15 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar Yang Menguntungkan

Peluang Bisnis OnlinePeluang bisnis online terbukti menyimpan potensi yang menjanjikan keuntungan luar biasa besar.  Dikatakan menjanjikan keuntungan yang besar karena memang jika dibandingkan dengan modal awal yang diperlukan, bisnis online bisa mendatangkan keuntungan berkali lipat. Anda dapat mengerjakannya sebagai Peluang Usaha Rumahan.

Ibarat kata dengan modal 1 juta Anda bisa mendapatkan 10 juta, modal 10 juta bisa mendapatkan 100 juta, dan seterusnya. Bahkan Anda bisa memulainya dengan tanpa modal. Anda pasti juga akan tertarik dengan ide peluang bisnis offline, silakan klik Ide Peluang Usaha Modal Kecil.

Sebagian besar bisa dikatakan sebagai usaha tanpa modal, karena memang nyaris tidak membutuhkan modal. Hanya bermodal komputer dan jaringan internet, bisnis online dapat dimulai dan menghasilkan uang.

Disamping modal kecil, peluang bisnis online juga memiliki banyak keunggulan lain. Diantaranya: jangkauan lebih luas (meliputi seluruh dunia), pemasarannya bekerja non stop 24jam/7hari (jika itu toko online, maka toko online akan selalu buka dan melayani customer nonstop). Dan beberapa keunggulan lain.

Setiap uraian peluang bisnis online tanpa modal berikut ini diawali dengan gambaran global potensi bisnisnya, kemudian diikuti dengan uraian cara bisnisnya secara singkat. Jika ingin mengetahui uraian lebih detail mengenai cara bisnis dari masing-masing peluang bisnis, Anda dapat langsung klik pada tautan yang diberikan di akhir penjelasan tiap jenis peluang.

Namun sebelum lebih jauh mengupas satu persatu jenis peluang bisnis online tanpa modal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Hal-hal tersebut kami rangkum dalam 6 tips bisnis online tanpa modal berikut ini.

Tips Bisnis Online Tanpa Modal Besar

  1. Miliki Mindset Bisnis. Jika ingin membangun bisnis, maka Anda harus memiliki mindset bisnis, termasuk dalam mengembangkan peluang bisnis online. Bangun bisnis, bangun aset. Selalu awali dengan bisnis plan, paling tidak bisnis plan sederhana. Klik disini untuk melihat Contoh Bisnis Plan Sederhana. Banyak pelaku bisnis online yang tidak punya bisnis plan, dan hanya fokus pada menghasilkan uang. Mereka memang menghasilkan uang dalam jumlah banyak, tapi sustainabilitas rendah. Bisnis tidak bertahan lama. Ada perubahan sedikit saja bisa roboh.
  2. Harus Selalu Belajar. Perkembangan dunia online percepatannya sungguh sangat amat luar biasa. Setiap saat selalu ada hal baru, teori baru, ilmu baru, teknik baru, dan semacamnya. Jika ingin bertahan Anda harus mau belajar dan belajar ilmu-ilmu baru, teknik-teknik baru.
  3. Bekerja Keras dan Pantang Menyerah. Mungkin Anda pernah mendengar/membaca kesuksesan pengusaha online. Alangkah enaknya menjadi pengusaha online, bisa dikatakan bergelimang harta. Tapi Anda tidak tahu betapa perihnya mereka merintis dan memulai usaha tersebut. Jam kerja hampir 24 jam. Disamping itu permasalahan yang dialami juga banyak. Jadi Anda harus punya hot button yang kuat agar bisa bertahan dan pantang menyerah. Miliki ciri-ciri pengusaha sukses, sebagaimana pernah ditulis di Pojok Bisnis.
  4. Punya Mimpi Besar. Sebagai pebisnis tentu Anda tahu, bahwa peluang bisnis hanyalah prasarana, namun mimpi lah yang akan menuntun Anda menuju gerbang sukses. Jadi bangunlah mimpi yang besar, agar Anda dapat meraih kesuksesan yang besar pula. Baca juga 10 Tips Untuk Anda Yang Ingin Memulai Bisnis Dari usia Muda.
  5. Percepat Laju Bisnis. Memang benar bahwa bisnis online bisa dimulai dengan modal yang kecil, bahkan bisa dikatakan peluang bisnis online tanpa modal. Menjadi publisher bisa dimulai dengan membangun web blogspot yang tanpa modal sama sekali. Memulai berjualan online atau bisnis affiliate dengan nol menggunakan blogspot dan mempromosikan secara gratis di facebook. Tapi jujur saja, jika Anda terus menggunakan outsource yang gratisan, maka hasil yang didapat juga tidak akan maksimal. Percepat laju bisnis Anda, jangan mental gratisan melulu. Okelah, diawali dengan gratisan… Tapi jika sudah menghasilkan, sisihkan penghasilan tersebut untuk, misalnya membeli domain dan hosting, dan keperluan lain yang dapat menunjang peluang bisnis online melaju lebih cepat.
  6. Fokus dan Fokus. Ada banyak sekali jenis peluang bisnis online tanpa modal yang dapat Anda jalani. Tapi sebaiknya Anda fokus pada salah satu saja. Ingat nasihat Om Bruce Lee “Apa artinya 10.000 jenis tendangan yang hanya dilatih satu kali? Dibanding dengan satu jenis tendangan yang dilatih sampai 10.000 kali?”
    Fokus pada satu jenis peluang bisnis online yang menguntungkan akan membuat Anda mahir dan menguasai bidang tersebut.

