anak-anak, yaitu usaha bakso bakar yang bisa Anda mulai hanya dengan modal 1 juta rupiah.

12.Usaha Mie Ayam

Sama dengan bakso, mie ayam juga merupakan penganan yang disukai semua orang, semua kalangan. Juga cocok dimakan dalam segala suasana. Seringkali usaha mie ayam dan bakso ini dikemas menjadi satu. Prospek usaha mie ayam tidak perlu diragukan lagi. Dan Anda dapat menjalankan usaha mie ayam sebagai usaha rumahan.

Channel penjualan juga sama dengan usaha bakso, bisa dijajakan di resto berkelas hingga gerobak di pinggir jalan, atau gerobak yang berhenti mangkal di depan rumah Anda.

Sebagaimana peluang bisnis kuliner yang lain, rasa menjadi kunci utama dalam usaha mie ayam ini. Selain rasa yang enak dan bisa diterima lidah kebanyakan orang, jika ingin unggul juga harus memiliki ciri khas jika dibandingkan dengan mie ayam lain.

Tertarik dengan peluang usaha rumahan mie ayam? Silakan cek Peluang Usaha Mie Ayam, dalam tulisan tersebut dukupas tuntas dari cara memulai sampai analisa usahanya.

13.Usaha Gorengan

Sebagian besar kita tahu bahwa gorengan itu bikin gemuk, mengandung banyak kolesterol. Tapi siapa yang bisa menolak nikmatnya gorengan? Gorengan adalah camilan paling populer di Indonesia. Lihat saja penjual gorengan, pagi, siang dan terutama sore hari selalu dikerumuni pembeli.

Tak sedikit yang memandang peluang usaha makanan yang satu ini sebagai peluang usaha ecek-ecek. Secara sekilas peluang usaha rumahan modal kecil yang satu ini memang terkesan sepele. Harga jualnya saja murah, profitnya pasti kecil. Tapi dengan kuantitas yang banyak, di malam hari sebelum tidur, Anda akan senyum-senyum sendiri setelah menghitung dan mengantongi laba dari usaha gorengan ini.

Langsung saja baca tulisan mengenai peluang usaha gorengan, dalam tulisan tersebut saya menulis lengkap dengan analisa usaha dan tips usaha gorengan.

14.Bisnis Air Minum Isi Ulang

Mungkin Anda bertanya-tanya, Apakah bisnis air minum isi ulang masih memiliki prospek yang bagus? Tentu saja masih. Permintaanya masih tinggi. Tidak hanya menyasar pangsa pasar rumah tangga. Bisnis air minum isi ulang harus menyasar pangsa pasar yang lebih besar, yaitu rumah makan, hotel, dan kantor.

Peluang usaha rumahan bisnis air minum isi ulang terbilang mudah dan praktis. Tinggal beli alatnya, biasanya pihak penjual alat sudah membantu untuk sekalian dengan pemasangan. Sehingga kita bisa langsung menjalankan operasional usaha. Pasokan air juga mudah didapat. Dan pemasarannya juga mudah, sudah disebutkan tadi, meliputi rumah tangga, rumah makan, hotel, dan kantor.

Langsung saja simak Peluang Usaha Air Minum Isi Ulang Lengkap Dengan Analisa Usahanya.

15.Pulsa dan Kuota Internet

Anda pasti berpikir dua kali, ketika saya memasukkan bisnis pulsa dalam deretan daftar peluang usaha rumahan yang menjanjikan untuk dijalani di tahun 2019 ini. Apakah bisnis pulsa masih layak untuk dijalani? Silakan baca tautan tersebut jika Anda masih ragu dengan potensi bisnis pulsa.

Perhatikan juga bahwa dibelakang tulisan pulsa, ada embel-embel ‘kuota internet’. Yup, betul! Itu dia salah satu yang membuat bisnis pulsa masih memiliki potensi yang besar dan menjanjikan di tahun ini. Siapa yang tidak butuh koneksi internet? 100% warga perkotaan membutuhkan koneksi internet untuk terhubung dengan saudara, teman, dan kolega. Paling tidak dibutuhkan koneksi internet untuk mengirim pesan whatsapp. Bahkan anak kecil, gemar menonton youtube.

