7 Cara Merekrut Karyawan Yang Efektif

Cara Merekrut Karyawan Yang EfektifAnda harus memperhatikan cara merekrut karyawan agar mendapatkan karyawan yang bagus yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kelangsungan usaha Anda. Ingat, satu karyawan negatif dapat menular pada karyawan yang lain. Tentu Anda sebagai pengusaha tidak ingin hal ini terjadi pada usaha Anda.

Pengelolaan karyawan yang baik dan benar akan menciptakan budaya perusahaan yang sehat. Dan pada akhirnya berujung pada produktifitas dan pundi-pundi keuntungan yang mengalir ke kantong Anda. Jadi jangan pernah pandang remeh hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

Apakah Anda sedang melakukan rekrutmen karyawan? Apakah Anda merasa tak sepenuhnya yakin bisa mendapatkan karyawan yang sesuai dengan harapan Anda? Bukan hal baru sebenarnya. Kekhawatiran Anda adalah hal lazim yang kerap dialami oleh pemilik usaha kecil menengah yang harus meraba dalam melakukan proses rekrutmen karyawan. Baca juga artikel menarik lainnya cara cari kerja sampingan tanpa modal.

Anda dapat mengatasi kekhawatiran tersebut, salah satunya dengan melakukan cara merekrut karyawan yang efektif. Mencari karyawan tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus disesuaikan dengan kebutuhan dan profesionalitas. Mungkin Anda menerima salah satu karyawan berdasar hubungan kekerabatan atau pertemanan, namun tetap jangan sampai melewatkan profesionalitas dan kebutuhan tersebut. Atau jika mengabaikannya, bersiaplah jika usaha Anda akan berjalan tersendat.

Berikut ini adalah beberapa cara merekrut karyawan yang praktis dan mudah untuk membantu Anda dengan efektif menemukan karyawan yang sesuai harapan dan kebutuhan Anda. Dan berikut ini adalah panduannya untuk Anda.

7 Cara Merekrut Karyawan Yang Efektif

  1. Mulai dengan terjemahkan kebutuhan dan harapan Anda
    Awali dulu cara merekrut karyawan Anda dengan menentukan apa saja yang Anda butuhkan dan apa yang Anda harapkan. Pastikan dengan spesifik, pekerjaan macam apa yang Anda akan tawarkan ke pasar tenaga kerja, apa saja tugas mereka, apa saja yang Anda harapkan bisa mereka berikan kepada Anda dengan pekerjaan mereka, kualitas apa yang Anda harapkan dan bantuan apa yang Anda butuhkan.
    Kadang Anda bisa awali proses penterjemahan ini dengan memahami dulu kenapa Anda memutuskan membutuhkan seorang karyawan, apa masalah yang Anda estimasi bisa terselesaikan dengan adanya karyawan ini, tugas apa yang akan diringankan dengan kehadiran karyawan ini dan karakter apa yang akan sesuai dengan pekerjaan dan bidang usaha yang Anda geluti.
  2. Kualifikasi karyawan yang sesuai standar Anda
    Bagaimanapun Anda tetap perlu melakukan batas kualifikasi untuk pekerja Anda. Bukan hanya soal latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja mereka, tetapi soal karakter yang sesuai dengan pekerjaan tersebut. Tentu saja karyawan dalam bidang PR atau pemasaran akan membutuhkan karakter yang berbeda dengan tenaga anggaran Anda kan?
  3. Mulai dari rekomendasi
    Cara efektif untuk mendapatkan karyawan unggul dan sesuai kebutuhan adalah dengan mencari rekomendasi. Minta bantuan relasi atau kerabat Anda untuk memberikan rekomendasi karyawan yang sekiranya sesuai kebutuhan dan harapan Anda. Jangan ragu untuk menyampaikan standar Anda karena ini akan lebih adil bagi ketiga belah pihak. Pastikan Anda sepakat bahwa Anda tak menjanjikan kepastikan rekruitmen karena Anda sendiri akan memastikan dulu karyawan sudah sesuai harapan Anda.
  4. Gali dari pencapaiannya
    Jangan terpaku pada apa pendidikan yang melatari mereka, nilai IPK, hasil test IQ atau sekedar pengalaman kerja. Tetapi coba temukan pencapaian mereka dalam proses wawancara. Beri kesempatan calon karyawan menggambarkan diri mereka, target mereka, pencapaian mereka di pekerjaan mereka sebelumnya untuk mendapatkan gambaran karakter mereka dalam mengejar target dan sejauh mana jejak keberhasilan mereka
  5. Temukan alasan terbaik
    Alasan terbaik adalah kualitas terbaik, itu perlu Anda camkan dalam proses rekruitmen ini. Ada dua alasan penting yang perlu Anda gali, pertama kenapa mereka keluar dari pekerjaan mereka dan kenapa mereka tertarik bekerja dalam perusahaan Anda. Mereka bisa menjawab dalam berbagai cara dan latar belakang, tetapi temukan kesungguhan, kejujuran dan kepastian dalam jawaban mereka. Hindari mereka yang memilih keluar dari pekerjaan mereka sebelumnya dan terus saja mengeluarkan alasan yang menyalahkan pihak lain atas masalah mereka.
  6. Temukan mereka dalam akun sosial media
    Akun sosial media bisa menjadi cermin karakter mereka dan akan membuka tabir diri mereka sendiri di sana. Cara merekrut karyawan berikutnya adalah temukan akun mereka dan coba cari tau apa saja yang mereka lakukan dengan akun mereka. Bisa jadi Anda akan menemukan beberapa ketertarikan personal mereka seperti artis favorit, musik atau hal-hal personal. Beberapa poin bisa jadi tak penting sampai Anda bisa menemukan saat-saat dimana mereka mulai mengeluh di sana, membagi kegelisahan mereka, hasrat mereka, ketertarikan mereka dan di sanalah karakter mereka bisa jadi akan terbaca oleh Anda.
  7. Beri ruang calon karyawan mewawancarai Anda
    Terbuka adalah kunci untuk mendapatkan karyawan terbaik. Pastikan bukan hanya Anda sebagai penyedia kerja yang merasa cocok dengan mereka, tetapi mereka juga cocok bekerja pada Anda. Jadi pastikan mereka mendapatkan cukup gambaran apakah pekerjaan yang Anda tawarkan akan sesuai dengan harapan dan kebutuhan mereka.
    Jadi beri ruang untuk mereka mewawancarai Anda Biarkan mereka bertanya dan mendapatkan jawaban jujur mengenai pekerjaan yang Anda tawarkan dan usaha yang Anda jalankan. Jangan salah dari cara merekrut karyawan ini Anda juga bisa menemukan banyak informasi mengenai karakter mereka dari cara mereka bertanya dan pertanyaan yang mereka ajukan.

Nah, itu tadi Sahabat PoBis 7 cara merekrut karyawan yang efektif yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan karyawan yang sesuai harapan, yang dapat mendukung laju pertumbuhan usaha.

sumber gambar: services.sqore.com

Artikel Bisnis Pilihan

7 Cara Merekrut Karyawan Yang Efektif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 Cara Merekrut Karyawan Yang Efektif