15 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar Yang Menguntungkan

Berikut ini 15 peluang bisnis online tanpa modal besar yang menguntungkan untuk Anda tekuni:

  1. Publisher

Apa itu publisher? Publisher adalah penerbit. Dalam peluang bisnis online, penerbit dapat diidentikan dengan penerbit koran atau majalah di dunia offline.

Bisnis yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang senang dunia tulis menulis.

Cara Bisnis Online Sebagai Publisher:

  • Buat web dengan niche (tema) tertentu. Bisa saja web berisi berita yang selalu update tiap saat, dalam dunia offline sama dengan koran. Atau web dengan tema tertentu, seperti: bisnis, kesehatan, olahraga, fotografi, gaya hidup, gosip selebriti , traveling, resep masakan, kecantikan, seputar ibu dan anak, dan lain-lain (dalam dunia offline, sama dengan majalah atau tabloid).
    Anda tidak bisa membuat website? Tak perlu berkecil hati! Anda bisa pesan di jasa pembuatan website.
  • Setelah website jadi, isi web dengan artikel-artikel yang menarik sesuai dengan niche (tema) yang telah ditentukan. Semakin banyak artikel yang Anda posting, semakin bagus. Tapi jangan hanya mengejar kuantitas jumlah posting saja, berikan manfaat pada pengunjung website. Kuncinya: Pengunjung web Anda harus mendapatkan manfaat.
    Jika pengunjung mendapat manfaat dari artikel yang Anda posting, maka dia akan menjadi loyal visitor, dan ini akan menjadi aset Anda.
    Tidak bisa menulis? Gampang, psan artikel di jasa penulis konten.
  • Agar visitor web lebih banyak, sedikit banyak Anda harus belajar SEO.
  • Jika pengunjung sudah lumayan banyak. Saatnya untuk memanen peluang bisnis ini dengan melakukan monetise (monetisasi).
    – Google Adsense. Paling gampang monetisasi dengan mendaftarkan web Anda dalam program Google Adsense. Dimana nanti web Anda akan dipasangi iklan google, dan Anda akan mendapat bayaran dari setiap klik iklan yang tampil di web Anda.
    – Jual Space Iklan. Cara monetisasi yang kedua adalah menjual space iklan. Anda dapat melakukannya sendiri. Dengan membuat proposal penawaran ke beberapa perusahaan yang terkait dengan niche (tema) web Anda.
    – Jasa Review. Dalam dunia offline ini biasa disebut iklan advetorial. Anda dapat menawarkan ke perusahaan terkait untuk dimuat di web Anda
    – Website keanggotaan (membership), dan lain-lain.
  1. Youtuber

Hampir sama dengan poin A, Youtuber ini sebenarnya juga publisher. Hanya saja dalam peluang bisnis online tanpa modal sebagai youtuber konten yang dipublikasikan berbasis video, bukan tulisan. Anggap saja Anda punya dan mengelola sebuah program televisi.

Semakin banyak dan bagus video yang Anda bagikan, maka akan memperbesar kemungkinan orang akan berkunjung dan menonton cideo yang Anda publish. Semakin banyak orang yang menonton berarti semakin banyak kemungkinan iklan tayang, semakin banyak dollar mengalir ke akun Anda.

Cara Bisnis Online Sebagai Youtuber:

  • Buat Channel Youtube. Sebaiknya channel ini memuat satu tema tertentu sama seperti niche dalam peluang bisnis sebagai publisher.
  • Isi channel dengan video yang kamu produksi.
  • Promosikan channel dan video yang telah Anda buat.
  • Setelah memenuhi syarat, daftarkan channel Anda untuk bisa dimonetise melalui program Youtube Adsense.
  1. Affiliate

Dalam dunia offline affiliate ini bisa dianalogkan dengan makelar. Affiliate adalah menjualkan produk orang lain, dan Anda akan mendapat komisi dari setiap penjualan yang terjadi dari link affiliate Anda.

