Ciri-ciri Perusahaan Multi Level Marketing Syariah dan Pilihannya

Ciri-ciri Perusahaan Multi Level Marketing Syariah dan PilihannyaApa kriteria multi level marketing syariah? Dan perusahaan MLM apa saja yang tersertifikasi halal MUI? Multi level marketing merupakan suatu cara pemasaran dan penjualan produk yang dilakukan secara langsung kepada konsumen dan berjenjang berdasarkan keanggotaan dalam sistemnya. Apa perbedaan MLM syariah dengan MLM yang lainnya?

Multi level marketing syariah hampir sama dengan multi level marketing pada umumnya, hanya saja akan ada sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) tentang sistem yang diterapkan dalam multilevel marketing tersebut. DSN MUI telah mengeluarkan fatwa No 75 tahun 2009 tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah (PLBS). Isi fatwanya adalah sebuah perusahaan MLM akan dianggap sesuai dengan syariah, jika mampu memenuhi 12 syarat yang ditentukan oleh DSN MUI, dengan bukti adanya sertifikat yang diterbitkan.

Cara perdagangan dengan sistem multi level marketing tidak ada di jaman Nabi Muhammad SAW. Banyak perbedaan pendapat mengenai hukum berbisnis menggunakan sistem multi level marketing. MUI sebagai suatu organisasi yang bisa melakukan ijma’ dan ijtihad melalui DSN MUI, mengeluarkan fatwa tentang multi level marketing dan menjelaskan persyaratan sistemnya jika dianggap sebagai bisnis yang berbasis syariah.

Bisnis multi level marketing ada yang berpendapat halal, dan ada pula yang berpendapat termasuk bisnis haram. Dengan adanya fatwa tentang Penjualan Langsung Berjenjang Syariah meminimalkan kontroversi multi level marketing tersebut, karena terdapat persyaratan yang harus bisa dipenuhi agar berkriteria sebagai bisnis syariah, dan halal.

Berikut ini saya akan sajikan kriteria multi level marketing syariah yang telah ditetapkan oleh DSN MUI. Sebagai tambahan referensi saya sertakan pula contoh beberapa perusahaan multi level marketing yang telah memperoleh sertifikasi halal dari DSN MUI.

Baca juga: Beberapa Tips Dan Cara Bisnis MLM

Ciri-ciri Perusahaan Multi Level Marketing Syariah dan Pilihannya

sumber gambar: khazanah.republika.co.id

Kriteria Multi Level Marketing Syariah MUI

Kriteria dari multi level marketing syariah pada prinsipnya adalah:

  1. Terdapat barang atau jasa yang riil
  2. Barang atau jasa yang diperdagangkan tidak haram, dan tidak digunakan untuk sesuatu yang haram
  3. Transaksi dalam multi level marketing tidak mengandung unsur gharar, riba’, maksiat dan sejenisnya
  4. Tidak ada kenaikan harga / biaya yang berlebihan yang berpeluang merugikan konsumen dan tidak setara dengan kualitas produk
  5. Komisi yang diberikan baik besaran maupun bentuknya harus berdasarkan prestasi kerja
  6. Bonus yang diberikan harus jelas jumlahnya sesuai akad target penjualan yang ditetapkan perusahaan
  7. Tidak boleh ada komisi / bonus pasif yang diperoleh secara reguler tanpa melakukan pembinaan dan atau penjualan produk
  8. Pemberian komisi / bonus oleh tidak menimbulkan ighra’
  9. pembagian bonus harus adil antara anggota pertama (upline) dengan anggota berikutnya (downline)
  10. Sistem perekrutan, bentuk penghargaan dan acara seremonial tidak mengandung unsur yang bertentangan dengan aqidah, syariah dan akhlak mulia
  11. Setiap mitra usaha wajib membina dan mengawasi anggota yang direkrutnya
  12. Tidak ada unsur money game (permainan uang)

Multi Level Marketing Tersertifikasi Halal DSN MUI

Ada beberapa multi level marketing di Indonesia yang sudah tersertifikasi halal melalui DSN MUI dan dapat dikategorikan sebagai multi level marketing syariah, antara lain adalah:

  1. Ahad Net International

Produk dari Ahad Net berupa kosmetik dan suplemen kesehatan. Sudah bergerak di bidang multi level marketing secara syariah sejak tahun 2003 dengan mendapatkan sertifikat dari DSN MUI sebagai lembaga bisnis syariah.

  1. UFO BKB Syariah

Produk yang dijual berupa produk suplemen kesehatan, yang terkenal salah satunya adalah Xamthone plus. Selain itu terdapat suplemen berupa madu, kopi, dan ekstrak temulawak. Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikat syariah dari DSN MUI pada tahun 2006.

  1. Gema Mitra Bersama

Produk yang ditawarkan adalah berupa jasa penyelenggaran perjalan haji, umroh dan wisata mancanegara. Yang didirikan tahun 2008. Sertifikat syariah dari DSN MUI sebagai lembaga bisnis syariah diperoleh pada tahun 2009.

  1. Exer Indonesia

Perusahaan multi level marketing ini menjual aneka produk herbal sebagai suplemen kesehatan. Mendapatkan sertifikat syariah dari DSN MUI pada tahun 2007

  1. K-Link

Merupakan multi level marketing yang berasal dari Malaysia, yang menjual berbagai produk kesehatan dan kecantikan baik berupa suplemen maupun kosmetika. Sertifikat sebagai lemabag bisnis syariah diperoleh dari DSN MUI tahun 2010.

  1. TIENS Indonesia

Produk multi level marketing dari TIENS adalah berupa suplemen kesehatan, perawatan kulit, produk kebutuhan rumah tangga. Sertifikat syariah diperoleh tahun 2009 dari DSN MUI.

Demikian artikel mengenai multi level marketing syariah, semoga dapat membantu Anda. Sekali lagi saya tekankan bahwa hukum halal atau haram bagi Multi Level Marketing (MLM) masih menjadi kontroversi. Silakan Anda mengkaji lebih dalam pada orang yang faham soal agama.

Artikel Bisnis Pilihan

Ciri-ciri Perusahaan Multi Level Marketing Syariah dan Pilihannya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ciri-ciri Perusahaan Multi Level Marketing Syariah dan Pilihannya