Usaha Makanan Yang Menjanjikan Dengan Menu Andalan Ayam Gepuk

Usaha Makanan Yang Menjanjikan Dengan Menu Andalan Ayam GeprekBerikut ini kisah sukses usaha makanan yang menjanjikan dengan menu andalan ayam gepuk. Usaha franchise tampaknya memang sangat layak menjadi pilihan para pelaku usaha pemula dalam mengawali bisnis mereka. Dengan prinsip fanchise, mitra akan terbantu dalam mengawali usahanya, tanpa menebak-nebak lagi apa yang harus disediakan, biaya apa saja yang harus dikeluarkan dan apa saja yang harus diprioritaskan. Demikian yang berhasil kami lihat dari salah satu pelaku usaha makanan yang menjanjikan satu ini.

Tanpa berbekal cukup pengalaman dalam dunia bisnis, Vina Krisnayanti yang sebelumnya seorang karyawan pada salah satu perusahaan perbankan Nasional memutuskan untuk terjun bebas dalam dunia bisnis.

Pengalaman panjang dalam dunia pemasaran membuatnya cukup berani mengambil langkah. Sebelumnya wanita dengan 1 anak ini memang bekerja sebagai tenaga pemasaran. Kiprahnya sebenarnya cukup gemilang namun karier yang dia dapatkan tidak setimpal dengan pencapaiannya. Sementara si kecil yang mulai beranjak besar kerap protes karena sang ibu kerap sibuk dengan pekerjaannya di kantor.

Keinginan ini semakin bulat ketika ide usaha tercetus begitu saja dari wanita berusia 30an tahun ini kala mendapat kesempatan untuk menjajal sajian unik khas Ponorogo bernama Ayam Gepuk Pak Gembus. Belakangan diketahuinya, bahwa usaha ini telah difranchisekan dengan biaya 20 juta.

Baca juga: 10 Franchise Makanan Terlaris Di Indonesia

Perusahaan Ayam Gepuk Pak Gembus ini adalah salah satu perusahaan kuliner yang menghidangkan sajian khas ala Ponorogo unik dengan pemilik bernama Ridho Nurul Adityawan. Usaha makanan yang menjanjikan ini memiliki andalan sajian ayam lengkap dengan sambal khasnya yang unik. Ayam akan digoreng dan digeprek dengan sambal di atasnya. Usaha ini sendiri sudah menelurkan 60an gerai di beberapa kota di Indonesia.

Dan bagi Vina, cukup nekad di awal sebenarnya. Vina memutuskan resign dari pekerjaannya, kemudian menguras tabungannya hingga 40 juta untuk memulai bisnis yang sebenarnya terbilang baru untuk wanita ini geluti. Dan diapun mulai menggali informasi mengenai usaha makanan yang menjanjikan.

Menurut Vina, biaya franchise dengan Ayam Gepuk Pak Gembus memang hanya 20 juta, tetapi tentu saja wanita ini masih harus menyewa ruang usaha, merekruit beberapa tenaga kerja yang kebetulan diperolehnya dari kampung sang suami yang artinya juga harus menyediakan tempat tinggal bagi karyawannya. Belum biaya lain-lain terkait persiapan usaha dan promosi. Vina bahkan juga membeli satu unit motor second untuk mendukung usahanya.

Malah menurut pengakuan Vina, budgetnya banyak dikeluarkan pula untuk memberi fasilitas memadai bagi ruang tinggal karyawannya. “Sampai spreipun saya belikan baru” Demikian ujar Vina dalam kesempatan wawancara dengan kami.

Berdasar laman resmi Ayam Gepuk Pak Gembus, dengan pembayaran 20 juta Anda bisa mendapatkan fasilitas gerobak, alat masak sampai seluruh perangkat penyajian. Menurut Vina beruntung dia memperoleh gerobak, dengan lokasinya di tengah foodcourt KMS dekat Bina Nusantara Square, gerobak uniknya ini terlihat mencolok dan membuatnya mudah menarik perhatian konsumen.

Diakui Vina usaha miliknya ini memang baru berjalan prematur. Dalam satu hari Vina menjual 10 ekor atau sekitar 40 porsi. Omset hariannya masih pada kisaran 700 ribuan perhari. Dipotong biaya bahan baku setidaknya 300 ribuan ada ditangan Vina untuk keuntungan kotor. Yang artinya setidaknya sebulan Vina bisa memperoleh keuntungan kotor sekitar 9 jutaan.

Vina masih harus mengeluarkan biaya bulanan seperti biaya sewa lokasi, sewa kost karyawan, gaji dan lain-lain. Mengingat usaha kecilnya ini memang baru dimulainya, Vina melihat prospek usahanya jelas masih akan terus berkembang pesat. Apa lagi banyak konsumennya yang mulai kembali datang bahkan kadang sengaja mengirim utusan gojek untuk memesan ayam gepuk dari kedainya.

Baca juga: 6 Cara Jitu Membangun Usaha Franchise Terlaris

Dia merasa usaha makanan yang menjanjikan ini masih harus terus dikembangkan, sampai sekarang usaha pemasaran juga masih Vina gencarkan. Vina memanfaatkan akun sosial media miliknya untuk mengenalkan usaha barunya ini ke rekan-rekannya. Menariknya Vina cukup rajin menjadi bagian dari beberapa komunitas dan grup yang membuatnya memiliki cukup banyak kolega dari berbagai lapisan. Sedikit banyak ini membantunya meningkatkan penjualan.

Selain itu, Vina juga melancarkan pemasaran klasik seperti brosur yang beliau sebarkan pada beberapa kelompok dan lokasi. Dengan berlokasi di dekat kawasan ramai pengunjung di Bina Nusantara Square, dia memang sudah diuntungkan dengan keramaian pengunjung yang bisa di tarik menuju outlet miliknya.

Inilah satu contoh, seorang wanita yang terbilang masih muda namun memberanikan diri terjun dalam sebuah usaha makanan yang menjanjikan dengan keberanian dan tekad. Yang jelas dengan menjalankan usaha semacam ini Vina masih punya sangat banyak waktu untuk menemani si kecil bermain di rumah.

sumber gambar: heytheresia.com

Artikel Bisnis Pilihan

Usaha Makanan Yang Menjanjikan Dengan Menu Andalan Ayam Gepuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Usaha Makanan Yang Menjanjikan Dengan Menu Andalan Ayam Gepuk