Peluang bisnis online tanpa modal jenis affiliate ini dibagi dua macam, yaitu:

  1. Affiliate Produk Fisik. Program affiliate yang menjual produk fisik. Penyedia program ini diantaranya: Amazon, Lazada, dll.
  2. Affiliate Produk Digital. Program affiliate yang menjual produk digital, bisa ebook, script, plugin, theme, e-course, video tutorial, dll. Penyedia program ini diantaranya: ClickBank, JVZoo, Ratakan, dll.

Cara kerja bisnis affiliate: Anda akan mendapatkan link affiliate, dan tugas Anda adalah mempromosikan produk menggunakan link affiliate tersebut. Jika terjadi penjualan melalui link affiliate Anda, maka Anda akan mendapat komisi.

Cara Bisnis Online Sistem Affiliate

  • Tentukan mau bergabung dengan sistem affiliate yang mana, amazon, lazada, clickbank, jvzoo, ratakan atau yang lainnya.
  • Jika vendor menyediakan/memiliki banyak produk, maka sebaiknya pada tahap awal Anda menentukan satu niche terlebih dahulu.
  • Jika sudah ketemu niche, buat review berkaitan dengan produk tersebut. Jangan lupa dalam review tersebut Anda harus melakukan ajakan agar pembaca/penonton membeli produk yang Anda review dengan cara klik link affiliate. Itu agar Anda mendapatkan komisi, karena jika dia tidak membeli melalui link affiliate Anda, maka Anda tidak mendapatkan komisi.
  • Review bisa berbentuk tulisan. Di sini Anda sebaiknya membuat website review dengan niche tertentu. Tulisan bisa saja diposting di facebook, dan kemudian dipromosikan melalui FB Ads. Namun saran saya jika Anda ingin menjadikan affiliate sebagai bisnis jangka panjang, maka buatlah website review yang bagus dengan niche tertentu.
    Review bisa berbentuk video dan kemudian diupload di youtube, kemudian mempromosikan video tersebut. Namun tetap saja menurut saya sebaiknya Anda membuat website review. Dan content video tetap perlu dan bisa digunakan sebagai pendukung.
  1. Toko Online

Anda tentu sudah tidak asing dengan peluang bisnis toko online. Peluang bisnis online jenis toko online, sama seperti toko konvensional, hanya saja menggunakan media online.

Cara Bisnis Online Dengan Toko Online:

  • Buat web toko online. Jika tidak bisa membuat sendiri, bisa menggunakan jasa pembuatan website.
  • Isi web dengan produk. Sertai dengan deskripsi yang lengkap dan menarik. Gunakan foto yang bagus. Produk bisa merupakan produk sendiri atau bisa juga produk orang lain (dropship).
  • Promosikan web dengan SEO, Google Adwords, Facebook Ads.
  • Manfaatkan marketplace untuk mendukung penjualan.
  1. Teespring

Peluang bisnis online tanpa modal yang satu ini cukup unik. Prinsip bisnis Teespring: jualan kaos, tapi hanya bermodal desain. Anda membuat desain dan kemudian mempromosikannya. Bila terjadi penjualan, maka pihak teespring yang akan membuat kaosnya dan mengirimkannya langsung ke konsumen.

Cara Bisnis Online Dengan Teespring

  • Daftar Teespring, gratis.
  • Buat desain
  • Promosikan
  • Jika terjadi penjualan Anda akan mendapat profit. Perhitungan profit didapat dari harga jual dikurangi basecost. Anda bebas menentukan harga jual. Jadi misal basecost $7 Anda jual dengan harga $20, maka profit yang Anda kantongi sebesar $13 tiap kaos.
  1. Dropship

Dropship merupakan peluang bisnis online tanpa modal yang paling mudah. Sistem dropship memungkinkan Anda untuk berjualan tanpa memiliki stock barang. Anda dapat fokus pada marketing dan berjualan, setelah ada yang laku baru Anda meneruskan order customer tersebut ke supplier. Selanjutnya supplier yang akan melakukan packing dan pengiriman barang langsung ke customer dengan pengirim atas nama Anda.

Dalam menjalankan peluang bisnis dropship Anda dapat memanfaatkan marketplace besar seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee untuk menjalankan peluang bisnis dropship. Kita bisa mencari supplier di marketplace, dan berjualan di marketplace juga.

