Berita Bisnis Hari Ini, Isu Menjelang Tahun 2016

Berita Bisnis Hari Ini - Isu Menjelang tahun 2016Sahabat PoBis, menjelang akhir tahun seperti ini saatnya kita mulai menelisik apa yang akan menjadi isu terpanas untuk pembukaan awal tahun depan di tahun 2016. Apa berita bisnis hari ini yang akan menjadi titik besar bagi perkembangan bisnis 2016? Berikut beberapa ulasannya untuk Anda.

  • Prediksi mengenai perkembangan bisnis digital
    Salah satu isu yang belakangan ini muncul di permukaan adalah prediksi banyak pakar mengenai perkembangan dunia digital yang akan semakin marak berikut dengan kesertaan dunia bisnis di dalamnya. Bahkan dalam beberapa prediksi pakar bisnis diperkirakan di ahun 2016, perputaran uang akan berpusar lebih kuat dari dunia digital ketimbang dunia konvensional, terutama untuk pasar kalangan menengah.
    Ini dikaitkan dengan perkembangan penggunaan sarana internet dan digital yang semakin kuat dan semakin tinggi. Tingkat kepemilikan jaringan internet yang sangat tinggi juga kemudahan akses yang sudah semakin luas. Juga dikaitkan dengan tingkat perkembangan kelompok eknomi menengah yang semakin tinggi dan dianggap tetap akan menunjukan angka peningakatn signifikan di tahun 2016.
    Dengan ini diperkirakan semakin banyak saja bisnis konvensional yang melirik dunia digital sebagai media pemasaran baru, juga semakin banyak pelaku bisnis dengan start up terbaru dan kaya inovasi. Dan ini merupakan salah satu berita bisnis hari ini yang akan selalu hot di tahun 2016.
  • Semakin kuat dorongan terhadap permodalan UMKM
    Pemerintah sendiri sudah menunjukan komitmen untuk mendorong UMKM dari sisi sarana dan permodalan. Dan kini beberapa bank nasional dan lembaga non bank serta beberapa instansi dan korporasi sudah bersinergi menyediakan sejumlah dana untuk membantu masalah permodalan UMKM.
    Diperkirakan akan turun dana setidaknya di atas 10 trilyun untuk menyokong berbagai ragam usaha kecil menengah diberbagai daerah dan dalam berbagai bidang usaha. Ini meliputi seluruh dana dari pemerintah dan dana swasta serta instansi BUMN yang menjadi bentuk pengabdian masyarakat.
  • Tenaga kerja terbatas
    Dunia IT berkembang dan di dalamnya dibutuhkan tenaga ahli yang mumpuni dalam bidang IT. Karena kini segala bidang membutuhkan pemahaman yang baik dalam bidang IT, apapun itu latar belakang pendidikannya, baik itu akuntansi, teknologi mesin, hingga kesehatan dan hubungan manusia.
    Sayangnya, beberapa pakar memandang SDM di Indonesia belum sepenuhnya siap menghadapi perkembangan teknologi IT ini terutama dari masyarakat daerah. Keterbatasan kemampuan bahasa Inggris yang jelas menjadi bahasa standar pergaulan internasional sampai kemampuan dalam pengoperasian internet dan computer yang masih serba pas-pasan dianggap menjadikan persaingan kerja menjadi cukup sengit.
    Beberapa orang akan kesulitan mendapat pekerjaan dan akhirnya hanya mendapat pilihan yang sempit dengan persaingan ketat. Sedang beberapa yang lain harus kebanjiran permintaan dari berbagai pihak karena dianggap sangat layak.
  • Isu Smart city
    Berita bisnis hari ini mengenai isu smart city akan selalu mewarnai berita bisnis 2016. Meski mungkin untuk direalisasikan secara harfiah isu ini belum bisa sepenuhnya berjalan. Tetapi pada beberapa lokasi di kota besar, jelas sudah ada persiapan yang cukup memadai menuju arah tersebut.
    Dengan konsep smart city maka pola pelayanan dan operasional kota akan dikendalikan dan berjalan dalam naungan dunia digital. Dan ini bisa menjadi sebuah potensi baru bagi Anda yang tertarik pada dunia bisnis, untuk berperan dalam pembentukan dan persiapan menuju konsep kota pintar ini.
  • Bisnis jasa semakin berkembang
    Potensi bisnis jasa memang diperkirakan semakin menggeliat seiring dengan tingginya kebutuhan masyarakat akan kepraktisan dan kemudahan. Sehingga pasar tidak lagi melihat nilai ekonomi yang harus mereka keluarkan tetapi nilai kepraktisan yang bisa mereka dapatkan.
    Akan semakin berkembang berbagai jasa asistensi online, jasa pengantaran online, jasa perencanaan online bahkan beberapa jasa-jasa online lain yang mungkin sifatnya sebagai start up. Tidak hanya dalam dunia online, bisnis jasa bertajuk offline dan konvensional juga diperkirakan terus berkembang.
  • Harga dollar masih fluktuatif depresiasi
    Fluktuasi harga dolar masih akan mendominasi berita bisnis hari ini sepanjang tahun 2016. Harga rupiah terhadap dollar diperkirakan masih relatif rendah namun berfluktuasi mengingat pemerintah sendiri masih berupaya mengembalikan harga dollar atau setidaknya membantu memberi penahan harga.
    Dengan harga rupiah terhadap dollar yang rendah, maka sektor swasta eksportir akan diuntungkan dengan harga jual yang ketika dikonversi ke dalam rupiah menjadi 1,5 kali lebih menuntungkan. Sementara di sisi lain kondisi ekonomi mikro secara umum masih stabil sehingga kondisi dollar ini malah menjadi keuntungan bagi para eksportir, pebisnis online skala global dan penyedia jasa skala internasional.

Itu tadi beberapa berita bisnis hari ini yang diperkirakan akan memberi pengaruh terhadap kondisi perkembangan bisnis Indonesia di tahun 2016, baik dalam skala makro maupun mikro. Bagaimana dengan estimasi bisnis Anda sendiri di tahu 2016?

sumber gambar: dailymail.co.uk

Artikel Bisnis Pilihan

Berita Bisnis Hari Ini, Isu Menjelang Tahun 2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Bisnis Hari Ini, Isu Menjelang Tahun 2016