Jadi bisnis jualan kuota internet merupakan usaha rumahan yang menjanjikan untuk dijalani!

16.Usaha Jasa Penulis Content

Jika tadi di poin keenam peluang usaha rumahan dikatakan, tidak semua orang bisa membuat website. Maka hal itu berlaku juga di sini. Jika Anda perhatikan banyak sekali situs web yang tidak pernah update artikel. Penyebabnya diantaranya adalah kemampuan menulis si empunya web pas-pasan. Atau, si empunya terlalu sibuk, sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat tulisan yang bagus bagi pembaca setia webnya.

Karena itulah jasa penulis content atau content writer atau penulis lepas atau penulis freelance, sangat dibutuhkan.

Siapa yang membutuhkan jasa penulis content? Terutama adalah web yang berbentuk magazine (majalah).

Bagaimana cara menjual jasa penulis content? Lewat forum dan marketplace. Sebagian besar web yang berbentuk magazine dimiliki oleh pelaku bisnis adsense, jadi Anda bisa menjual jasa penulis content di forum-forum adsense. Bisa juga melalu marketplace pekerja lepas, salah satu marketplace pekerja lepas ada projects.co.id.

17.Jasa Desain Grafis

Usaha jasa desain grafis merupakan peluang usaha rumahan yang membutuhkan skill. Ini merupakan salah satu ide usaha yang menantang kreatifitas. Disekitar kita banyak hasil karya grafis yang (seringkali) tidak kita sadari. Di dinding ada kalender, itu hasil karya grafis. Jalan-jalan di mall ada brosur atau katalog atau kartu nama, itu juga hasil karya grafis. Papan nama usaha, itu juga hasil karya grafis. Undangan pernikahan juga hasil karya grafis. Sampul buku adalah juga hasil karya grafis. Dan masih banyak lagi hasil karya grafis yang mungkin jarang kita sadari.

Bagaimana menjual jasa grafis yang Anda jalani dari rumah? Pertama dapat dicari marketplace pekerja lepas seperti projects.co.id. Lebih mendunia lagi, silakan tawarkan jasa Anda di fiverr. Ada juga pemain desain grafis yang spesialis pemburu contest.

18.Kursus/Bimbingan Belajar

Anda punya kemampuan bermain musik, atau melukis, atau menguasai bahasa asing? Peluang usaha kursus privat adalah pilihan yang bagus untuk Anda.

Lebih beruntung lagi jika Anda adalah seorang pengajar. Anda dapat membuka usaha bimbingan belajar di rumah. Silakan klik tautan tersebut dan dapatkan informasi detail terkait usaha bimbel yang dijalankan sebagai peluang usaha rumahan modal kecil, dalam tulisan tersebut sudah dibahas lengkap dengan analisa usahanya.

Tidak hanya itu, usaha les privat dan bimbingan belajar tersebut dapat Anda perluas lagi ruang lingkupnya, yaitu dengan membawanya ke ranah online. Jadilah kursus/bimbingan belajar online.

Informasi lebih detail mengenai usaha bimbel online dapat Anda baca DISINI.

19.Usaha Bengkel

Meskipun dapat dijalankan sebagai usaha rumahan dengan memanfaatkan ruang garasi dan halaman rumah, dalam menjalani usaha jasa bengkel sebagai peluang usaha rumahan, Anda harus memperhatikan satu hal lagi, yaitu: tingkat kebisingan. Anda harus memastikan anggota keluarga dan tetangga Anda memiliki toleransi yang cukup terhadap suara bising yang mungkin Anda timbulkan.

Mengenai prospek dan potensi usaha jasa bengkel, tinggal hitung saja berapa banyak kendaraan bermotor di lingkungan Anda. Setiap kendaraan paling tidak harus diservis secara rutin satu bulan sekali. Itulah potensi peluang usaha jasa bengkel yang dapat Anda raih.

Jika space di depan rumah cukup, Anda dapat membuka Peluang Usaha Cuci Motor.