Keuntungan menggunakan marketplace:

  • Murah, tidak memerlukan website.
  • Terpercaya, orang-orang akan lebih percaya Tokopedia atau Bukalapak atau Shopee dibanding percaya pada Anda.
  • Hemat biaya iklan, biar pihak marketplace yang beriklan di televisi dan banyak media lain. Marketplace beriklan untuk mendatangkan sebanyak mungkin konsumen untuk Anda.

Cara Bisnis Online Sistem Dropship:

  • Daftar Marketplace, gratis.
  • Cari supllier di marketplace.
  • Ambil data produk dari supplier, meliputi nama produk, deskripsi, foto, dan keterangan lain.
  • Upload produk di lapak yang sudah Anda persiapkan. Deskripsi, foto, dan keterangan lain tinggal copy paste dari dari supplier tadi.
  • Maksimalkan dengan menggunakan fitur promo yang ada di marketplace.
  • Pelajari produk yang paling banyak diminati dan kebiasaan belanja konsumen.
  • Jika ingin menggarapnya sebagai bisnis jangka panjang, bangun branding di tiap lapak. Dan buat juga web toko online untuk lebih memperkuat branding.
  1. Fiverr

Fiverr adalah peluang bisnis online serba lima dolar. Jasa apa saja bisa dijual di Fiverr. Desain grafis, penerjemah, penulis artikel, jasa input data, jasa nambah follower instagram, bahkan ada jasa mengucapkan ulang tahun sambil menari aneh, dan banyak lagi.

Cara Bisnis Online Melalui Fiverr:

  • Daftar Fiverr sebagai seller, gratis.
  • Mulai jualan dengan membuat gig
  • Buat deskripsi yang menarik
  • Tunggu order datang
  • Jika ada order segera kerjakan dengan baik dan cepat
  • Jangan lupa bangun reputasi dengan meminta feedback dari buyer saat mereka sudah menerima hasil pekerjaan.
  1. Jasa Pembuatan Website

Saat semua lini dan jenis usaha berlomba untuk go online demi percepatan bisnisnya. Sementara tidak semua entitas bisnis punya bagian IT. Di situlah peluang bisnis online jasa pembuatan website menemukan potensinya.

Cara Bisnis Online Jasa Pembuatan Website:

  • Buat website landing page yang menawarkan jasa pembuatan website… gak lucu dong, jualan jasa website tapi tidak punya website…
  • Sertakan portofolio, contoh web-web yang telah Anda hasilkan
  • Promosikan jasa Anda melalui berbagai platform online
  1. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis banyak dibutuhkan. Mulai dari usaha rumahan mikro, UKM, hingga korporate besar. Usaha mikro kecil butuh desain logo, poster promosi, spanduk papan usaha, dan lain-lain. Anda bisa menggarapnya sebagai peluang bisnis offline, tapi akan lebih bagus jika Anda menggarapnya sebagai peluang bisnis online tanpa modal. Karena jangkauannya lebih luas.

Cara Bisnis Online Jasa Desain Grafis:

  • Buat beberapa contoh desain sebagai portofolio
  • Lebih baik jika Anda membuat web landing page yang menawarkan jasa desain grafis
  • Bisa dimulai dari mencari order di: fiverr, projects.co.id, dan berbagai forum seperti kaskus, dan ads.id.
  1. Content Writer

Publisher pada poin A, dalam banyak kasus membutuhkan penulis konten atau content writer. Mungkin karena publisher tidak memiliki kemampuan menulis, tidak punya waktu untuk menulis, atau ingin tumbuh lebih cepat, sehingga membutuhkan penulis lebih dari satu. Nah, disinilah peluang bisnis online content writer menemukan potensinya.

Cara Bisnis Online Sebagai Content Writer:

  • Pelajari menulis yang SEO Friendly
  • Buat contoh tulisan
  • Secara umum menjual jasa bisa dilakukan di: forum ads.id, kaskus, projects.co.id, dan lainnya. Untuk content berbahasa Inggris bisa memanfaatkan fiverr untuk menawarkan jasa.
  • Lebih baik jika Anda juga membuat website landing page, akan lebih meyakinkan dan terkesan profesional.
  1. Kursus Online

Anda punya keahlian tertentu? Seperti bermain alat musik, menyanyi, menulis, internet marketing, bahasa inggris, matematika, bengkel, elektronika, dan lain-lain. Dengan keahlian tersebut, Anda dapat mengembangkan peluang bisnis online dengan membuka kursus online.

