10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015Majalah Forbes pada Senin (6/12/2015), baru saja merilis daftar terbaru 50 orang terkaya di Indonesia. Siapa saja orang terkaya Indonesia? Berapa jumlah kekayaan yang dimilikinya? Bergerak di bidang apa bisnisnya?

Jika dijumlahkan keseluruhan harta kekayaan yang dimiliki 50 orang terkaya di Indonesia tersebut jumlahnya mencapai USD 92,04 miliar, atau dengan kurs Rp 13.808 per USD, angka tersebut setara dengan 1.271 triliun rupiah. Angka ini mengalami penurunan sebanyak USD 9 miliar jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Mari kita simak bersama 10 orang terkaya Indonesia versi Majalah Forbes.

10 Peringkat Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes

  1. Budi Hartono dan Michael Hartono
    Kakak beradik ini telah tujuh tahun menjadi orang terkaya di Indonesia. Budi Hartono dan Michael Hartono merupakan pemilik PT Djarum dan pemegang saham terbesar Bank BCA, jadi tidak salah jika mereka berada di urutan pertama orang terkaya di Indonesia, untuk urutan terkaya dunia mereka berada di posisi ke-142.
    Jumlah kekayaan sang adik, Budi Hartono, mencapai 112,5 triliun rupiah. Sedangkan sang kakak, Michael Hartono, memiliki kekayaan sebanyak 108,75 triliun rupiah. Dengan demikian total kekayaan kakak beradik tersebut mencapai 221,25 triliun rupiah. Angka tersebut mengalami penurunan 13,8 miliar rupiah dibanding tahun lalu.
  2. Susilo Wonowidjojo
    Susilo Wonowidjojo adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri perusahaan besar di Indonesia yang bernama Gudang Garam. Pengusaha sukses ini berada di posisi kedua orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan sebesar 74 triliun rupiah.
  3. Anthony Salim
    Biasa dikenal juga dengan nama Liem Hong Sien, Anthony Salim merupakan CEO Salim Group. Beliau berhasil membangun kembali Salim Group, yang diguncang badai krisis ekonomi pada tahun 1998. Oleh Majalah Forbes, putra dari pengusaha Sudono Salim ini dinobatkan sebagai orang terkaya ketiga di Indonesia dengan jumlah kekayaan mencapai 72 triliun rupiah.
  4. Eka Tjipta Widjaja
    Eka Tjipta Widjaja adalah pendiri sekaligus pemilik dari Sinar Mas Group. Pada tahun 2012 beliau pernah dinobatkan sebagai orang terkaya nomor satu di Indonesia oleh Majalah Globe Asia, dengan kekayaan mencapai USD 8,7 miliar. Dan tahun 2015 ini, Eka Tjipta Widjaja berada di urutan keempat orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes, dengan jumlah kekayaan mencapai USD 5,3 miliar atau 71 triliun rupiah.
  5. Chairul Tanjung
    Sosok yang satu ini pasti tidak asing, pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian. Pendiri sekaligus pemilik Trans Corp ini merupakan orang terkaya ke-5 di Indonesia versi Majalah Forbes Desember 2015. Jumlah kekayaan yang dimiliki Chairul Tanjung sebesar 53,75 triliun rupiah.
  6. Sri Prakash Lohia
    Keturunan India yang menjadi Bos Indorama Group ini turun peringkat dari peringkat lima di tahun lalu menjadi peringkat enam pada tahun ini. Sri Prakash Lohia memiliki kekayaan sejumlah 58,75 triliun rupiah dari usaha Polyester yang dimilikinya.
  7. Bachtiar Karim
    Pengusaha produsen minyak sawit nasional, pemilik PT Musim Mas, Bachtiar Karim melonjak dari posisi orang terkaya ke-12 pada tahun lalu, dan berada pada posisi ke-7 pada tahun ini. Bendera bisnis PT Musim Mas bergerak di bidang kelapa sawit dan menjadi supplier banyak bisnis.
  8. Boenjamin Setiawan
    Pendiri sekaligus pemilik PT Kalbe Farma Tbk dan jaringan Rumah Sakit Mitra Keluarga, Boenjamin Setiawan atau akrab dipanggil Dr. Boen, menduduki peringkat ke-8 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes. Kekayaan yang dimiliki Boenjamin Setiawan senilai USD 3 miliar.
  9. Mochtar Riady
    Mochtar Riady merupakan CEO Lippo Group, membawahi beberapa bidang bisnis, diantaranya perbankan, property, dan rumah sakit. Dengan jumlah kekayaan mencapai 32,5 triliun rupiah, Mochtar Riady menjadi orang terkaya kesembilan di Indonesia.
  10. Dato’ Sri Prof. Dr. Tahir
    Dato’ Sri Tahir atau biasa dipanggil Tahir merupakan pendiri dan pemilik Mayapada Group, dan merupakan pemegang lisensi Majalah Forbes di Indonesia. Tahir menduduki peringkat ke-10 orang terkaya di Indonesia dengan nilai kekayaan sejumlah US$ 2 miliar.

Sahabat PoBis yang ingin melihat lebih lengkap ke-50 peringkat orang terkaya di Indonesia, silakan langsung klik disini.

sumber gambar: bisnisbengkulu.com

Artikel Bisnis Pilihan

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015