20.Agen Pembayaran PPOB

Apa itu PPOB? Barangkali banyak diantara kita yang awam dengan istilah PPOB ini. PPOB adalah Payment Point Online Bank, atau biasa kita kenal sebagai loket pembayaran online. Dengan sistem ini kita semakin mudah melakukan pembayaran tagihan, seperti tagihan listrik, indihome, PDAM, angsuran finance semacam Adira, dan pembayaran tagihan lainnya.

Usaha PPOB bisa dijalankan sebagai peluang usaha rumahan modal kecil, karena hanya menggunakan komputer dan jaringan internet untuk menjalankannya. Bahkan beberapa vendor memiliki sistem yang bisa dijalankan menggunakan smartphone.

Biasanya vendor PPOB mensyaratkan deposit minimal untuk bergabung dalam sistem PPOB ini. Bayak vendor yang bisa Anda pilih, diantaranya: Akses, Fastpay, PPOB Nusantara, PPOB Bank BRI, PPOB Bank Mandiri, PPOB Bank BNI, PPOB Bank Bukopin, PPOB Pos Indonesia, dan lain-lain.

Bagaimana cara memilih vendor yang baik, dapat Anda baca di tulisan lengkap mengenai peluang usaha PPOB. Dalam tulisan itu ditulis lengkap mengenai cara memulai usaha PPOB hingga analisa usahanya.

Nah, demikian tadi Sahabat PoBis uraian lengkap peluang usaha rumahan modal kecil yang menjanjikan untuk Anda jalani di tahun ini.

sumber gambar peluang usaha rumahan modal kecil: eramuslim.com

Artikel Bisnis Pilihan

20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Tahun 2019

12 COMMENTS

  1. Hii admin, apakah usaha rumahan seperti membuka butik dan salon rias di salah satu ruang dibagian rumah memerlukan ijin usaha? Jika perlu, bolehkah share bagaimana syarat dan tahap-tahap untuk mendapatkan ijin usaha tersebut? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  2. Saya punya modal 35 jt..rencana buka warung padang trs saya survei tempat ke jakarta 3 minggu ternyata udah banyak yg jual nasi padang dengan harga serba 10.000.
    Bukanya buka usaha ee ngurangi modal iy buat survei
    Sekarang modal tinggal 25 jt
    Saya bingung buat usaha apa??
    Kasih pencerahan min…

  3. mohon petunjuk dan sarannya,
    saya karyawan swasta yang telah mengundurkan diri dari tempat kerja, saya sekarang tinggal di desa di kabupaten kebumen, dan saat ini saya sedang merintis pertanian sayuran khususnya daun katuk dan juga sedang belajar dari buku tentang usaha ternak cacing tanah, bagaimana prospeknya di tahun 2018

    terima kasih

    • pada dasarnya semua usaha itu prospek pak… tinggal bagaimana kita menjalaninya saja… konsisten diiringi dengan pengelolaan yang bagus… jika bapak merintis budidaya daun katuk atau cacing tanah, saran saya: agar bapak memiliki rencana juga untuk mengolahnya sendiri… sehingga bapak tidak menjual daun katuk atau cacing tanah secara mentah… daun katuk bisa dibuat teh, kapsul, atau yang lainnya… menjual barang jadi tersebut desain kemasan yang bagus, agar lebih mudah diterima pasar….

  4. Curhat gan…
    Kalo buka toko obat pertanian, kira2 gimana?
    Rata-rata bukanya didesa, sementara pengennya tinggal dikota, minimal deket kota lah.
    Maturnuwun sebelumnya..

    • bisa saja gan… toko/lokasi usaha di desa, sementara owner tinggal di kota… hanya saja tiap hari harus pulang pergi kayak orang ngantor… Dan, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor keamanan. jika perlu bayar penjaga malam untuk jaga toko…

  5. Setelah saya baca, ada beberapa peluang usaha yang bisa saya pertimbangkan. Adek saya sudah memulai bisnis air minum isi ulang dan sukses. Peenghasilannya bisa mencukupi kebutuhan rumah, padahal hanya sambilan usaha tersebut.

    • mantabs pak… untuk bisnis air minum isi ulang penjualan dapat ditingkatkan dengan menyasar pada rumah makan, hotel, rumah sakit… Salam sukses…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Yang Menjanjikan Tahun 2019