Caba Bisnis Online Dengan Membuka Kursus Online:

  • Persiapkan materi. Bisa dalam bentuk video tutorial, ebook format pdf, halaman web yang hanya bisa diakses oleh member.
  • Buat web landing page
  • Promosikan usaha kursus online Anda melalui berbagai channel online
  1. MLM (Multi Level Marketing)

Tak sedikit Multi Level Marketing sekarang menggunakan sistem online. Setiap member akan mendapatkan web replika dan dapat menggunakan web replika tersebut untuk menjaring member baru di bawah jaringannya. Peluang bisnis online melalui jalur MLM seperti antara benci tapi rindu. Banyak orang yang sudah terlanjur apriori terhadap MLM, namun di sisi lain Profit yang dihasilkan dari bisnis MLM juga tidak bisa dikatakan kecil. Sehingga peluang bisnis MLM tetap menjadi incaran banyak orang.

Cara Bisnis Online Melalui MLM:

  • Daftar MLM, dan dapatkan web replika
  • Promosikan web replika tersebut. Bisa langsung dipromosikan, biasanya alamat url web replika terlalu panjang. Untuk terlihat lebih cantik dapat diperpendek dengan menggunakan url shortener, semacam goo.gl. Atau yang lebih bagus lagi adalah dengan membeli domain dot com, kemudian redirect domain ke url web replika.
  1. Jasa SEO

Membuat website adalah pekerjaan yang tidak mudah. Peluang bisnis online yang satu ini (SEO) lebih tidak mudah mudah lagi, yaitu membuat website tersebut terlihat sebanyak mungkin orang sesuai target market. SEO adalah search engine optimation, yaitu membuat halaman web berada di urutan atas dalam hasil pencarian mesin pencari.

Cara Bisnis Online Sebagai Penyedia Jasa SEO:

  • Bangun reputasi, bisa dibangun melalui media sosial.
  • Anda harus membuktikan diri terlebih dahulu bahwa Anda memang jago SEO, salah satunya dengan menunjukkan hasil kerja Anda.
  • Buat web landing page Jasa SEO.
  • Web Anda sebaiknya ada di halaman satu untuk kata kunci yang Anda targetkan.
  • Kirim proposal ke beberapa perusahaan.
  • Jangan lupa follow up tiap calon customer.
  1. Jasa Iklan Online

Beriklan secara online membutuhkan keahlian tersendiri dalam hal ketepatan membidik target dan menghemat biaya iklan. Jika memiliki keahlian tersebut, maka Anda dapat membuka jasa iklan online sebagai salah satu peluang bisnis online dengan tanpa modal besar.
Ada dua besar platform iklan online, yaitu: Google Adwords dan Facebook Ads. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Google Adwords memiliki keunggulan pada penargetan kata kunci pencarian. Sedangkan Faceboook Ads, penargetan lebih ke arah demografi dan psikografi.

Cara Bisnis Online Jasa Iklan Online:

  • Bangun reputasi
  • Tunjukkan bukti bahwa Anda mampu mengelola iklan dengan bidikan market dan mampu meminimalisir biaya iklan.
  • Buat web landing page Jasa iklan online
  • Promosikan usaha Anda
  • Kirim proposal yang menarik ke beberapa perusahaan
  • Jangan lupa untuk follow up tiap calon konsumen.
  1. Sewa Kamar/Rumah di AirBnB

AirBnB merupakan sebuah komunitas yang dibangun dengan berbagi, dan sekarang dapat dimanfaatkan sebagai sebuah peluang bisnis online. Anda bisa menjadi tuan rumah bagi wisatawan yang membutuhkan tempat bermalam. Jadi jika Anda punya kamar kosong atau rumah yang tidak terpakai, Anda dapat menyewakannya lewat AirBnB. Tidak sulit untuk menjalani peluang bisnis jenis ini.

Cara Bisnis Online Sebagai Tuan Rumah AirBnB:

  • Persiapkan kamar atau rumah yang hendak disewakan
  • Daftar AirBnB >>>DISINI
  • Buat iklan di AirBnB, gratis
  • Sambut Tamu
  • Dapat Bayaran

Demikian tadi Sahabat PoBis 15 peluang bisnis online tanpa modal besar yang menjanjikan keuntungan besar. Disamping kelima belas bisnis online tersebut masih banyak jenis peluang bisnis online yang lain. Namun kita akan membahasnya dilain kesempatan.

sumber gambar peluang bisnis online: businessbharat

Artikel Bisnis Pilihan

15 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar Yang Menguntungkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Besar Yang Menguntungkan